6 Cara Cek Keaslian Smartphone Samsung

6 Cara Cek Keaslian Smartphone Samsung

Penting untuk menguasai teknik cara cek Hp Samsung asli atau palsu, tidak hanya agar Anda terhindar dari produk KW tapi juga untuk melindungi keluarga serta kolega agar tidak mengalami nasib yang sama.

Alasan berikutnya, karena memang tidak bisa ditolak bahwa ada banyak nya smartphone palsu bermerk Samsung yang beredar di kalangan masyrakat.

Perkembangan zaman yang terus berkembang membuat hampir seluruh masyarakat memiliki setidaknya 1 smartphone yang sering mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Eksistensi smartphone Samsung di Indonesia tidak bisa di pungkiri lagi.

Pasalnya, walaupun sudah banyak merek smartphone yang bermunculan, Samsung sudah terlebih dahulu memiliki pasar sendiri di Indonesia.

Hal ini kemudian dilihat sebagai sebuah peluang bagi para oknum yang tidak bertanggung jawab. Banyak dari mereka yang membuat replika smartphone khususnya Samsung yang menyerupai bentuk aslinya, atau bisa dibilang sebagai KW super.

Lalu, bagaimana cara yang dapat kita lakukan untuk dapat mengetahui apakah smartphone Samsung yang kita gunakan asli atau palsu? Simak penjelasannya di bawah ini!

Cara cek smartphone Samsung asli atau palsu :

Cek nomor IMEI

Cara mengecek keaslian smartphone Samsung pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengecek nomor IMEI. Nomor IMEI di setiap smartphone tentunya tidak sama alias berbeda. IMEI sendiri merupakan nomor identitas khusus yang digunakan untuk mengidentifikasi keaslian sebuah ponsel.

Nomor ini biasanya terdiri dari 14 digit dengan tambahan digit ke 15 yang digunakan untuk memverifikasi ulang seluruh digit sebelumnya.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk dapat mengecek nomor IMEI smartphone Anda. Namun, kami akan menjabarkan salah satu cara yang dapat Anda gunakan yaitu dengan menggunakan kode dial up

  • Ketik *#06# pada menu panggilan
  • Kemudian akan muncul nomor IMEI pada layar smartphone Anda.
  • Langsung cocokkan dengan nomor yang ada pada kotak smartphone. Atau, Anda juga bisa mengeceknya melalui situs https://www.imei.info

Cek nomor IMEI

Anda juga membaca panduan ini: cara cek nomor Imei.

Test LCD

Cara ke-2 yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengetes LCD nya.

  • Ketik *#0*# pada menu panggilan
  • Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Anda bisa mengetahui beberapa informasi dari LCD test ini, seperti layar sentuh, kamera, suara, getaran, warna pada ponsel dan lain sebagainya.

Test LCD

  • Jika tidak muncul tampilan seperti gambar di atas, maka bisa di pastikan smartphone Samsung milik Anda adalah palsu atau replika

Cek Tipe Hp Samsung

Untuk lebih meyakinkan tipe smartphone yang Anda beli, Anda dapat menggunakan cara yang satu ini. Selain itu, cara ini juga dapat digunakan untuk mengetahui apakah tipe smartphone Samsung yang kita miliki asli atau hanya replika.

  • Ketik *1234# pada menu panggilan
  • Kemudian akan muncul informasi AP, CP, CSC, dan yang terakhir adalah model atau tipe smartphone Samsung milik Anda.

Cek Tipe Hp Samsung

  • Pastikan tipe yang keluar merupakan tipe smartphone Samsung yang asli atau sesuai dengan yang Anda beli.

Cek Spesifikasi

Selanjutnya cara yang dapat Anda coba adalah dengan mengecek spesifikasinya. Spesifikasi smartphone Samsung asli akan sama dengan spesifikasi resmi yang dirilis oleh Samsung

  • Buka menu setting pada smartphone

Cek Spesifikasi

  • Cari menu “About Phone/About Device” , lalu klik.
  • Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah, kemudian Anda juga bisa langsung mencocokkan spesifikasi yang ada di smartphone dengan  spesifikasi resmi yang dirilis oleh Samsung

Cek Spesifikasi

Cek Fisik Smartphone

Salah satu perbedaan yang tidak terlalu terlihat antara smartphone asli dengan replika terletak pada bagian body smartphone. Maka dari itu penting untuk kita bisa mengenal dengan benar perbedaan body smartphone yang asli dengan yang KW, terlebih jika smartphone nya tergolong dalam kategori KW super.

Semua smartphone yang dikeluarkan oleh Samsung dibuat dengan menggunakan material yang berkualitas,selain itu dibalut dengan body yang tebal dan juga kuat . Jika Anda merasa bahwa material yang digunakan murahan, contohnya saat di genggam terasa seperti plastik, maka bisa dipastikan bahwa Samsung milik Anda adalah palsu.

Selain itu, pada bagian layar smartphone, Samsung asli memiliki kualitas layar yang cerah sedangkan Samsung yang replika akan menampilkan warna kusam. Maka dari itu cara ini merupakan cara penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli smartphone.

Sambungkan ke Samsung KIES

Cara terakhir yang dapat Anda coba untuk mengetahui keaslian smartphone milik Anda adalah dengan menghubungkannya ke Samsung KIES. Samsung KIES merupakan aplikasi khusus pengguna Samsung yang fungsinya adalah untuk mengecek spesifikasi dan originalitas produk.

Cara menggunakannya pun mudah:

  • Unduh aplikasi KIES pada laptop melalui situs resmi Samsung di https://www.samsung.com/id/support/kies/
  • Setelah berhasil, sambungkan smartphone Samsung milik Anda menggunakan kabel data ke laptop
  • Tunggu beberapa saat hingga layar laptop Anda menunjukkan informasi smartphone Samsung yang telah terhubung. Apabila informasi tersebut tidak muncul, maka bisa dikatakan bahwa smartphone Samsung milik Anda adalah palsu.

Artikel Menarik Lainnya

1 Comment

  • […] dengan apa itu NFC, padahal sebagian dari kita mungkin saja sudah melakukan transaksi menggunakan smartphone. Sehingga secara tidak langsung, sebenarnya kita sudah bersentuhan dengan teknologi […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *