4 Cara Cek Tagihan Listrik PLN dengan Smartphone

4 Cara Cek Tagihan Listrik PLN dengan Smartphone

Membayar tagihan listrik PLN menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan setiap bulan, maka dari itu penting untuk kita tahu bagaimana cara cek tagihan listrik PLN yang kita miliki.

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bagaimana cara untuk dapat mengecek tagihan listrik PLN milik mereka.

Untuk membantu Anda, kami telah merangkum beberapa cara yang dapat Anda coba untuk dapat mengetahui informasi tagihan listrik yang Anda punya. Simak penjelasannya di bawah ini!

Cek Tagihan Listrik Via SMS

Cara pertama yang dapat dicoba untuk dapat mengetahui jumlah tagihan listrik milik Anda adalah dengan melalui SMS.

Melalui cara ini, Anda juga dapat berlangganan setiap bulannya untuk mendapatkan pemberitahuan tentang informasi tagihan listrik.

Cara cek tagihan listrik per bulan :

Ketik “Rek (spasi) No ID Pelanggan”  pada bagian body pesan lalu kirim ke nomor 8123

cara cek tagihan pln di hp

Cara berlangganan informasi tagihan listrik :

Ketik “PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan” pada bagian body pesan lalu kirim ke nomor 8123. Untuk memberhentikan nya, Anda dapat mengirim SMS ke nomor yang sama namun formatnya beurbah menjadi “PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan”

Cek Tagihan Listrik Via Telepon

Cara ke-2 yang dapat Anda coba adalah dengan menghubungi nomor PLN di 123. Untuk dapat menggunakan cara ini, Anda juga harus mencantumkan kode area sesuai dengan area asal Anda. Sebagai contoh untuk daerah Jakarta Anda dapat menghubungi (021)-123.

Selanjutnya operator akan memberikan Anda arahan serta petunjuk yang harus Anda ikuti. Sayangnya, dengan menggunakan cara ini, Anda akan dikenakan tariff secara normal.

Cek Tagihan Listrik Via Aplikasi PLN

PLN memberikan kemudahan bagi masyarakat dengan menghadirkan aplikasi digital yang dapat mempermudahan masyarakat untuk dapat menikmati layanan PLN, seperti mempermudah untuk mengecek tagihan listrik, berikut langkah-langkahnya :

  • Unduh aplikasi PLN Mobile di App Store ataupun Google Play Store
  • Buka aplikasi. Jika Anda belum mempunyai akun, maka silahkan daftar terlebih dahulu. Namun, untuk mempermudah, Anda bisa login dengan menggunakan akun Google pribadi Anda.

Cek Tagihan Listrik Via Aplikasi PLN

  • Setelah itu, jika Anda baru pertama kali login, Anda akan diminta untuk mengisi nomor handphone untuk memperlengkap profile.
  • Kemudian pada layar utama aplikasi, silahkan pilih logo atau tulisan “Token & Tagihan”
  • Lalu Anda hanya perlu mengisi nomor meteran atau nomor ID pelanggan milik Anda.

Cek Tagihan Listrik Via Contact Center PLN

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghubungi beberapa contact center PLN yang terlah tersedia, di antaranya :

jika ada keluhan ataupun pertanyaan lain, Anda bisa menghubungi ke-3 kontak PLN di atas .

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *