Cara Membuat Halaman Sitemap HTML di Blog WordPress

Jika mengikuti saran sejumlah praktisi blogging, sitemap tidak hanya harus dibuat dan disubmit ke Google Search Console (dulu Google Webmaster Tool) untuk memandu bot mesin pencari menemukan kedalaman link di situs. Tetapi Anda juga sebaiknya membuat halaman sitemap html yang dapat diakses oleh pengunjung manusia.

Nah, kali ini kita akan bahas bagaimana caranya membuat halaman sitemap html di blog berbasis WordPress, yang akan menggunakan plugin pihak ketiga.

  • Jadi, pertama install dulu plugin Simple Sitemap kemudian aktifkan.

cara membuat sitemap html di blog WordPress

  • Setelah aktif, langsung saja klik menu baru Simple Sitemap lalu temukan Sitemap Shortcodes. Di sini, ada dua shortcode yang bisa dipakai (ditandai di screenshot di bawah). Anda bisa menggunakan shortcode yang di atas atau di bawah.

cara membuat sitemap html di blog WordPress

  • Berikutnya, bikin halaman baru dan beri nama dengan label Sitemap. Sisipkan salah shortcode di atas tadi. Di screenshot saya salin keduanya agar Anda dapat melihat perbedaan masing-masing shortcode. Jika sudah, klik Terbitkan.

cara membuat sitemap html di blog WordPress

  • Maka hasilnya akan seperti ini. Di bagian atas adalah hasil shortcode menggunakan shortcode pertama, dan bagian bawah menggunakan shortcode kedua.

cara membuat sitemap html di blog WordPress

Sitemap ini nantinya akan terus diperbarui secara otomatis ketika ada penambahan konten baru di kategori yang sudah dikelompokkan.

Gambar header Accesspressthemes.

Web
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru