[Panduan Pemula] Cara Melaporkan Postingan Hoax atau Grup Facebook yang Mengganggu

Media sosial semestinya menjadi ruang bagi penggunanya untuk berinteraksi dengan nyaman, meniadakan jarak dan waktu. Tetapi belakangan Facebook sudah jadi tempat yang penuh dengan sampah, seperti postinga-postingan artikel hoax, status hoax, menebar kebencian sampai munculnya grup-grup yang isinya berbau sara dan politik.

Mustahil bagi kita sebagai pengguna media sosial untuk menghindari semuanya dengan mudah. Tapi, setidaknya ada satu hal yang bisa Anda lakukan, yaitu melaporkan status atau postingan atau grup tersebut agar segera diberangus. Caranya bagaimana? Ayo kita coba!

Melaporkan Status Hoax atau Spam

  • Untuk melaporkan status atau postingan hoax, Anda bisa mulai dengan men-tap tiga titik di kanan atas postingan terkait kemudian tap Find Support or Report post.

 

  • Maka akan muncul beberapa alasan mengapa postingan tersebut Anda laporkan. Jika maksud Anda adalah untuk melaporkan spam, maka pilih False News kemudian tap tombol Next.

  • Tak lama kemudian Facebook akan memberikan feedback bahwa laporan sudah diterima. Tap Done dan laporan Anda selesai.
  • Apakah setelah dilaporkan postingan akan langsung dihapus? Tentu tidak, butuh proses validasi dahulu. Jika ingin cepat dihapus, ajak teman-teman yang lain untuk ikut melaporkan. Semakin banyak laporan maka semakin cepat Facebook mengambil keputusan.

Cara Melaporkan Grup Facebook Spam

  • Kedua, kita akan laporkan grup yang dianggap spam atau berisi konten-konten yang menggangu, bisa konten dewasa, scam atau penipuan.
  • Buka grup yang ingin dilaporkan, kemudian tap tiga titik berbaris di sebelah kanan atas dan tap tombol Report.

  • Pilih alasan pelaporan, dan tap Next.

  • Selesai, tap done untuk menutup halaman. Sampai di tahap ini laporan Anda sudah diterima oleh Facebook, Anda juga bisa langsung keluar dengan men-tap menu Leave this Group jika diinginkan.

Itu dia dua tutorial cara melaporkan status hoax dan grup Facebook yang dianggap spam. Semoga dengan peran aktif kita melaporkan “sampah-sampah” ini dari Facebook, ruang media sosial kita semakin bersih dan nyaman.

Internet
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru