Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Di-hack dan Cara Mencegahnya

 Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Di-hack dan Cara Mencegahnya

Jumlah pengguna Instagram yang fantastis ini ternyata membuka celah bagi para pihak yang tidak bertanggung jawab bermunculan, yang biasa kita kenal dengan istilah hacker. Tak heran bila saat ini banyak orang yang mencari cara bagaimana mengembalikan aku Instagram yang ken hack dan juga cara mencegah peretasan.

Untuk itu, Anda perlu belajar tentang cara mencegah dan memulihkan akun instagram mulai dari awal.

Lalu, bagaimana jika akun Instagram Anda sudah di hack oleh oknum yang tidak bertanggung jawab? Berikut beberapa langkah yang dapat juga Anda lakukan untuk mengembalikan akun yang telah di hack:

Cara Pertama

  • Cara pertama yang bisa Anda lakukan sebagai upaya untuk mengembalikan akun Instagram Anda adalah dengan melaporkannya kepada pihak Instagram.
  • Akses laman help.instagram.com
  • Pilih menu Privacy & Safety – Report Something – Hacked Account – I Think my account has been hacked – Report it to us.

Melalui menu Impersonation Account

  • Apabila level hack sudah melampaui batas normal, Anda dapat memilih menu Impersonation Account. Biasanya, akan ada formulir yang perlu Anda isi dari pihak instagram.
  • Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan sama seperti cara yang pertama, hanya saja Anda kali ini harus memilih menu Impersonation Account untuk melaporkan bahwa akun yang Anda miliki diambil alih oleh orang lain.
  • Setelah melapor, maka akun Instagram Anda akan hilang sementara

Selesai melapor, maka pihak Instagram akan menghapus akun Anda untuk sementara waktu. Namun Anda tidak perlu merasa khawatir, hal tersebut memang langkah dari pihak Instagram untuk memastikan bahwa memang ada tindakan pembobolan terhadap akun milik Anda. Lalu, saat nama akun Anda tidak bisa ditemukan jangan coba-coba mendaftar lagi di Instagram dengan menggunakan nama akun yang sama.

Pasalnya, hal itu malah bisa membuat pihak Instagram bingung dan berpikir seolah-olah Anda lah yang menjadi pelaku hack Instagram Anda sendiri.

  • Selalu lakukan pengecekan email

Instagram akan memberikan instruksi melalui email seperti menuliskan nama akun dan nama lengkap dan kode rahasia di kertas putih dan memfoto wajah dan kertas putih bersamaan untuk verifikasi bahwa akun adalah asli.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips menjaga akun Instagram Anda dari hacker :

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk tetap dapat mengamankan akun Anda adalah dengan mengubah akun Instagram Anda dari yang public menjadi private. Anda dapat melakukannya dengan mengklik laman profil – swipe ke arah kiri – pilih Settings – klik “Privacy and Security” – pilih “Account Privacy” – aktifkan “Private Account” pilih on.

  • Selanjutnya, setelah mengaktifkan mode private, Anda juga dapat menggunakan metode  “two-factor authentication” untuk memberikan pengamanan ganda pada akun Anda. Autentikasi dua faktor ini memungkinkan kamu dapat mengamankan akun Instagram melalui pesan singkat seperti SMS.
  • Caranya pilih settings – “Privacy and Security” – klik “Two-Factor Authentication” – “Get Started” – pilih “Text Message” agar kamu gak perlu unduh aplikasi otentikasi lain – kemudian masukkan nomor ponsel. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui jika ada seseorang yang mencoba ingin masuk ke akun Instagram Anda.

  • Kemudian, langkah selanjutnya yang tidak kalah penting yang juga harus Anda perhatikan adalah tingkat kesulitan dalam membuat password Instagram. Semakin sulit password Instagram yang Anda buat, maka akan semakin minim resiko akun Instagram Anda di hack. Pilih menu settings – klik “Keamanan atau Security” – pilih “Password”.

Selain ke-3 cara di atas, ada beberapa hal penting lain yang juga harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah dengan slalu logout setelah melakukan login akun Instagram di perangkat yang bukan milik Anda, tujuannya adalah agar akun milik Anda tidak mudah diakses oleh orang lain.

Selain itu, ketika Anda login di perangkat lain yang memang bukan milik Anda, jangan pernah memilih menu simpan email dan password yang ditawarkan ketika Anda baru pertama kali masuk melalui perangkat lain.

Kemudian, hindari pula penggunaan login akun instagram melalui website yang tidak jelas karena mampu mencuri seluruh data Anda.

Dengan cara-cara yang telah dijelaskan di atas, peluang para hacker untuk membobol akses ke dalam akun instagram Anda menjadi sangat kecil. Maka, akun instagram jauh lebih aman karena Anda sudah melakukan upaya pencegahan sejak awal.

Artikel Menarik Lainnya

1 Comment

  • […] Instagram bisa jadi alternatif melakukan panggilan video atau video call jika saat aplikasi-aplikasi lain mengalami gangguan. Melakukan video call di Instagram juta sejatinya tidak membutuhkan langkah-langkah khusus, selain pada sistem joinnya saja yang sedikit berbeda. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *