Berkat Netflix Kids Activity Report, Orang Tua Bisa Lebih Memahami Tayangan Favorit Anak-Anaknya

Berkat Netflix Kids Activity Report, Orang Tua Bisa Lebih Memahami Tayangan Favorit Anak-Anaknya

Bagi sebagian pasangan yang sudah memiliki anak, meme “Netflix and chill” mungkin punya implikasi yang agak berbeda; bukannya bersantai berduaan sambil menonton Netflix, melainkan mempersilakan anak-anak menonton Netflix supaya mereka dapat bersantai berduaan meski hanya sejenak.

Berkat fitur parental control Netflix yang cukup komplet, mereka bisa membuatkan profil khusus untuk anak-anaknya, sehingga konten yang dapat ditonton hanyalah yang relevan buat mereka. Menariknya, Netflix sekarang juga menyediakan fitur agar para orang tua bisa lebih memahami konten-konten apa saja yang dikonsumsi oleh buah hatinya.

Fitur tersebut dinamai Kids Activity Report, dan di dalamnya Netflix mencoba memberikan gambaran terkait tipe konten yang paling banyak dikonsumsi oleh sang anak, lengkap beserta karakter favoritnya. Laporan merinci ini juga mencakup rekomendasi konten-konten anyar yang mungkin bakal menarik perhatian sang anak berdasarkan seleranya masing-masing.

Bukan cuma itu, laporan ini juga dilengkapi dengan lembar mewarnai yang dapat dicetak secara cuma-cuma (sebagai hiburan ekstra bagi anak-anak selama pandemi), plus candaan dan sejumlah pertanyaan seputar karakter-karakter maupun film favorit sang anak. Harapannya adalah supaya para orang tua bisa tetap menjaga komunikasinya dengan anak-anaknya, mengajak mereka berbicara mengenai film-film yang mereka sukai belakangan ini tanpa perlu menontonnya sendiri supaya paham tentang seluk-beluk ceritanya.

Idenya cukup menarik karena pada kenyataannya memang sulit bagi para orang tua untuk mengikuti perbincangan sang anak mengenai karakter favoritnya tanpa setidaknya mencari tahu terlebih dulu. Kids Activity Report pada dasarnya bisa dilihat sebagai bekal tambahan bagi para orang tua ketika ingin bonding dengan anak-anaknya.

Dalam kesempatan yang sama, Netflix juga sedang menguji fitur Family Profile secara global. Sesuai namanya, profil ini dimaksudkan untuk mewadahi film dan serial yang family-friendly, yang rating-nya tidak lebih dari PG-13 atau TV-14.

Sumber: The Verge.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *