Pemilik Usaha Makanan? Ini 2 Cara Daftar Jadi GoFood Partner

Pemilik Usaha Makanan? Ini 2 Cara Daftar Jadi GoFood Partner

Tertarik mendaftarkan usaha Anda di GoFood? Sebelum Anda mengikuti cara daftar GoFood Partner di bawah ini, pastikan Anda telah membaca dan mempersiapkan syarat-syaratnya. Dengan begitu, proses pendaftaran akan menjadi lebih mudah dan ringkas.

Anda dapat mendaftar sebagai mitra GoFood dengan dua cara, yaitu secara offline dan online. Simak artikel ini hingga selesai untuk tahu selengkapnya.

Baca juga: Daftar GrabFood Merchant dan Jangkau Lebih Banyak Pelanggan

Cara Daftar GoFood Online di Aplikasi GoBiz

GoBiz adalah aplikasi keluaran Gojek yang dibuat khusus untuk menaungi berbagai layanan Mitra Usaha Gojek. GoFood adalah salah satu diantaranya. Itulah mengapa Anda dapat mendaftar sebagai mitra GoFood melalui aplikasi GoBiz. Berikut ini tahap-tahap mendaftar GoFood online.

Tahap Registrasi

Terdapat tiga tahap yang akan Anda lalui untuk mendaftar sebagai mitra GoFood. Tahap pertama adalah tahap registrasi. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Install aplikasi GoBiz pada smartphone Anda.
  • Buka aplikasi GoBiz dan tekan Daftar GoBiz di halaman utama untuk mendaftarkan usaha Anda.

 

Cara daftar gofood

 

  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk melengkapi data usaha Anda. Diantaranya data identitas pemilik, informasi rekening bank, informasi usaha, informasi outlet, dan pilihan layanan.

 

Cara daftar gofood

 

  • Pada bagian pengisian identitas pemilik, masukkan nama sesuai KTP. Lalu, lampirkan foto KTP yang telah Anda siapkan. Isi nomor KTP dan tempat tanggal lahir sesuai KTP.

 

Cara daftar gofood

 

  • Kemudian, pilih Nama Bank dan masukkan Nomor Rekening pada saat pengisian informasi rekening bank. Jika nama pemilik rekening bank berbeda dengan nama pada KTP, maka Anda harus melampirkan buku tabungan atau rekening koran.

 

Cara daftar gofood

 

  • Setelah itu, isi Nama Usaha dan juga Bidang Usaha Anda. Ikuti panduan menulis nama usaha yang ada pada aplikasi GoBiz.

 

Cara daftar gofood

Cara daftar gofood

 

  • Berikutnya, buka dan baca Panduan Penulisan Alamat Lengkap Outlet dan Panduan Upload Foto Outlet dari Luar pada bagian informasi outlet agar tidak terjadi kesalahan saat pengisian.

 

Cara daftar gofood

Cara daftar gofood

Cara daftar gofood

 

  • Lalu, masukkan alamat outlet beserta titik koordinat dan patokan, serta lampirkan foto outlet dari luar.

 

Cara daftar gofood

 

  • Terakhir, pilih layanan yang ingin Anda aktifkan dengan mencentang layanan tersebut.

 

Cara daftar gofood

 

  • Jika semua sudah terisi, klik Simpan dan lakukan verifikasi.

Tahap Verifikasi

Setelah melakukan registrasi, tim GoFood akan melakukan proses verifikasi data usaha Anda selama maksimal 2 hari kerja. Pada tahap verifikasi ini, terdapat tiga kemungkinan, yaitu data usaha Anda disetujui, butuh diperbaiki, atau ditolak.

 

Cara daftar gofood

 

Jika data yang Anda berikan pada saat registrasi tidak memenuhi syarat dan ketentuan GoBiz, data usaha Anda akan ditolak. Untuk melihat alasan lengkap dan cara mengatasinya, Anda bisa melihatnya di sini.

Jika data Anda tidak ditolak namun juga belum disetujui, itu artinya data Anda butuh diperbaiki. Anda akan mendapatkan pemberitahuan untuk memperbaiki data usaha ini di aplikasi GoBiz dan e-mail. Anda akan diberikan waktu selama 14 hari untuk memperbaiki data tersebut.

Jika data usaha Anda disetujui, Anda akan melihat notifikasi pada aplikasi GoBiz atau pemberitahuan melalui e-mail yang telah Anda daftarkan. Lalu, Anda bisa melakukan proses selanjutnya, yaitu aktivasi.

Tahap Aktivasi

Apabila Anda telah lolos tahap verifikasi, Anda akan diminta untuk melengkapi data outlet dengan mengikuti langkah berikut ini:

  • Pada halaman Profil restoran, tambahkan foto profil restoran dengan menekan Tambah pada Foto profil restoran. Ikuti ketentuan yang tercantum pada aplikasi GoBiz.

Cara daftar gofood

Cara daftar gofood

 

  • Setelah itu, tambahkan kategori makanan untuk restoran Anda dengan klik Tambah di samping bagian Kategori makanan. Lalu, klik Simpan.
  • Selanjutnya, atur jam operasional restoran Anda setiap hari dengan klik Ubah. Anda harus memasang jam operasional restoran Anda minimal 3 hari dalam seminggu dan 3 jam setiap harinya.

 

Cara daftar gofood

 

  • Kemudian, tambahkan daftar menu untuk dilihat pelanggan Anda. Tekan Tambah Kategori untuk menambahkan kategori menu dan menu makanan. 

 

Cara daftar gofood

 

  • Pada saat pengisian menu makanan, berikan foto makanan dengan klik tambah Foto. Pastikan makanan terlihat menarik dan jelas pada gambar. Lihat ketentuan foto berikut ini agar Anda tidak salah.

 

Cara daftar gofood

Cara daftar gofood

 

  • Lalu, isi nama menu, deskripsi serta harga menu makanan.
  • Setelah selesai melengkapi data outlet dan menu makanan, maka restoran Anda akan aktif di GoFood.

Berikut ini adalah video panduan oleh Mitra Usaha Gojek terkait pendaftaran mitra GoFood secara mandiri di aplikasi GoBiz.

Video Pendaftaran GoFood di Aplikasi GoBiz

Cara Daftar GoFood secara Offline

Selain melalui aplikasi GoBiz secara online, Anda juga dapat mendaftar sebagai mitra GoFood langsung di kantor Gojek terdekat. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti 4 langkah ini.

  • Buat pengajuan pendaftaran mitra GoFood di kantor Gojek.
  • Isi formulir pengajuan yang diberikan pihak Gojek dan lampirkan dokumen persyaratan.
  • Pihak GoFood akan melakukan survey ke outlet usaha Anda.
  • Jika pengajuan disetujui, Anda akan diminta untuk menandatangani kontrak.

Demikian cara untuk daftar jadi mitra GoFood atau yang sering disebut dengan GoFood Partner. Apabila restoran Anda telah aktif di GoFood, Anda bisa mulai melakukan promosi dan memasang logo GoFood pada banner usaha Anda.

Dengan menjadi GoFood Partner, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan karena pelanggan yang jauh sekalipun dapat menjangkau usaha Anda melalui aplikasi Gojek. Menarik, bukan? Selain GoFood, Anda juga bisa mendaftarkan usaha makanan Anda di GrabFood dengan mengikuti cara di sini. Semoga berhasil!

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *