Cara Cek DA dan PA Domain Blog

Domain authority (DA) dan page authority (PA) merupakan indikator atau skoring yang dikeluarkan oleh Moz untuk mengukur kualitas sebuah situs dengan metrik yang beragam, salah satunya adalah backlink.

Salah satu cara melihat atau cek DA dan PA blog adalah dengan memasang ekstensi resmi dari Moz. Tetapi jika Anda tidak selalu membutuhkan informasi ini, atau dengan kata lain Anda hanya butuh sesekali saja, maka cara alternatif ini bisa dicoba.

Websiteseochecker

Opsi pertama untuk cek DA dan PA blog adalah dengan menggunakan layanana Websiteseochecker yang tersedia secara gratis.

  • Pertama-tama, akses situs Websiteseochecker, kemudian ketikkan URL blog ke dalam kotak kosong yang disediakan. Beri tanda centang pada tool anti spam dan klik tombol Check.

cara cek da dan pa blog

  • Tunggu beberapa menit sampai keluar hasilnya seperti ini.

cara cek da dan pa blog

Di tabel hasil pengecekan DA dan PA, terdapat beberapa parameter. Yang saya tandai dengan kotak merah adalah skor DA dan PA blog Anda. Sedangkan tabel lainnya menunjukkan metrik lain yang tidak berhubungan dengan otoritas blog kita tetapi bisa jadi sumber informasi yang juga bermanfaat, misalnya skor Alexa, umur domain dan juga skor spam.

SmallSEOTools

Opsi kedua, Anda juga bisa cek DA dan PA domain menggunakan situs SmallSEOTools yang juga tersedia secara gratis.

  • Akses web-nya di link ini, kemudian masukkan domain Anda dan klik Check.

cara cek da dan pa blog

  • Tunggu beberapa detik sampai muncul hasil pengecekan seperti ini. Nilai DA dan PA saya tandai dengan kotak warna merah.

cara cek da dan pa blog

Di situs ini, informasi metrix jauh lebih sederhana namun Anda bisa melihat parameter lain dengan mengklik tombol More di kolom Info.

Gambar header Wpklik.

Web
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru