Cara Melihat Sumber Traffic Blog di Google Analytic

Menjadi alat bantu pengambilan keputusan yang efektif
Ilustrasi Google Analytic

Google Analytic merupakan salah satu tool wajib yang harus dipunyai oleh seorang pengelola web, apapun skala webnya, apakah itu blog personal ataupun web ecommerce yang skala penjualannya sudah miliaran Rupiah.

Tool ini selain sebagai sumber informasi lalu lintas website, juga bisa dijadikan sebagai alat pengambil keputusan, entah goalnya mendongkrak traffic atau meningkatkan konversi.

Nah, di edisi pertama serial tips Google Analytic ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara mengetahui sumber lalu lintas website atau blog di Google Analytic.

  • Login ke akun Anda di Google Analytic, kalau belum punya akun dan belum mendaftarkan blog Anda, baca dulu tutorial di artikel ini.
  • Begitu sudah login, sekarang klik menu Akuisisi – Semua Traffic – Saluran.

Cara Melihat sumber traffic di google analytic_1

  • Panel Saluran merupakan kumpulan data akan kanal-kanal sumber traffic di blog Anda, biasanya merupakan kategori teratas dari berbagai kanal sumber traffic, antara lain mesin pencari, direct (kunjungan langsung), referal dari situs-situs lain, media sosial, email dan lain-lain. Jadi, di panel ini Anda bisa melihat berapa persentase dari masing-masing kanal, sehingga Anda bisa melakukan prioritas kanal untuk dijadikan sumber traffic utama.
  • Sebagai contoh, saya klik saluran Social, maka akan muncul berbagai media sosial yang memberikan traffic ke blog Anda.

Cara Melihat sumber traffic di google analytic_1_1

  • Selanjutnya, klik Sumber/Media. Maka, Anda akan mendapatkan sumber traffic yang lebih spesifik, antara lain mesin pencari Google, direct, aplikasi atau situs, media sosial, Yahoo dan juga Bing. Jika salah satunya Anda klik, maka Anda akan mendapatkan informasi yang lebih spesifik baik artikel yang menjadi dituju lengkap dengan persentasenya.

Cara Melihat sumber traffic di google analytic_2

  • Berikutnya, klik menu Rujukan. Ini adalah halaman yang berisi informasi situs atau aplikasi, atau mesin pencari yang secara langsung memberikan lalu lintas. Ini adalah link di mana url blog Anda tertanam atau terpasang yang jika ditarik garis penghubung akan langsung menghubungkan ke url blog.

Cara Melihat sumber traffic di google analytic_3

  • Selain di menu Semu Traffic, Anda juga bisa mendapatkan informasi lebih dalam mengenai sumber traffic misalnya media sosial dengan mengklik menu Sosial. Ini panel khusus yang disiapkan agar Anda bisa memperoleh analisis yang lebih dalam. Di panel ini, Anda bisa melacak kembali media sosial mana yang paling banyak memberikan traffic.

Cara Melihat sumber traffic di google analytic_4

  • Berbeda dengan panel Social pertama, panel ini memperlihatkan halaman landing yang memberikan informasi artikel mana yang paling banyak memberikan persentase kunjungan, baik dalam rentang harian, mingguan atau bulanan.

Cara Melihat sumber traffic di google analytic_5

Informasi-informasi di atas tentu akan sangat berguna ketika Anda berencana melakukan kampanye SEO atau iklan di Facebook Ads. Sehingga langkah yang akan diambil dapat memberikan hasil yang optimal.

Semoga bermanfaat.

Web
oleh Bambang Winarso
Placement Ads
Artikel Terbaru