4 Aplikasi Webinar Gratis untuk Tempat Berbagi Ilmu Secara Online

Pernah dengar istilah webinar? Kalau belum, gini. Webinar itu singkatan dari web seminar, yaitu sebuah aktivitas transfer ilmu dalam bentuk seminar tetapi menggunakan media teknologi, internet dan perangkat.

Biasanya, webinar menggunakan tool khusus yang memang dirancang untuk menyediakan kebutuhan para penggunanya. Nah, jika Anda penasaran di mana webinar bisa digelar dengan mudah, berikut ini adalah aplikasi webinar gratis dengan fitur-fitur yang memadai.

ezTalks

Dirunut secara acak, ezTalks dapat giliran pertama dalam daftar aplikasi webinar gratis yang bisa Anda pakai. ezTalks memiliki fitur-fitur yang dibutuhkan oleh pemateri dan peserta, misalnya fitur berbagi layar, chat, multi perangkat dan file sharing.

Meskipun dapat digunakan secara gratis, ezTalks bukanlah aplikasi yang bisa dipakai secara bebas selamanya. Untuk versi gratis, ezTalks membatasi durasi pemakaian untuk satu kali webinar, dan sejumlah fiturnya juga hanya tersedia untuk pengguna premium.

Google Hangouts

Opsi kedua yang menurut saya cukup bisa diandalkan adalah Google Hangouts, aplikasi meeting online yang juga bisa dipergunakan secara alat bantu menggelar webinar. Seperti di ezTalks, Hangouts juga mempunyai fitur screen sharing yang akan sangat berguna bagi pemateri dalam memaparkan presentasinya.

Zoom

Zoom sekarang tampaknya sedang berada di atas angin karena menjadi salah satu aplikasi meeting online yang mengalami pertumbuhan sangat luar biasa menyusul serangan wabah Covid 19 di seluruh dunia.

Zoom sendiri dapat digunakan secara gratis untuk 40 menit setiap sesinya. Aplikasinya tersedia di berbagai platform, mobile dan desktop dan dapat menampung lebih dari 100 pengguna dalam satu meting. Bagaimana cara pakai Zoom, bisa Anda baca di tutorial ini.

Google Meet

Satu lagi pilihan aplikasi meeting dan webinar yang ditawarkan oleh Google, yaitu Meet atau biasa saya menyebutnya Google Meet. Di Play Store, terkadang namanya menjadi Hangouts Meet.

Seperti Hangouts, Google Meet mendukung multi platform dan memiliki fitur berbagi layar dan juga chat untuk ruang diskusi di sela-sela webinar.

Mobile
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru