Cara Ganti Password Instagram

New york, USA – April 11, 2018: Adding new story on instagram app close-up view of smartphone screen

Cara Ganti Password Instagram

Mengganti password di Instagram jadi salah satu solusi jika Anda merasa ada aktivitas mencurigakan, entah percobaan login atau Anda merasa telah menghubungkan akun ke suatu layanan pihak ketiga.

Untuk mengubah sandi Instagram, Anda hanya butuh melakukan beberapa tahapan sederhana.

  • Buka aplikasi Instagram.
  • Langkah selanjutnya jika aplikasi Instagram sudah terbuka adalah dengan melakukan login atau masuk ke akun yang ingin diganti kata sandinya.
  • Setelah itu, Anda bisa memilih tombol hamburger atau yang lebih dikenal dengan tombol tiga garis di bagian kanan atas. Selanjutnya, Anda bisa memilih menu pengaturan/Settings.

  • Langkah selanjutnya adalah dengan mengklik menu keamanan/Security yang ada pada barisan menu-menu.

  • Setelah itu, pilih menu kata sandi/Password pada bagian paling atas.

  • Selanjutnya, pada menu kata sandi akan tersedia tiga kolom kosong. Dari situ, Anda hanya perlu memasukan kata sandi akun Instagram yang sedang dipakai pada kolom pertama. Kemudian pada kolom yang kedua dan ketiga menggunakan kata sandi yang terbaru.

Sebagai rekomendasi, saat memasukkan kata sandi terbaru tersebut ada baiknya memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar kata sandi terbaru Anda dapat lebih aman:

  • Password yang panjang

Tidak ada salahnya untuk menggunakan password yang panjang agar orang lain lebih sulit menebak kata sandi terbaru Anda. Ada baiknya Anda menggunakan paling tidak 12 karakter pada kata sandi baru tersebut. Hal ini berarti, semakin banyak karakter yang Anda gunakan maka semakin kecil risiko peretasan akun yang Anda miliki nantinya.

  • Gunakan karakter khusus

Selain itu, ada baiknya juga bagi Anda untuk menggunakan karakter khusus saat membuat kata sandi terbaru tersebut. Karakter khusus yang dimaksud disini adalah seperti mengubah huruf A dengan kombinasi “@” dan lain sebagainya. Dan yang paling penting adalah tidak menyematkan beberapa kata yang terkait dengan tanggal lahir atau bulan lahir karena hal tersebut sangatlah mudah untuk ditebak.

Nah itulah beberapa hal yang bisa Anda terapkan saat ingin mengubah kata sandi yang lama dengan kata sandi yang baru. Anda bisa menggunakan beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas sesuai dengan urutannya baik itu pada perangkat Android atau perangkat iOS.

Lantas, apa jadinya jika pengubahan kata sandi baru tersebut tidak ingin dilakukan karena takut lupa dengan kata sandi barunya? Jangan khawatir karena Anda masih bisa menggunakan aplikasi bernama password manager. Dengan aplikasi tersebut Anda tidak akan perlu khawatir kelupaan mengenai password yang digunakan.

Untuk menggunakan aplikasi password manager sendiri Anda hanya perlu menginstal-nya melalui Play Store ataupun App Store. Dengan begitu, Anda bisa memiliki akun yang jauh lebih aman dalam hal menyimpan ingatan mengenai password akun secara digital.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *