Berkenalan dengan Luminar AI, Software Edit Foto Profesional Kekinian Berbasis Kecerdasan Buatan

 Berkenalan dengan Luminar AI, Software Edit Foto Profesional Kekinian Berbasis Kecerdasan Buatan

Skylum telah resmi mengumumkan Luminar AI, software edit foto profesional kekinian yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan tool baru berbasis kecerdasan buatan. Tujuannya adalah untuk mengotomatiskan proses, menghemat waktu fotografer tanpa menghilangkan input kreatif dari fotografer.

Inti dari Luminar AI ialah sistem template baru yang secara otomatis memindai dan menganalisis setiap foto Anda, mengidentifikasi subjek dan mencari area yang bermasalah. Kemudian Luminar AI akan merekomendasikan beberapa template khusus yang cocok dan kita bisa menyesuaikan lagi bila perlu.

Asisten AI bawaan pada template akan melihat hubungan antara semua elemen dalam foto, berkat 3D depth mapping. Template yang dimiliki Luminar AI dirancang dengan bantuan banyak fotografer dan editor foto untuk mencapai pengeditan dan peningkatan yang sangat spesifik pada komponen individu dari sebuah foto.

Template tersebut dapat dijadikan sebagai titik awal atau titik akhir. Bila Anda tidak ingin menghabiskan waktu untuk mengedit foto secara manual, Luminar AI berjanji akan memberi Anda opsi itu tanpa mengorbankan kualitas.

Untuk fotografer portrait, memproses dan memperbaiki foto portrait bisa menjadi proses yang memakan waktu. Luminar AI miliki banyak tool yang dirancang untuk mempercepat proses editing. Seperti Face AI yang dapat menyempurnakan wajah subjek, Iris AI untuk retouching mata, Iris AI untuk mengubah bentuk tubuh subjek secara halus, dan Skin AI untuk mempercepat retouching kulit seperti menghilangkan jerawat dan mengurangi minyak di kulit.

Sementara bagi fotografer landscape, Anda bisa mempercantik foto menggunakan Sky AI dan Atmosphere AI. Dengan Sky AI memungkinkan meningkatkan detail yang ada di langit atau menggantinya, termasuk mendukung pantulan di air. Sedangkan Atmosphere AI memungkinkan untuk menambahkan efek realistis seperti fog, mist, dan haze – sambil secara otomatis mengenali elemen dalam foto dan didukung 3D depth mapping yang unik untuk memastikan hasil foto yang realistis.

Kemudian ada tool Accent AI yang secara cerdas menerapkan berbagai penyesuaian berdasarkan gambar yang dipilih. Composition AI yang menyarankan framing berdasarkan aturan komposisi yang berbeda, termasuk rule of thirds. Serta, perbaikan yang lebih umum lainnya termasuk Local Adjustments, Eraser, Clone & Stamp, Color Harmony, dan banyak lagi.

Luminar AI tersedia untuk dibeli dengan lisensi seumur hidup US$79 atau sekitar Rp1,1 juta untuk satu komputer dan US$99 atau Rp1,4 jutaan untuk dua komputer. Luminar AI juga dapat dibeli bersamaan dengan Luminar X Membership dengan biaya tahunan tambahan US$59. Luminar AI juga tersedia sebagai plugin untuk Adobe Lightroom Classic dan Photoshop, serta dapat digunakan sebagai ekstensi untuk Apple Photos.

Sumber: DPreview

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *