[Panduan Pemula] Cara Mudah Membuat Kuis Online

Membuat kuis online makin mudah dengan bantuan tool Fyrebox
Ilustrasi Kuis Online

Jika Anda seorang dosen, guru, pembicara, atau tutor, tentu sudah terbiasa membuat kuis untuk mahasiswa dan anak didik Anda. Umumnya, media yang dipakai tentu kertas yang kemudian diperbanyak lalu dibagikan. Atau jika tidak mau repot, seringkali hanya didiktekan di depan kelas saat proses belajar berlangsung.

Tak ada yang salah dengan metode itu, tapi bagaimana jika saya berikan solusi yang lebih canggih sehingga Anda tidak harus repot memperbanyak soal atau mendiktekannya di depan kelas, bahkan Anda punya catatannya sepanjang hidup, mau?

Ini dia, saya perkenalkan dengan Fyrebox.com, sebuah web tool di mana Anda dapat membuat kuis secara online, membagikannya ke murid, mendapatkan salinan jawaban, kemudian menyimpan kuis untuk digunakan di kemudian hari.

Cara pakainya cukup mudah, ayo kita coba!

  • Buka browser favorit Anda, kemudian akses web fyrebox.com

Cara Mudah Membuat Kuis Online (8)

  • Daftarkan diri terlebih dahulu melalui opsi yang tersedia, bisa dengan Facebook, Gmail, atau melalui formulir yang ada.

Cara Mudah Membuat Kuis Online (3)

  • Jika pendaftar berhasil, Anda akan dihantarkan ke dashboard dengan tampilan awal seperti ini. Untuk mulai membuat kuis, Anda diberikan dua pilihan, membuat dari awal atau menggunakan template.

Cara Mudah Membuat Kuis Online (6)

  • Saya lebih memilih membuat kuis baru dari nol ketimbang menggunakan template. Buat dulu nama kuisnya, kemudian pilih bahasa dan jenis kuis. Jika sudah, klik Buat.

Cara Mudah Membuat Kuis Online (5)

  • Di laman selanjutnya, Anda akan mendapati beberapa opsi. Tetapi jika Anda bingung, Anda bisa lewati saja dan langsung fokus ke pembuatan pilihan ganda.
  • Masukkan satu per satu pertanyaan dan jawaban Anda.

Cara Mudah Membuat Kuis Online (4)

  • Setelah semua pertanyaan dimasukkan, geser ke bawah kemudian klik tombol Berikutnya: Desain.

Cara Mudah Membuat Kuis Online (1)

  • Di halaman Desain, Anda dapat menentukan warna latar, tombol, huruf dan lain sebagainya.
  • Setelah desain terlihat rapi, klik tombol Berikutnya: Bagikan.

Cara Mudah Membuat Kuis Online (2)

  • Ini langkah terakhir yang harus dilakukan, yaitu membagikan kuis ke murid atau orang yang menjadi target kuis. Di sini ada banyak sekali pilihan, silahkan dipilih sesuai kebutuhan.

Cara Mudah Membuat Kuis Online (7)

Semoga bermanfaat.

Sumber gambar header 123formbuilder.

Internet
oleh Bambang Winarso
Placement Ads
Artikel Terbaru