2 Cara Menghapus Cache Firefox Android

Dua Step Menghapus cache di Firefox Android

Untuk pengguna advance, perkara menghapus cache di Firefox adalah sebuah tugas yang terbilang mudah. Tapi, tidak bagi sebagian pengguna pemula yang barangkali baru pertama kali menggunakan Firefox.

Cache sendiri sebenarnya berguna sekali untuk meningkatkan kecepatan ketika kita membuka aplikasi dan juga membuka situs yang dulunya pernah kita kunjungi. Tapi, di beberapa kasus terutama perangkat yang punya resource terbatas, cache yang menumpuk kerap dijadikan kambing hitam performa perangkat secara keseluruhan.

Ada dua jenis cache yang kali ini akan kita hapus, yang pertama menghapus cache peramban Firefox berupa data-data situs yang pernah Anda kunjungi. Kemudian yang kedua adalah cache yang dibuat oleh sistem Android untuk aplikasi Firefox, yang tujuannya untuk mempercepat performa saat Firefox pertama kali dijalankan.

Menghapus Cache Browser Firefox

  • Jalankan aplikasi Firefox Anda di smartphone, kemudian tap tombol option paling kanan atas dan sentuh menu Settings atau Pengaturan.

  • Scroll dan temukan opsi clear private data.

  • Kemudian pilih data-data apa saja yang ingin dihapus, karena dalam kasus ini ingin menghapus cache, maka centang opsi cache. Tetapi jika Anda merasa perlu menghapus data lainnya seperti riwayat peramban, riwayat pencarian, dan lain-lain, tinggal beri tanda centang dan tap Clear Data.

Menghapus Cache Aplikasi Firefox

Nah kalau tutorial yang ini fungsinya untuk menghapus cache aplikasi Firefox-nya, bukan browser. Jadi kalau step ini yang Anda lakukan, cache di browser masih akan tersisa. Kecuali jika tutorial pertama tadi juga Anda lakukan.

  • Buka menu smartphone kemudian cari men Apps atau App Management.

  • Cari dan temukan aplikasi Firefox.

  • Lalu tap Storage atau penyimpanan.

  • Kemudian clear cache.

Selesai!

Lalu bagaimana kalau saya tap Clear data mas?

Kalau tombol clear data yang Anda pencet, maka semua data aplikasi seperti cache, riwayat perambahan, riwayat pencarian termasuk akun akan terhapus, aplikasi menjadi baru, sama seperti ketika pertama kali diinstal. Semua pengaturan, penyesuaian, data-data yang tersimpan akan dihapus dari sistem.

Mobile
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru