Cara Membuat Guide, Konten Tutorial & Rekomendasi di Instagram

Saat ini, Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling populer di Indonesia. Bagi pemilik bisnis, Instagram merupakan alat yang sangat powerful untuk membantu perkembangan dengan membangun basis audience, awareness bisnis, dan juga mendapatkan pelanggan baru.

Ada beberapa jenis konten di Instagram, masing-masing memiliki kelebihannya sendiri. Mulai dari single image, story, video, video IGTV, carousel atau multi-post, dan yang terbaru disebut guide. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan kita membuat panduan, baik itu rekomendasi maupun tutorial dengan format yang lebih intuitif.

Proses pembuatan guide ini cukup mudah, elemen foto atau video yang dipilih bisa dari postingan sendiri atau orang lain yang disimpan.  Ada tiga tipe guide yang bisa dipilih meliputi place, product, dan posting. Langkah-langkah untuk membuat guide dari awal sebagai berikut.

Dari aplikasi Instagram, pilih profile dan klik logo (+) di pojok kanan atas. Lalu, akan muncul sejumlah pilihan termasuk feed post, story, story hightliht, IGTV video, dan guide, lalu pilih guide dan tipenya.

Untuk place, tipe guide ini memungkinkan kita merekomendasikan tempat-tempat menarik di kota tempat Anda tinggal atau yang penah dikunjungi. Misalnya bisa bikin 5 tempat yang wajib di kunjungi di kota Bogor atau 5 tempat ngopi ke kinian di Jakarta Selatan, dan sebagainya.

Lalu, untuk product kita bisa membuat daftar rekomendasi atau review produk tertentu berdasarkan pengalaman Anda. Sementara untuk posting, tipe format guide ini sangat serbaguna dan bisa digunakan secara luas.  Misalnya kita bisa merangkai cerita penuh dari foto atau video yang Anda posting sebelumnya, bisa juga untuk membuat tutorial, listicle, portofolio, dan banyak lagi.

Perlu dicatat, konten guide tidak muncul di feed dan hanya bisa ditemukan saat membuka profil dan berada di tab guide khusus di samping IGTV. Berbeda dengan postingan lain, kita juga tidak bisa kasih like atau komentar, tetapi bisa dibagikan ke story bila ingin mempromosikannya. Bila ingin cari lebih banyak inspirasi, guide juga bisa ditemukan di tab shop, di bawah kolom pencarian terdapat beberapa opsi, geser ke kanan dan pilih explore guide.

Internet
oleh Lukman Azis
Artikel Terbaru