Cara Mengatasi Realme 5 yang Boros Baterai

Ada Tiga Cara yang Bisa Dilakukan Agar Realme 5 Jadi Lebih Hemat Baterai

Menghemat baterai di smartphone Android sudah sejak lama jadi tantangan, tidak hanya bagi pabrikan perangkat itu sendiri tapi juga bagi penggunanya. Tak peduli seberapa bagus software penyertanya, jika pengguna tidak mempunyai etos pemakaian yang bijak, maka sulit untuk mendapatkan daya tahan yang ideal sesuai dengan fungsinya.

Di Realme 5 sendiri terdapat fitur khusus yang dirancang untuk memperoleh efisiensi daya. Tapi, selain memanfaatkan fitur bawaanya, Anda bisa juga melakukan hal lain yang sederhana tapi akan membantu baterai perangkat bertahan lebih lama.

Matikan Vibrasi

Mematikan vibrasi saat panggilan masuk memang terkesan sederhana, tetapi cara ini bisa diterapkan untuk mengurangi beban daya di perangkat yang secara aktif digunakan untuk menerima panggilan. Alternatifnya, Anda dapat mengaktifkan notifikasi suara yang rasanya sudah lebih dari cukup untuk mengetahui adanya panggilan.

Untuk mematikan vibrasi, masuk ke menu Settings kemudian tap menu Sound & Vibration. Kemudian matikan opsi di Vibrate for Incoming Calls.

Aktifkan Fitur Do not Disturb

Fitur Do not Disturb berfungsi untuk mematikan semua notifikasi perangkat mulai suara, getaran hingga cahaya layar. Namun semua notifikasi tetap diterima dan ditampilkan. Langkah ini sangat efektif untuk mengatasi Realme 5 yang boros baterai.

  • Caranya, masuk ke Settings kemudian tap menu Do Not Disturb.
  • Kemudian aktifkan Do Not Disturb.

  • Anda juga bisa menjadwalkan untuk mengaktifkan fitur ini di jam-jam tertentu.

Mengaktifkan Fitur Penghemat Baterai

Terakhir, Anda dapat mencoba langsung fitur penghemat baterai yang sudah terbenam di Realm 5.

  • Buka menu Settings – Battery.

  • Fitur penghemat baterai di Realme terbilang lengkap, bahkan sangat lengkap. Di sini, Anda dapat memilih mode penghemat daya (Power Saving Mode).

  • Opsi Power Saving Mode membantu Anda untuk menentukan kapan fitur penghemat daya aktif. Jika ingin dimatikan di kondisi tertentu, Anda bisa memilih Turn Off Automatically yang membuat fitur penghemat baterai materai di level baterai tertentu. Sebaliknya, Anda juga bisa menghidupkan fitur penghemat baterai di level baterai tertentu dengan memilih Turn On Spescified Battery Level.

  • Selain itu, di fitur penghemat baterai Realme 5 terdapat juga opsi pemilih modus performa untuk kemudian disesuaikan dengan ketersediaan baterai.

  • Mode performa ini juga dapat disesuaikan dengan keperluan pengguna. Jika ingin performa optimal tanpa khawatir dengan baterai, maka pilih High Performance Mode. Dua pilihan lainnya lebih pas untuk mengatasi Realme 5 yang boros baterai.

Itu dia beberapa cara mengatasi Realme 5 yang boros baterai, semoga jadi jalan keluar yang efektif untuk Anda.

Gambar header Systweak.

Mobile
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru