Cara Menambah Memory Limit di Blog WordPress

Memori limit kerap menjadi penyebab beberapa masalah di WordPress

Jika suatu hari sobat mendapati masalah di WordPress yang aneh, misalnya gagal memasang tema baru, gagal install atau update plugin dan gagal upgrade versi WP padahal koneksi sedang bagus, maka sobat patut curiga bahwa masalahnya ada di memori limit.

Secara default, memori limit WordPress diatur antara 32MB dan 64MB. Batasan ini sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk menjalankan script di WordPress. Tetapi, belakangan banyak plugin dan tema yang membutuhkan alokasi memori yang lebih besar. Sehingga kamu perlu menambahkan alokasi memori ke space yang lebih besar. Caranya seperti ini.

  • Masuk ke Cpanel jika Anda menggunakan panel jenis ini. Jika Anda menggunakan software panel yang lain, sama saja yang penting bagaimana caranya Anda bisa membuka File Explorer. Apapun nama software panel yang Anda gunakan, pasti ada fitur File Explorer.

  • Setelah file Explorer terbuka, temukan root domain Anda lalu klik kanan di file wp-config.php lalu klik Edit.

  • Jika muncul popup, klik Edit sekali lagi.

  • Maka terbukalah file wp-config.php yang memuat sederetan kode program.
  • Temukan deretan code define seperti screenshot di bawah ini, lalu buatlah baris baru dengan menekan enter di define terakhir. Kemudian copy dan pastekan kode ini ke dalam baris tersebut: define(‘WP_MEMORY_LIMIT’, ‘128M’);
  • 128M adalah batas baru memori limit di blog Anda. Anda bisa saja menggunakan angka 96M atau 256M jika memang diperlukan.

  • Kemudian terakhir, klik Save Changes untuk menyimpan perubahan.

Selesai, sekarang saya bisa pastikan masalah yang Anda hadapi akan terpecahkan. Selamat mencoba!

Web
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru