Kiat-kiat Mengukur Kepuasan Pelanggan untuk Bisnis Kecil dan Menengah

Kiat-kiat Mengukur Kepuasan Pelanggan untuk Bisnis Kecil dan Menengah

Ungkapan konsumen adalah raja merupakan sesuatu yang tak lagi asing di telinga banyak orang, ungkapan ini beredar luas dalam dunia bisnis dan usaha bagi siapapun yang menjalankannya. Apabila konsumen  puas tentu saja hal ini akan menimbulkan keuntungan bagi Anda karena akan menambah jumlah potensi pelanggan yang setia terhadap produk yang Anda buat.

Tak hanya itu Anda juga diharuskan mengenali bagaimana cara mengukur kepuasan pelanggan untuk Anda coba dibawah ini:

Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan

Pelanggan yang loyal adalah salah satu aset penting bagi usaha Anda, karena dengan hal itu mampu untuk membuat Anda mendapatkan keuntungan penjualan yang tetap dan tujuan memberikan bantuan penjualan karena adanya promosi secara tidak langsung yang dilakukan oleh pelanggan Anda untuk membeli produk Anda, berikut ini akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu kepuasan pelanggan.

Pengertian Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah daya ukur untuk mengukur bagaimana bahagianya pelanggan terhadap produk dan layanan perusahaan tempat ia melakukan transaksi. Untuk mengetahui tingkat kepuasan kadangkala perusahaan menggunakan skala lima maupun tujuh untuk menggambarkan apakah pelanggan secara keseluruhan itu puas ataupun tidak puas. Dari respon inilah Anda akan mengetahui gambaran kepuasan pelanggan untuk produk Anda.

Ukuran Kepuasan Pelanggan

Survey Konsumen

Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan yang jelas padat dan tidak terlalu banyak mengenai produk dan juga pelayanan dari bisnis Anda, tak hanya itu Anda juga harus melihat feedback yang masih, apabila banyak yang melakukan feedback kepada perusahaan Anda melalui survey tentu saja hal ini bisa menjadi ajang untuk memberikan hadiah kepada para pelanggan. 

Sediakan Kotak Kritik dan Saran

Perusahaan sudah seharusnya menerima apapun kritik dan saran yang dilontarkan dengan tujuan untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik,  maka rasanya akan sangat baik apabila Anda menggunakan kotak kritik dan saran ini  untuk mendengar secara lebih langsung bagaimana saran dari konsumen yang telah berbelanja di usaha Anda dan hal ini juga bisa dilakukan melalui email atau juga menggunakan e-commerce  yang Anda gunakan.

Cobain Ghost Shopping

Untuk mencoba melihat bagaimana produktivitas bisnis Anda apakah memang baik atau tidak cobalah hal ini yaitu dengan berpura pura menjadi pembeli produk dan melihat apakah ada kelebihan maupun kekurangan dari produk itu. Tak hanya itu saja pengguna jasa ini tentu saja bisa membantu Anda mengetahui apa yang kurang dari pelayanan dan sisi kualitas dari produk sehingga Anda bisa menyusun strategi penjualan baru yang bisa diterima oleh konsumen.

Analisis Lebih Dekat ke Pelanggan

Perusahaan Anda bisa melakukan cara ini agar tetap bisa menghubungi pelanggan untuk mengetahui pendapat mereka tentang suatu produk, tak hanya itu, tanyakan kepada mereka bagaimana produk/jasa digunakan dan bagaimana produk dan pelayanan dari perusahaan Anda langsung kepada pelanggan tersebut agar Anda bisa segera memperbaiki kelemahan usaha Anda menjadi lebih baik.

Itulah dia penjelasan terkait pengertian kepuasan pelanggan dan cara bagaimana mengukurnya, tak mudah memang untuk mengetahui tingkat kepuasaan pelanggan, tetapi dengan niatan dan berjalannya perusahaan yang baik dan bisa diterima sama siapa saja sudah menjadi hal yang penting untuk menarik banyak pelanggan agar setia terhadap bisnis Anda. Selamat Berjualan!

Gambar Header Pixabay

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *