Cara Memotong Video Menggunakan Smartphone Android

Illustration of movie film reels and cinema clapper

Cara Memotong Video Menggunakan Smartphone Android

Apakah Anda pengguna TikTok, Snack Video ataupun Instagram, Anda wajib tahu cara memotong video entah untuk membuang bagian yang tidak perlu atau guna memenuhi syarat maksimal dari platform yang Anda gunakan.

Misalnya, di Instagram Anda hanya  mengunggah video berdurasi maksimal 60 detik. Bahkan untuk story hanya 15 detik. Maka, wajib sekali menguasai teknik memotong video yang benar bermodalkan smartphone.

Untuk memotong video, saya menggunakan aplikasi multi fungsi XRecorder yang juga berfungsi sebagai aplikasi perekam layar. Jadi, gak perlu instal aplikasi lagi, cukup pakai yang kebetulan sudah ada.

  • Jalankan aplikasi, kemudian tap menu dengan ikon pensil di barisan bawah, kemudian tap menu Edit Video.

  • Pilih video yang tersimpan di memori perangkat. Kemudian tap tanda jarum ke kanan untuk membawa video ke kanvas editor.

  • Untuk memotong video, tap menu Trim.

  • Perhatikan, akan ada 2 fungsi yang bisa Anda pakai, yaitu Trim dan Cut. Trim adalah fungsi untuk memotong bagian awal dan akhir video. Sedangkan cut, fungsi untuk memotong di bagian manapun dari video yang dianggap perlu dihapus.
  • Nah, untuk awal kita coba pakai fungsi trim. Selanjutnya, Anda tinggal menggeser bagian awal dan akhir video sampai Anda merasa bagian yang tersisa sudah bisa dipakai.

  • Selanjutya, kita coba memotong video menggunakan fungsi cut.
  • Tap menu Cut, lalu geser saja bagian manapun di dalam video yang ingin dipotong. Berbeda dengan trim, fungsi cut lebih fleksibel dan bebas memilih area yang ingin dibuang. Sedangkan trim hanya bisa membuang bagian awal dan akhir video saja.

  • Jika sudah selesai, tap Save dan tunggu proses penyimpanan berlangsung.

Selesai, video baru Anda akan disimpan di galeri dan siap untuk dipergunakan.

Gambar header Depositphotos.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *