Cara Berbagi Layar Saat Live Streaming di Facebook Live

Facebook Live adalah fitur yang memungkinkan pengguna Facebook membuat siaran langsung atau live streaming dari ponsel atau PC. Di masa pandemi yang tampaknya belum akan berakhir dalam waktu dekat memunculkan kebiasaan baru di mana orang suka untuk membagikan ilmu atau membuat kelas menggunakan layanan streaming.

Facebook Live menjadi salah satu opsi yang banyak dipakai, karena orang tidak perlu lagi memasang aplikasi tambahan. Pengguna juga tidak perlu mempelajari dari awal bagaimana cara kerja aplikasi tersebut.

Yang cukup menarik dari Facebook Live, Anda juga bisa membagikan layar atau screen sharing sehingga penonton Anda bisa melihat pemaparan yang Anda perlihatkan dengan PC. Sayangnya, fitur ini hanya bisa dijumpai di browser PC.

  • Jalankan browser kemudian masuk ke akun Facebook Anda seperti biasa.
  • Buat status baru, tapi kali ini pilih opsi Live Video.

  • Maka Anda akan disambut jendela popup seperti ini. Lanjutkan saja dengan mengklik tombol Next.

  • Ketika panel live streaming sudah terbuka, klik tombol Start Scree Share.

  • Ketika ada popup permintaan izin, ubah ke opsi Entire Screen agar lebih leluasa. Lalu klik tombol Allow.

  • Nah sekarang layar Anda sudah dapat posisi dibagikan, terlihat di jendela utama live streaming. Selanjutnya, klik tombol Go Live untuk memulai siaran.

  • Untuk mengakhiri, klik tombol End Live Video.

  • Di langkah terakhir, video akan disimpan di linimasa. Untuk melihat hasilnya, klik View Post (1). Sedangkan untuk menghapus video, klik Delete Video and Return to News Feed (2).

Fitur ini jelas sangat bermanfaat untuk pengguna Facebook yang kesulitan menggunakan aplikasi seperti Google Meet atau Zoom. Sayangnya, Anda tidak bisa beralih dari mode berbagi layar ke mode kamera dalam satu sesi siaran. Jadi, ketika dari awal Anda sudah membagikan layar, maka sampai akhir yang terlihat hanya layar dan suara Anda saja.

Internet
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru