[Panduan Pemula] Cara Membuat Instagram Reels

 [Panduan Pemula] Cara Membuat Instagram Reels

Beberapa waktu yang lalu Instagram telah resmi menghadirkan fitur Reels bagi seluruh pengguna Instagram di Indonesia. Wajar jika kemudian banyak orang penasaran bagaimana cara membuat Instagram Reels dan juga fitur-fiturnya.

Apa itu Reels Instagram?

Reels sendiri berupa fitur perekaman video pendek seperti TikTok yang disediakan oleh Instagram. Di tengah maraknya persaingan platform digital, khususnya media sosial, banyak platform media sosial yang berusaha untuk menawarkan fitur-fitur unggulan yang dapat menarik banyak perhatian masyarakat.

Dengan menggunakan fitur Reels, pengguna dapat membuat sebuah konten video pendek berdurasi 15 detik dengan pilihan ragam musik, efek, serta tingkat kecepatan video yang bisa diatur secara langsung.

Selain itu, tambahan fitur Reels tersebut juga mengubah tampilan halaman awal Instagram. Jika tadinya ikon yang berguna untuk menambahkan konten ke Feeds berada di tengah tab Home, Explore, Store, dan Profil, kini yang menempati posisi ikon Feeds tersebut adalah ikon Reels. Sedangkan ikon kontan Feeds dipindahkan ke sisi atas samping ikon Notification dan Direct Messages.

Cara Membuat Instagram Reels

Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur Instagram Reels? Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat menggunakan fitur Reels di Instagram :

  • Pastikan Anda sudah mengupdate aplikasi Instagram dengan versi terbaru di Google Play Store atau App Store.
  • Buka Instagram dengan menggunakan akun yang Anda miliki.
  • Pada halaman utama Instagram, klik ikon Reels yang terletak di antara ikon “Search” dan ‘Shop”. Sementara, jika Anda membuka membuka fitur Story, maka tombol Reels akan muncul di sisi bawah layar, berdampingan dengan fitur “Post” dan “Story”, dan “Live”.

Sumber kompas

  • Kemudian, klik ikon kamera yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih opsi apakah Anda ingin merekam video baru atau mengambilnya dari galeri smartphone.
  • Jika Anda memilih opsi untuk merekam video baru, Anda dapat memilih atau menggunakan konsep video seperti layout, timer, atau mengatur kecepatan video.
  • Setelah video di pilih atau direkam, Anda dapat menambahkannya dengan filter, efek, sticker,teks, hingga lagu yang tersedia di kolom Music. Selain itu, Anda juga dapat mengunggah lagu dari media penyimpanan smartphone atau merekam audio secara langsung melalui menu “Record” yang tersedia.

sumber kompas

  • Jika sebelumnya Anda menambahkan teks, teks yang sudah Anda buat dapat diatur posisinya maupun ukurannya sesuai dengan keinginan, dan dapat ditempatkan sesuai dengan durasi yang ditentukan.
  • Selain itu, Anda juga dapat mengatur volume lagu atapun suara yang berasal dari video asli. Anda juga dapat mematikan suara dari video asli dengan menekan ikon “Mikrofon” untuk mute audio.
  • Setelah selesai mengedit video, Anda dapat menambahkan caption, tag, cover, dan memilih opsi lainnya sebelum video tersebut di-upload.

sumber kompas

  • Setelah semua selesai, klik tombol “Next”
  • Video akan terupload secara otomatis dan akan langsung muncul di tab Instagram Reels.

Itu dia cara membuat Reels di Instagram, semoga bermanfaat.

Baca juga beberapa artikel tentang Instagram:

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *