Cara Install Remix OS di Komputer Windows 7

Cara Install Remix OS di Komputer Windows 7

Android adalah sistem operasi yang diperuntukkan bagi perangkat mobile. Dua perangkat yang paling dominan adalah tablet dan smartphone. Tetapi sekarang seiring perkembangan teknologi, penggunaan Android tidak hanya terbatas pada kedua perangkat tersebut.
Berkat orang-orang cerdas di Jide Technology, terciptalah Remix OS, sistem operasi komputer yang diport dari Android-x86, sehingga kini perangkat desktop ataupun laptop berbasis Windows dapat menjalankan aplikasi-aplikasi berbasis Android dengan mudah.
Uniknya, sistem operasi ini tidak akan serta merta menggantikan sistem operasi, misalnya Windows 7 atau Windows 8 yang terpasang di komputer sekarang. Pengguna mendapatkan penawaran pilihan booting, apakah dengan Remix OS atau sistem komputer bawaan sebelumnya.
Saya akan coba berikan panduan cara install Remix OS di komputer Windows 7. Ayo!

  • Unduh dari dahulu Remix OS dari situs resminya.
  • Ekstrak kemudian jalankan file eksekusinya.
remix_1
Isi file ekstraksi saat pertama kali diunduh/Dailysocial
  • Instalasi kita mulai, klik tombol Browse untuk memasukkan file .iso yang dibutuhkan oleh sistem.
remix_2
Jendela instalasi paling depan/Dailysocial
  • File iso letaknya ada di dalam folder unduhan tadi, pilih kemudian klik Open.
remix_3
Pemilihan file ISO untuk memulai proses instalasi/Dailysocial
  • Terakhir, tentukan lokasi peyimpanan kemudian klik OK dan instalasipun akan dimulai. Proses instalasi hanya membutuhkan waktu beberapa menit.
Cara install sistem operasi Remix OS
Proses instalasi dimulai/Dailysocial
  • Jika sudah selesai Anda akan melihat jendela seperti gambar ini. Sekarang untuk melanjutkan, klik tombol Reboot Sekarang.
Cara install sistem operasi Remix OS
Instalasi berhasil/Dailysocial

Proses Booting

  • Saat komputer Anda kembali booting, Anda akan mendapatkan dua penawaran, Windows 7 atau Remix OS. Penawaran ini akan terus ditampilkan ketika Anda me-restart atau menghidupkan komputer. Karena kita mau booting ke Android, maka pilih opsi Remix OS kemudian klik Enter.
Cara install sistem operasi Remix OS
Penawaran booting oleh sistem/Dailysocial
  • Tunggu beberapa saat sampai proses booting selesai. Berikutnya sistem akan menampilkan logo Remix OS sebagai pertanda bahwa Anda sudah separuh jalan.
Cara install sistem operasi Remix OS
Logo booting Remix OS/Dailysocial
  • Sistem kemudian akan meminta Anda memilih jenis bahasa dan persetujuan penggunaan sistem operasi. Klik Next di keduanya untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
Cara install sistem operasi Remix OS
Pemilihan bahasa dan persetujuan penggunaan/Dailysocial
  • Dalam prosedur yang saya lewati, berhubung perangkat dalam jangkauan WiFi, sistem akan meminta kata sandi dan setelah itu proses instalasi sepenuhnya selesai.
Cara install sistem operasi Remix OS
Proses setup terakhir/Dailysocial
  • Inilah dia tampilan Remix OS Android di komputer berbasis Windows 7. Sudah ada beberapa aplikasi, antara lain file manager, chrome, galeri dan kamera.
Cara install sistem operasi Remix OS
Laya home Remix OS/Dailysocial
  • Di bagian taskbar versi komputer Anda juga dapat menjumpai beberapa panel seperti Blueooth, WiFi, Notifikasi, dan tombol start untuk membuka panel restart, shutdown dan beberapa shortcut aplikasi.
Cara install sistem operasi Remix OS
Fitur notifikasi yang dibuat seperti gaya Windows 8
  • Saya langsung mencoba aplikasi Chrome yang tersedia, dan seperti ini hasilnya. Berjalan sangat mulus tanpa putus. Spesifikasi notebook yang saya gunakan masih dual core, RAM 2GB, dan memori tersisa 60GB.
Cara install Remix OS di komputer
Tampilan Chrome di Remix OS/Dailysocial
  • Aplikasi file manager yang dibawa mempunyai jenis font dan juga layout yang bersih lagi rapi. Pengembang cukup cerdas menggabungkan desain a la Lollipop dengan sentuhan khas Windows sehingga menggunakan Remix OS ini hampir tak ubahnya menggunakan sistem operasi Windows.

Cara install sistem operasi Remix OS
tampilan file manager di Remix OS/Dailysocial

Sayangnya Remix OS belum mendukung akses ke Play Store secara default. Untuk bisa mengunduh aplikasi, kita butuh prosedur lanjutan yang cukup rumit. Tapi jangan khawatir, saya akan siapkan tutorial lengkapnya untuk Anda di artikel berikutnya. Jadi, wajib terus pantau Dailysocial supaya tak ketinggalan lanjutan tips ini.

Artikel Menarik Lainnya