Cara Menghapus File atau Folder di Google Drive

 Cara Menghapus File atau Folder di Google Drive

Menghapus file di Google Drive juga perlu dilakukan secara berkala, karena seiring waktu, kapasitas ruang simpan di dalamnya mengalami penyempitan.

Google Drive merupakan layanan penyimpanan data secara online yang memberikan kapasitas maksimal sebesar 15 GB secara gratis kepada penggunanya. Tentu angka ini bukan angka yang sedikit, apalagi jika kita hanya menyimpan sejumlah data ataupun file yang berukuran kecil.

Walaupun terlihat memiliki kapasitas yang cukup besar, namun kita juga perlu melakukan tindakan penghapusan file di Google Drive apabila file tersebut sudah tidak kita gunakan lagi. Karena banyaknya file dan data di Google Drive membuat kita terkadang tidak sadar bahwa sisa penyimpanan pada akun kita sudah sangat sedikit. Maka dari iru penting untuk melakukan penghapusan file secara berkala.

Untuk menghapus file di Google Drive, pindahkan file tersebut ke sampah. File dalam sampah akan otomatis dihapus setelah 30 hari. Anda dapat memulihkan file dari sampah sebelum jangka waktu 30 hari. Anda juga dapat menghapusnya secara permanen untuk mengosongkan sampah.

Jika Anda menghapus, memulihkan, atau menghapus beberapa file atau folder sekaligus secara permanen, mungkin perlu waktu cukup lama sampai Anda melihat perubahannya.

Menghapus file di Google Drive dari Android

  • Buka aplikasi Google Drive dari smartphone
  • Pilih file yang ingin Anda hapus

Cara menghapus file di gdrive dari Android

  • Klik tombol titik tiga kebawah atau “Lainnya” di samping kanan nama file yang ingin Anda hapus.

Cara menghapus folder di gdrive dari Android

  • Klik ‘Remove”

Untuk menghapus folder di Gdrive dari Android, Anda juga bisa mengikuti cara yang sama. Namun pada langkah ke-3, klik tombol “Lainnya” pada folder yang ingin Anda hapus.

Menghapus file di Google Drive dari Laptop/PC

  • Kunjungi laman resmi Google Drive di link ini.
  • Klik “Buka Drive Anda atau Go to Drive”
  • Pilih file yang ingin Anda hapus. Anda juga dapat menghapus beberapa file dengan dengan menekan tombol “Ctrl” berbarengan dengan file yang ingin Anda hapus.
  • Kemudian klik kanan.

Cara menghapus folder Gdrive di Laptop

  • Pilih “Hapus atau Remove”.

Untuk menghapus folder di Gdrive dari Laptop/PC, Anda juga bisa mengikuti cara yang sama. Namun pada langkah ke-3, klik tombol “Lainnya” pada folder yang ingin Anda hapus.

Simak tips seputar Google Drive lainnya:

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *