[Panduan Pemula] Cara Daftar Akun Tokopedia ReksaDana Menggunakan Smartphone

Fase ini wajib dituntaskan terlebih dahulu sebelum mulai berinvestasi di Tokopedia ReksaDana
Tokopedia ReksaDana

Investasi ReksaDana tidak hanya bisa dilakukan secara konvensional. Anda sekarang bisa membeli dan menjual ReksaDana melalui smartphone tanpa harus meninggalkan rumah, misalnya menggunakan BukaReksa di aplikasi BukaLapak atau Tokopedia ReksaDana.

Di panduan sebelumnya, saya sudah memberikan arahan bagaimana berinvestasi ReksaDana di BukaLapak. Supaya berimbang, kali ini saya ingin menunjukkan bagaimana melakukan invstasi yang sama di TokoPedia.

Tetapi, sebelum dapat membeli ReksaDana, fase pertama yang harus dituntaskan terlebih dahulu adalah membuat akun di sana. Proses ini tidak bisa instan, karena harus menunggu persetujuan dari pihak TokoPedia sehingga harus saya pisah dengan proses investasinya.

  • Jalankan aplikasi TokoPedia, jika belum punya unduh dan install terlebih dahulu.
  • Setelah terinstall, buat akun di Tokopedia, ikuti tutorial ini untuk petunjuk lebih lengkap.
  • Sekarang, saatnya membuat akun Tokopedia ReksaDana. Jalankan aplikasi dari awal, kemudian tap menu Keuangan – Reksa Dana.

Screenshot_2018-07-24-14-40-31-561_com.tokopedia.tkpd

 

  • Di jendela baru, tap tombol Mulai Investasi.

Screenshot_2018-07-24-14-48-38-277_com.tokopedia.tkpd

 

  • Lengkapi formulir yang diminta, pastikan datanya valid.

Screenshot_2018-07-24-14-50-20-712_com.tokopedia.tkpd

 

  • Di bagian bawah, Anda juga akan diminta mengunggah kartu identitas dan tanda tangan digital. Apabila sudah terisi dengan benar, tap tombol Selesai.

Screenshot_2018-07-24-14-50-46-361_com.tokopedia.tkpd

 

  • Selesai, permohonan akun Anda sedang diproses. Tokopedia akan mengirimkan email pemberitahuan apakah permohonan Anda diterima atau ditolak.

Screenshot_2018-07-24-14-51-07-528_com.tokopedia.tkpd

Lalu, apa yang harus dilakukan jika pendaftaran ditolak?

Sebenarnya tidak ada istilah ditolak. Yang benar belum disetujui. Tokopedia mempunyai kebijakan yang harus dipenuhi oleh pendaftar, misalnya tanda tangan digital harus sama dengan KTP, atau berkas KTP harus terlihat jelas dan lain sebagainya.

Di dalam email pemberitahuan nantinya, Tokopedia juga akan menyertakan keterangan mengapa akun belum bisa disetujui. Bagian itulah yang nantinya bisa Anda perbaiki melalui aplikasi yang sama.

Mobile
oleh Bambang Winarso
Placement Ads
Artikel Terbaru