Cara Cek Perkembangan Terbaru Virus Corona (Covid-19)

Paparan Virus Corona atau Covid-19 sudah memasuki Indonesia sejak awal Maret lalu. Diawali dari dua orang yang terdeteksi positif, perubahan terus terjadi dengan cepat. Per 18 Maret 2010, berdasarkan rilis resmi pemerintah, terjadi lompatan jumlah penderita positif menjadi 227 orang, 19 di antaranya meninggal dunia. Update terbaru per 19 Maret, 309 terinfeksi, 15 sembuh dan 25 orang meninggal dunia.

Perubahan yang cepat ini tentu menjadi alarm sekaligus perhatian bagi seluruh masyarakat Indonesia. Ada beberapa cara untuk mengetahui perkembangan terkini Corona Virus, antara lain:

Covid19.go.id

Ini adalah situs resmi yang dirilis oleh pemerintah Indonesia, di mana terdapat update informasi terkini jumlah penderita, yang sembuh dan yang meninggal dunia. Termasuk update informasi statistik dalam skala global.

Selain statistik, situs ini juga menampilkan sejumlah informasi, tips dan juga pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang. Informasi valid ini bisa menjadi rujukan untuk menjawab berbagai rumor ataupun kabar hoax di luar sana.

WorldMeters

Informasi terbaru Virus Corona juga bisa dipantau dari situs Worldmeters yang dalam pengamatan redaksi memuat informasi yang akurat_sejauh ini.

Tadi malam, penulis sengaja memeriksa statistik di WorldMeters dan benar adanya, data penderita Corona yang meninggal dunia di Indonesia sudah diperbarui sebanyak 19 orang.

WHO

Rujukan terpercaya yang juga bisa jadi tempat mendapatkan perkembangan terbaru Virus Corona adalah situs resmi WHO, secara spesifik Anda bisa klik link ini.

Di situs ini, terdapat berbagai informasi yang bisa diunduh. WHO juga menampilkan sejumlah konten informatif yang bertujuan memberikan edukasi kepada pembaca di seluruh dunia.

Situs Kementrian Kesehatan

Satu lagi sumber informasi terpercaya yang bisa Anda akses, yaitu situs resmi Kementrian Kesehatan, di sini.

perkembangan terbaru corona

Situs kementrian ini melakukan pembaruan secara berkala yang kemudian dibedakan atas tanggal dan bulan. Informas-informasi terbaru dan kebijakan pemerintah juga dipublikasikan untuk kemudian jadi rujukan bagi masyarakat.

Situs Lokal: covid.fullstack.id

Tambahan baru, Anda juga bisa cek perkembangan terbaru Virus Corona di Indonesia dan dunia melalui situs covid.fullstack.id, sebuah situs yang dikembangkan oleh developer lokal, Yoga Sukma.

Seperti di sebagian besar situs cek perkembangan terbaru Corona, situs ini juga menampilkan informasi jumlah penderita, dari yang dirawat, sembuh dan meninggal dunia. Di bagian lain, terdapat kumpulan berita dari sejumlah media lokal ternama.

Situs Pemerintah Daerah Jakarta: corona.jakarta.go.id

cara cek perkembangan terbaru corona

Menjadi episentrum penyebaran Virus Corona, Pemkot Jakarta bergerak cepat dengan merilis situs perkembangan terbaru Corona yang memuat sejumlah informasi penting. Diawali dari nomor pengaduan, situs Pemkot Jakarta menayangkan statistik yang lebih spesifik meliputi data Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan kasus terkonfirmasi secara nasional.

Situs Pemerintah Daerah Jawa Barat: Pikobar

Upaya serupa juga dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung dengan meluncurkan situs khusus sekaligus pusat informasi yang diberi nama Pikobar. Di situs ini, berbagai informasi mulai stastik penyebaran, tips, berita dan bahkan peta sebaran disajikan.

Situs Pemerintah Daerah Jawa Timur : checkupcovid19.jatimprov.go.id

Berbeda dari yang lain, situs Pemerintah Daerah Jawa Timur tidak menayangkan statistik penderita Corona di wilayahnya. Tampak, situs berfokus pada informasi seputar Corona, rumah sakit rujukan, dan juga self assessment untuk membantu warga yang khawatir apakah dirinya tertular atau tidak.

Situs Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta: corona.jogjaprov.go.id

cara cek perkembangan terbaru corona_yogyakarta

Yogyakarta yang juga sudah memiliki penderita Corona ikut mengambil langkah taktis dengan merilis portal khusus di daerah mereka. Dapat diakses di link https://corona.jogjaprov.go.id/, situs pemeintah Daerah Yogyakarta menampilkan update terbaru penderita, nomor pengaduan, informasi penting dan juga peta sebaran.

Internet
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru