Cara Mudah Mengatasi Halaman Error 404 Not Found di WordPress

Halaman error 404 not found merupakan salah satu problem yang paling sering dijumpai oleh blogger. Error ini biasanya muncul ketika seseorang mengakses link yang tidak ada di dalam website atau blog.

Penyebabnya beragam, bisa jadi karena halaman tersebut sudah dihapus atau Anda baru saja mengubah permalink setelah link yang sebelumnya terindeks oleh mesin pencari. Karenanya, ketika seseorang mengunjungi link tersebut dari mesin pencari, maka otomatis yang keluar adalah error 404 not found.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengatasi error 404 not found ini?

Tanpa hal teknis yang rumit, Anda bisa dengan mudah menyelesaikannya, yaitu dengan cara membuat link baru apakah postingan atau halaman dengan struktur permalink yang benar-benar sama dengan link lama.

Tapi, walaupun cara ini mudah untuk dilakukan, sayangnya ada banyak hal yang menghalangi kita untuk melakukannya dengan cepat. Bisa disebabkan kontennya sudah lama sehingga tidak layak untuk diangkat, Anda tidak punya bahannya, Anda lupa atau informasinya sudah kadaluarsa.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi error 404 not found dengan cepat, mengingat error 404 not found ini berdampak buruk bagi SEO blog kita?

Jawabannya dengan menggunakan plugin, kita akan meneruskan siapapun yang mengakses link yang hilang tersebut ke link lain yang masih aktif.

Ini yang harus Anda lakukan.

  • Login ke dashboard blog WordPress Anda, kemudian arahkan kursor ke plugin dan klik Tambah baru atau Add New.
  • Di kolom pencarian ketikkan 404 error.
  • Maka akan muncul berbagai hasil, temukan plugin Redirect 404 error page to homepage. Klik tombol Install Now.

  • Setelah terintasl, sekarang aktifkan dengan mengklik tombol Activate atau Aktifkan.

Setelah plugin diaktifkan, Anda tidak perlu melakukan pengaturan atau penyesuaian. Karena, plugin sudah secara otomatis bekerja, meneruskan semua akses masuk ke halaman 404 error not found ke halaman muka atau homepage.

Gambar header Pixabay.

Web
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru