[Panduan Pemula] Cara Download Dokumen di Google Doc

Google Doc jadi alternatif yang paling tepat jika Anda membutuhkan dukungan tool office yang bisa diandalkan, terintegrasi di berbagai macam platform dan juga kompatibel dengan software sejenis lainnya.

Pada kondisi tertentu, Anda tentu juga memerlukan akses offline ke dokumen yang Anda simpan di Google Doc. Maka, men-download dokumen jadi langkah yang harus ditempuh. Untungnya, Google Doc memungkinkan Anda melakukannya dengan mudah.

  • Jadi, langkah pertama tentu Anda harus masuk ke Google Doc kemudian pilih dokumen yang ingin diunduh, apakah Dokumen, Sheet, atau Slide. Anggap saja Anda ingin men-download file dokumen. Maka, pilih dokumen yang hendak diunduh.

  • Setelah dokumen terbuka, klik File – Download – kemudian pilih format yang Anda inginkan.

  • Terakhir jendela download akan muncul dan Anda bisa lanjut untuk mengunduh dokumen ke komputer.

Bagaimana Jika Anda Tidak Memiliki Akses ke Dokumen?

Skenario ini biasa ditemui, di mana Anda hanya memperoleh akses “melihat” saja, tidak boleh melakukan modifikasi terhadap dokumen terkait. Apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan akses secara penuh tanpa menunggu izin dari pemilik dokumen?

  • Langkah pertama adalah dengan membuat salinan terlebih dahulu. Caranya, klik File – Buat Salinan.

  • Maka akan muncul jendela popup seperti ini. Ubah nama dokumen jika diperlukan, kemudian beri tanda centang ke opsi Bagikan dengan orang yang sama agar pemilik dokumen mendapatkan akses dan terakhir klik Oke.

  • Jadilah Anda mendapatkan akses penuh ke dokumen yang sama namun dokumen ini memiliki riwayat modifikasi yang berbeda dengan dokumen asli.

Setelah akses penuh didapatkan, Anda dapat mengunduh, memodifikasi atau membagikannya dengan orang lain.

Tutorial Google Doc Lainnya

Gambar header Sketchappsources.

Pc
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru