Aplikasi Windows Your Phone Kini Mendukung Fitur Multiple Apps untuk Smartphone Tertentu

Aplikasi Windows Your Phone Kini Mendukung Fitur Multiple Apps untuk Smartphone Tertentu

Dewasa ini, bekerja menggunakan laptop dan smartphone sekaligus sudah menjadi hal yang biasa sehari-harinya, terlepas dari fakta bahwa skenario seperti ini terbilang jauh dari kata ideal. Tidak jarang konsentrasi bisa buyar karena fokus kita harus terbagi ke dua layar yang berbeda.

Seandainya dua layar itu bisa disatukan, semuanya akan terasa lebih mudah. Kira-kira seperti itu premis di balik lahirnya fitur Your Phone pada Windows 10. Sejauh ini, Your Phone memang cuma terbatas untuk pengguna perangkat Samsung saja, dan khusus untuk model tertentu, pengalaman yang didapat justru lebih istimewa lagi.

Pengalaman istimewa yang saya maksud adalah membuka beberapa aplikasi smartphone sekaligus di layar PC (multiple apps), sama seperti bagaimana kita biasanya membuka lebih dari satu aplikasi Windows dalam satu kesempatan yang sama. Sebelum ini, kita cuma bisa membuka satu aplikasi saja menggunakan Your Phone, dan itu jelas tidak efektif bagi yang terbiasa multitasking.

Untuk bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus di Your Phone, Anda wajib menggunakan salah satu dari perangkat berikut (yang semuanya menjalankan sistem operasi Android 11):

  • Samsung Galaxy S20 Series, termasuk halnya S20 FE
  • Samsung Galaxy Note20 Series
  • Samsung Galaxy Fold dan Z Fold2
  • Samsung Galaxy Z Flip

Syarat berikutnya tentu saja adalah PC atau laptop yang menjalankan sistem operasi Windows 10, minimal yang telah menerima update versi May 2020 dan memiliki setidaknya RAM berkapasitas 8 GB. Kalau semua syarat itu terpenuhi, maka Anda bisa langsung mengakses lebih dari satu aplikasi smartphone di PC di saat yang bersamaan.

Satu hal yang saya penasaran dan belum sempat mencoba (karena tidak ada device-nya) adalah apakah drag-and-drop konten/file antar aplikasi Android juga didukung. Kalau drag-and-drop antar aplikasi Android dan Windows jelas sudah bisa, seperti yang bisa kita lihat pada video ilustrasinya di atas.

Terlepas dari itu, fitur multiple apps ini pastinya bisa semakin memudahkan aktivitas bekerja atau belajar menggunakan laptop dan smartphone sekaligus. Harapan ke depannya tentu adalah supaya fitur ini juga dapat dinikmati oleh pengguna smartphone dari brand lain.

Sumber: SlashGear.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *