Blogger Blueprint Episode 1: Tips Membuat Blog Dari Nol Yang Benar

Panduan lengkap membangun blog berkualitas baik
Blogger Blueprint Episode 1: Tips Membuat Blog Dari Nol Yang Benar

Sobat tentu pernah mendengar istilah Blogger, TRL juga pernah sedikit mengulas apa itu Blogger dan bidang apa yang digeluti oleh mereka. Sebelum masuk ke materi perlu saya jelaskan bahwa ini adalah kolom baru “Serial” yang nantinya berisi tutorial-tutorial lengkap dari awal hingga habis. Setiap minggu akan dirilis satu serial, sampai di akhir bulan sehingga genap 4 serial.

Serial ini sengaja penulis membuat judul Blogger Blueprint sebab pembahasan ini dapat menjadi acuan bagi sobat yang ingin membangun sebuah blog dari nol.

Kita akan membahas banyak hal, apa saja? Tentu tidak semua kita bahas di sini, total akan ada 4 seri tulisan. Nah, di serial pertama ini kita akan berbicara banyak mengenai faktor, hal-hal penting dan tips membuat blog yang akan menentukan keberhasilan proyek Anda.

 

 

Info Menarik: Program Baru Trenologi: Ask The Expert

 

 

Langkah Pertama: Pilih Topik

Memilih topik sama dengan memilih jalan hidup Anda, pilihan yang salah akan membuat hidup blog Anda pun tak punya prospek dan kejelasan. Ada banyak topik yang bisa Anda garap, tetapi beberapa kriteria ini bisa jadi pertimbangan.

  • Do what you love, lakukan apa yang Anda suka sebab biasanya melakukan sesuatu yang kita sukai, kita akan lebih total dan gembira menjalaninya.
  • Tapi, kendati Anda memilih topik yang sangat Anda sukai Anda tetap harus pertimbangkan kira-kira topik tersebut punya pasar/pembaca tidak. Misalnya Anda suka membuat patung, coba Anda perkirakan berapa orang yang punya kegemaran seperti Anda. Mungkin ada banyak, tapi coba bandingkan bila Anda memilih kategori teknologi, atau otomotif. Perbandingannya saya yakin bisa 1 berbanding 500.
  • Pilih topik yang tidak musiman, misalnya topik tentang momen Natal. Membahas cerita atau apapun terkait Natal mungkin bagus, tapi hanya akan populer di akhir tahun.
  • Pilih topik yang tidak menyulitkan Anda dalam mencari bahan tulisan. Misalnya tulisan tentang hukum pidana dan spesifikasi notebook, menurut Anda mana yang paling mudah menemukan referensi?
  • Tentukan target pembaca, apakah dalam negeri atau luar negeri.

Langkah Kedua: Riset

Wah, kedengarannya serius, teknis dan njelimet ya? Tenang dulu. Tidak semua pekerjaan berjudul riset itu berat dan sulit. Untuk perkara blogging ini risetnya sangat mudah. Sebenarnya kita sudah pernah membahas ini ya beberapa waktu yang lalu, bisa Anda baca di tautan ini. Sebaiknya baca dahulu artikel tersebut sebelum melanjutkan ke tips di bawah ini.

  • Gabungkan dua keyword terkait menjadi judul artikel. Misalnya:

– Keyword utama: harga hp Samsung
– Keyword terkait: daftar harga Samsung
– Keyword terkait 2: harga samsung galaxy S5 terbaru

Gabungkan menjadi: Daftar harga Samsung Galaxy S5 Terbaru

  • Usahakan kompetisinya berlabel Low atau Middle
  • Riset kata kunci dalam jumlah banyak agar ke depan tidak perlu riset lagi.

Mengapa sih harus riset? Riset sangat penting sebab dengan melakukan riset kita dapat mengetahui bahwa tulisan yang akan kita buat memang dicari oleh pembaca. Percuma tulisan Anda bagus tetapi tak ada satupun yang membutuhkannya. Tapi bukan lantas Anda boleh menulis asal-asalan mentang-mentang sudah riset ya.

Riset selain untuk memperoleh gambaran minat pembaca juga dapat untuk menentukan topik, dengan catatan Anda belum mendapatkan pilihan topik di langkah pertama.

 

 

Info Menarik: Ini Dia Layar Sentuh OLED Yang Bisa Dilipat Tiga

 

 

Langkah Ketiga: Beli Domain dan Install CMS

Langkah selanjutnya setelah topik dan riset Anda lakukan adalah membeli domain dan memasang CMS di hosting Anda. Jadi ada 2 hal yang Anda butuhkan.

  • Domain
  • Hosting

Domain dan hosting hanya dapat diperoleh dengan membeli. Ada banyak penyedia domain dan hosting di Indonesia, Anda cari saja di Google Search atau minta rekomendasi ke teman yang paham.

Untuk menginstal CMS saya sarangkan memakai WordPress, tutorialnya bisa Anda baca di tautan ini. Tapi mas saya tidak punya modal untuk membeli hosting dan domain. Alternatifnya bisa menggunakan blog gratisan misalnya Blogger.com, caranya ada di tautan ini. Jika masih butuh alternatif blog gratisan, bisa Anda temukan di pembahasan sebelumnya di tautan ini.

Langkah kedua dan ketiga sebenarnya dapat Anda ubah urutannya, tak jadi soal toh nanti setelah blog terinstal CMS Anda tetap melakukan riset untuk mencari topik tambahan. Seberapa sering? Tergantung seberapa banyak konten yang ingin Anda buat. Lalu bagaimana dengan web berita yang tidak memungkinkan untuk dilakukan riset terlebih dahulu.

Untuk menjawab pertanyaan ini kita harus masuk ke bagian kedua minggu depan yang bahasannya fokus ke SEO On Page. Saya beri bocoran sedikit, di serial kedua kita membahas langkah lanjutan setelah domain dan cms terpasang meliputi pemilihan plugin, tema dan optimasinya. Jadi, stay tuned dan jangan ketinggalan berita atau topik lain yang ada di Trenologi.

Oya, satu lagi nih. TRL punya program baru yang keren namanya Ask the Expert. Program atau kolom ini dibuat agar sobat Trenogoers dapat bertanya tentang banyak hal seperti Games, trik smartphone, internet dan SEO atau bisa juga masalah perangkat Windows Phone, iOS dan sosial media. Baca di sini untuk keterangan yang lebih lengkap. Ok, sampai jumpa hari Senin depan!

Gambar header modifikasi dari revenuearchitects.

Mobile
oleh Bambang Winarso
Placement Ads
Artikel Terbaru