Gandeng UGM, Blibli Gelar Kelas Kewirausahaan Sosial untuk Bantu UKM Go Digital

 Gandeng UGM, Blibli Gelar Kelas Kewirausahaan Sosial untuk Bantu UKM Go Digital

Dunia digital sangat berperan dalam membantu UKM menjangkau lebih banyak pasar, terlebih di masa pandemi sekarang ini. Untuk membantu UKM agar lebih melek digital, Blibli bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar edukasi kewirausahaan dan e-commerce dalam Kelas Kewirausahaan Sosial.

Ini adalah program inisiatif dari Kementerian Sekretariat Negara dan diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada, bertujuan untuk mencetak generasi muda yang dapat memberikan kontribusi langsung terhadap pengembangan dan pemberdayaan UMKM sebagai pendorong ekonomi nasional.

Partisipasi Blibli dalam program ini sejalan dengan komitmennya sebagai e-commerce lokal yang mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia. “Kami melihat begitu besarnya kesempatan yang dapat diraih oleh pelaku UMKM ketika memanfaatkan platform online. Pandangan inilah yang mendorong kami untuk terus mendukung program Gernas BBI sejak tahun lalu,” kata Aji Hogantara, Sr. Manager Merchant Activation & Engagement Blibli sekaligus Penanggung Jawab Program Social E-Compreneur.

Yohanes Lukiman, Vice President of Business Development Blibli hadir sebagai pemateri di sesi pertama kelas bertajuk “Social E-Compreneur”

Melalui program ini, Blibli berharap UKM dan peserta dapat memahami secara utuh mengenai kewirausahaan serta lanskap e-commerce.

“Dengan mempersiapkan generasi muda dengan sejumlah skill di Kelas Kewirausahaan Sosial UGM ini, harapannya semakin banyak sumber daya yang dapat mengakselerasi digitalisasi para pelaku UMKM di Indonesia,” tutup Aji Hogantara.

Dalam kelas ini, terdapat 13 sesi yang berlangsung mulai bulan Februari 2021, di antaranya membahas topik tentang pemanfaat ecommerce untuk UMKM. Sejumlah tenaga ahli dari Blibli akan ikut ambil bagian memberikan materi melalui metode student-based learning, project based learning, dan fun learning.

Di dalam sesi pembelajaran, nantinya mahasiswa dan masyarakat umum yang menjadi peserta diberi kesempatan mengajukan proposal proyek di akhir program, dengan memanfaatkan aplikasi ilmu yang disampaikan sepanjang sesi kelas “Social E-compreneur”.

George Adrianus, Photography Production Lead Blibli, tengah memberikan materi mengenai fotografi produk.

Bagi mereka yang terpilih akan ditunjuk sebagai Kakak Asuh, program kolaborasi Blibli dengan Kementerian Koperasi dan UMKM RI dan Smesco yang bertujuan membantu UMKM atau Adik Asuh untuk naik kelas melalui platform digital. Program Kakak Asuh UMKM ini sejalan dengan program Gernas BBI yang mendorong percepatan digitalisasi UMKM.

Bayu Dardias Kurniadi, Dosen Pengampu Mata Kuliah Inovatif Kewirausahaan Sosial UGM mengatakan, “Gagasan awal diadakannya Kelas Kewirausahaan Sosial ini adalah agar anak muda dapat mengidentifikasi masalah sosial yang ada di sekitarnya, dipadu dengan kemampuan kewirausahaan.  Langkah Blibli yang merangkul para peserta untuk ikut membimbing pelaku UMKM dalam melakukan digitalisasi, merupakan cara bagi para generasi muda ini untuk menjadi bagian dari solusi yang konkret.”

Tidak hanya ambil bagian dalam Kelas Kewirausahaan Sosial ini saja, Blibli juga berkomitmen mendukung pemberdayaan UMKM dengan meluncurkan kategori Galeri Indonesia yang akan mengkurasi produk-produk terbaik untuk ditampilkan di sana.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *