Bahas TradingView, Tool Untuk Menganalisis Teknikal Aset Kripto

Bahas TradingView, Tool Untuk Menganalisis Teknikal Aset Kripto

Harga aset kriptop sangatlah volatile, sebagai contoh Bitcoin dalam satu hari harga tertinggi dan terendahnya berkisar puluhan juta. Artinya ada potensi untuk menghasilkan uang dari aktivitas trading.

Untuk mendapat hasil optimal, analisis teknikal menjadi senjata utama para trader. Salah satu tool yang populer ialah TradingView, di mana kita bisa memetakan dan menganalisis untuk menyusun trading plan berbagai saham, komoditas, dan aset kripto.

TradingView dapat diakses secara gratis lewat browser atau aplikasi mobile untuk iOS dan Android, tool pemetaannya juga digunakan oleh Binance. Versi basic-nya sudah cukup powerful untuk trader pemula bahkan yang berpengalaman. Bila ingin meningkatkan jumlah indikator dan diagram yang dapat dilihat secara bersamaan, tersedia tiga paket langganan bulanan seperti versi Pro (US$14.95), Pro+ (US$29.95), dan Premium (US$59.95).

Fitur-fitur TradingView

TradingView

Saya mengetahui TradingView dari beberapa YouTuber yang membagikan analisis teknis dan strategi terhadap suatu aset kripto. Mereka biasanya selalu mengatakan bahwa analisis mereka bukanlah rekomendasi dan mendorong kita tetap melakukan analisis sendiri, jangan mengikuti orang lain begitu saja.

Bila Anda belum pernah menggunakan tool pemetaan sebelumnya, antarmuka TradingView mungkin terlihat membingungkan. Coba lihat bilah yang berada di sisi kiri, ini berisi tool pemetaan yang dapat digunakan langsung di area diagram.

TradingView

Ada banyak fitur yang tersedia, mulai dari membuat garis untuk menggambar trend line, membentuk chart pattern untuk menentukan titik membuka posisi, hingga membuat simulasi posisi long/short. Anda dapat mengeklik kanan pada setiap tool untuk melihat pilihan tambahan.

TradingView

Pada bilah atas, Anda akan menemukan pilihan untuk mengubah tampilan diagram seperti candlestick, grafik garis, grafik area, dan lainnya. Ada bilah pencarian di sisi kiri untuk mengubah aset yang ditampilkan. Anda juga dapat mengubah interval candlestick, mulai dari detik hingga hitungan bulan.

Setelah mulai menganalisis diagram dan menyusun strategi trading, Anda tidak perlu menyimpannya secara manual, karena TradingView menyimpan semua editan secara real-time. Bahkan setelah keluar atau berpindah aset ke lain, analisis Anda tetap tersimpan.

TradingView

TradingView hanyalah salah satu tool dari berbagai pilihan yang ada dan fitur-fitur yang tersedia pada versi basic atau gratisnya sudah sangat lengkap. Karena menggunakan HTML5, Anda dapat mengakses TradingView menggunakan browser tanpa perlu menginstal software apa pun.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *