Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Shut down button on the black background. Elegant design.

Apakah Anda pernah mengalami laptop yang tiba-tiba mati sendiri? Saat mengalami hal tersebut Anda tentu merasa panik dan bingung tak tahu apa yang harus dilakukan. Untuk mengatasinya, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui apa saja yang menyebabkan laptop tersebut mati dengan sendirinya.

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan laptop mati sendiri, antara lain:

  • Laptop yang mengalami overheat

Overheat adalah keadaan dimana laptop mengalami panas yang berlebihan. Keadaan ini umumnya menyerang pada jenis laptop keluaran lama yang sudah dirilis lebih dari 4 tahun lalu.

Overheat bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya karena pemakaian yang lama dalam satu waktu, kemudian digunakan di cuaca yang panas atau terkena sinar matahari secara langsung serta adanya kesalahan arus listrik atau baterai yang rusak.

  • RAM laptop mengalami kerusakan

Satu hal lain yang bisa menjadi penyebab laptop mati sendiri adalah RAM laptop yang rusak. Salah satu penyebabnya adalah RAM yang tergores, pecah, ataupun retak. Hal tersebut menyebabkan laptop menjadi mati dengan sendirinya. Hal ini terjadi pasalnya sudah tidak ada lagi tempat yang digunakan untuk menyimpan data-data sementara.

  • Baterai laptop Anda sudah rusak

Selain RAM, baterai juga bisa menjadi penyebab mengapa laptop Anda tiba-tiba mati sendiri. Hal ini berarti kesehatan baterai sangat penting untuk dijaga. Pasalnya jika baterai tersebut rusak, maka laptop pun akan semakin mudah mengalami berbagai masalah salah satunya adalah laptop yang mati dengan sendirinya.

  • Prosesor yang mengalami kerusakan

Perlu Anda ketahui bahwa prosesor adalah otak utama dalam sebuah laptop. Pasalnya kebanyakan proses komputasi dilakukan di dalam prosesor. Untuk itu, apabila laptop mati padahal baterai masih dalam kondisi penuh, maka bisa jadi prosesorlah yang menjadi penyebab utamanya. Untuk itu, Anda bisa memeriksakan prosesor laptop pada tempat service untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut.

Dari berbagai penyebab laptop mengalami mati mendadak di atas, lantas bagaimana cara mengatasinya?

Agar Anda bisa lebih cepat menggunakannya kembali, maka ada baiknya Anda segera mengatasi laptop mati sendiri tersebut dengan menerapkan beberapa alternatif di bawah ini:

  • Ganti baterai atau adapter dengan yang baru

Apabila Anda sudah memiliki baterai laptop yang rusak, maka tentu saja Anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Dengan begitu, Anda tentu akan lebih mudah menggunakan laptop tersebut sesuai dengan keperluan dengan lebih maksimal.

  • Anda bisa memperbaiki sistem pendingin pada laptop

Langkah lain yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi laptop mati secara tiba-tiba adalah dengan memperbaiki bagian sistem pendinginnya. Hal ini dilakukan apabila yang menjadi penyebab laptop mati adalah akibat overheat atau panas yang berlebih.

Untuk itu, Anda bisa membawa laptop tersebut menuju service center terdekat dan mintalah mereka untuk memperbaiki sistem pendingin pada laptop Anda.

  • Segera ganti hardware laptop yang rusak

Solusi lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop mati tersebut adalah dengan mengganti hardwarenya. Akan tetapi apabila hardware laptop tersebut masih bisa dilakukan perbaikan maka tidak ada salahnya juga untuk memperbaiki hardware tersebut. Dengan begitu, tidak akan ada lagi kejadian dimana laptop Anda mati secara mendadak terlebih saat masih digunakan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki laptop yang mati sendiri. Yang jelas langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu terlebih dahulu apa saja penyebab laptop tersebut mati dengan tiba-tiba. Jika sudah diketahui penyebab utamanya maka Anda bisa langsung mengatasinya sesuai dengan gejalanya.

Gambar header via Depositphotos.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *