Binar Academy Gelar Digital Talent Accelerator & Job Connect, Hubungkan Perusahaan dan Talenta Digital

Binar Academy Gelar Digital Talent Accelerator & Job Connect, Hubungkan Perusahaan dan Talenta Digital

Ekonomi digital di Indonesia tumbuh paling pesat dibandingkan sektor lainnya. Menurut data yang dipaparkan dalam rilis pers, ekonomi digital di tanah air mencapai US$124 miliar pada tahun 2025, atau naik dari US$44 miliar dari tahun 2020.

Pertumbuhan ini terbilang menggembirakan karena diraih ketika dunia masih dalam kondisi sulit menghadapi pandemi Covid-10. Pertumbuhan ekonomi digital diproyeksikan sebesar 10% di tahun 2020. Karenanya, terjadi peningkatan persaingan bisnis antar perusahaan pun meningkat dan untuk terus bisa bersaing, perusahaan dituntut untuk bertransformasi digital. Beberapa laporan mengemukakan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah hambatan nomor dua tertinggi untuk transformasi digital karena beberapa perusahaan masih memiliki SDM yang belum berorientasi digital.

Sebagai salah satu solusi konkrit, Binar Academy menggelar Digital Talent Accelerator dan Job Connect. Event Digital Talent Accelerator diharapkan dapat memperbaiki kemampuan para karyawan internal khususnya di bidang digital. Sedangkan Job Connect dirancang untuk mempermudah perusahaan mendapatkan talenta-talenta digital baru yang akan berguna untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka.

“Saat ini, beberapa perusahaan dihadapkan oleh beberapa masalah menyangkut SDM mereka. Untuk itulah kami hadir, membantu perusahaan-perusahaan bertransformasi secara digital dari sisi SDM karena kami percaya SDM adalah kunci utama untuk mendorong transformasi digital. Dengan semangat untuk menciptakan dampak positif melalui Digital Talent Accelerator, Binar Academy berkomitmen untuk melahirkan talenta-talenta digital untuk terjun ke industri digital yang sedang booming saat ini,” kata Alamanda Shantika – CEO Binar Academy.

Digital Talent Accelerator menawarkan sejumlah program pelatihan yang berhubungan erat dengan penciptaan produk, mencakup pembuatan aplikasi, desain aplikasi, pengelolaan aplikasi dan lain-lain. Peningkatan kemampuan ini akan membantu perusahaan untuk membangun sendiri ekosistem digital, atau meningkatkan kemampuan terkait di bidang digital.

Program pelatihan di sini tidak hanya berhubungan dengan hard-skill  tapi juga sejumlah program workshop untuk meningkatkan kemampuan soft-skill sebagai penyeimbang. Keduanya diperlukan agar perusahaan dapat mengimplementasikan teknologi ke dalam internal sekaligus menyerap teknologi-teknologi terbaru.

“Selain membina, kami melihat banyak perusahaan yang datang ke Binar memiliki masalah dalam mencari talenta-talenta baru yang sudah memiliki keterampilan digital. Solusi Job Connect kami akan memberikan platform untuk mencari talenta yang telah dibekali oleh digital skill serta soft skill yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dimana pun, kapan pun,” tambah Alamanda.

Job Connect tersedia dalam dua skema rekrutmen yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Skema pertama, perusahaan dapat menggunakan lulusan asli Binar Academy yang sudah mengeyam pendidikan dan pelatihan. Atau, perusahaan dapat mencari telenta di luar tetapi sudah melewati proses kurasi oleh tim Binar Academy. Talenta-talenta dari Job Connect langsung siap untuk melakukan transformasi digital perusahaan tanpa perlu menjalani pelatihan internal.

Hingga saat ini, Binar Academy telah meluluskan lebih dari 4.000 talenta dari Binar Academy Bootcamp. Binar Academy juga telah dipercaya oleh lebih dari 70 perusahaan untuk memberikan solusi serta membantu meningkatkan keterampilan karyawan internal mereka. Salah satunya adalah program Telkomsel Software Developer Academy yang merupakan program kolaborasi antara Telkomsel dengan Binar Academy yang berbentuk program peningkatan kompetensi dan kapabilitas digital.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *