Menghitung Modal Usaha Secara Sederhana untuk Ide Bisnis Baru

Menghitung Modal Usaha Secara Sederhana untuk Ide Bisnis Baru

Dalam usaha, kita kadang kala harus menghitung modal awal maupun ketika sedang melakukan bisnis, tentu saja hal ini penting karena ketika memulai usaha itu akan membutuhkan banyak modal sebagai awal penggerak usaha kita.

Namun ada masanya dimana pengusaha pemula belum mengetahui cara menghitung modal usaha karena merasa bahwa cara tersebut dibilang rumit dan juga berat. Berikut ini cara menghitung modal usaha bagi para pelaku UMKM! Yuk simak!

Cara Menghitung Modal Usaha

Untuk mengetahui mengenai cara menghitung modal usaha, Anda harus mengenal beberapa istilah dan pengelompokannya, berikut ini ada 2 pembagian modal usaha, yaitu:

  • Capital Expenses

Modal ini digunakan untuk pengadaan fixed asset yang Anda beli misalnya pembelian peralatan usaha, pembelian kendaraan, maupun juga perlengkapan kantor. Pada intinya penggunaan barang ini dilakukan untuk masa waktu pakai yang lama

  • Operasional Expenses

Modal ini digunakan untuk operasional usaha Anda, seperti biaya listrik, telepon, gaji karyawan bahkan sewa tempat dll. Operasional Expenses ini dilakukan secara berkala sehingga Anda perlu membuat anggaran untuk satu periode tertentu.

Menghitung Modal Usaha

Setelah Anda mengenali istilah dari Cara menghitung Modal Usaha, yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti rumus seperti dibawah ini:

Capital Expenses + Operating Expenses = Modal Usaha

Itu dia cara mengetahui Modal Usaha untuk Anda, apabila Anda berniat untuk menjadi pelaku UMKM, bisa sekali dengan mulai memperkirakan modal usaha yang ingin Anda tekuni nanti. Jangan lupa untuk memikirkan cara bagaimana anda ingin mempromosikan produk anda juga ya, semangat Berjualan!

Ini Dia Video Cara Menghitung Modal Usaha yang Mudah Bagi Anda!

Gambar Header Pixabay

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *