16 Aplikasi Video Call Alternatif WhatsApp

 16 Aplikasi Video Call Alternatif WhatsApp

Beautiful Latin grandmother using her smartphone to watch a video sitting at home

Ada banyak pilihan aplikasi video call untuk Android yang bisa jadi alternatif WhatsApp. WhatsApp merupakan aplikasi chat terpopuler yang telah diunduh oleh miliaran pengguna ponsel Android dan iOS. Tak hanya menawarka fitur chatting, WhatsApp juga menawarkan beberapa fitur video call. Tapi, karena kebijakan baru tentang privasi yang sempat bikin heboh, banyak orang ingin beralih ke aplikasi lain.

Kehadiran video call memang sangat membantu agar kita dapat “berjumpa” dengan lawan bicara kita meskipun jaraknya berjauhan. Jika dahulu video call hanya bisa digunakan di komputer, kini video call juga dapat digunakan melalui smartphone atau tablet.

Berikut rekomendasi aplikasi video call yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif dari aplikasi WhatsApp

  1. Line

Aplikasi video call alternative WhatsApp pertama yang direkomendasikan adalah Line.  Line merupakan salah satu aplikasi komunikasi yang juga cukup populer di kalangan masyarakat dunia. Untuk fitur video call sendiri, Line menyediakan layanan video call yang dapat digunakan secara single maupun group.

Untuk layanan video group call, pengguna bisa melakukan video call group di Line yang kabarnya dalam sekali video call group bisa menampung 200 orang sekaligus. Angka yang cukup fantasis bukan?

Tak cukup sampai disitu, Line juga menawarka efek emoji yang dapat digunakan oleh pengguna ketika sedang melakukan video call group di Line. Caranya pun mudah, cukup mengetuk ikon wajah untuk memilih salah satu efek emoji yang diinginkan.

Kemudian, Pengguna juga bisa memilih dua layout panggilan video yang berbeda, cukup mengetuk ikon panah yang terletak di sudut kiri atas dan pilih tampilan layout yang Anda suka.

Selain itu, Line juga memiliki beberapa fitur standar aplikasi chatting, mulai dari voice call, berbagi foto dan video, mengirim pesan suara, sticker, timeline, Line today, Line opencart, dan beragam filter wajah terbaru yang dapat digunakan secara gratis.

  1. Signal

Signal merupakan aplikasi layanan pesan singkat yang berfokus pada keamanan. Data-data di dalamnya terenkripsi dan mendukung lintas platform. Signal dikembangkan oleh Signal Foundation yang tak lain merupakan lembaga yang didirikan oleh pembuat WhatsApp, Brian Acton pada tahun 2018 lalu.

Hal ini menyababkan banyak fitur-fitur dari WhatsApp yang juga dimiliki oleh Signal, seperti pengiriman pesan, video, gif, grup, panggilan suara dan video, serta memiliki fitur penarik pesan. Sama seperi Line, Signal juga memungkinkan pengguna untuk melakukan video call baik secara single maupun group. Pengguna dapat melakukan panggilan video call grup hingga lima orang.

Selain itu, dalam fitur video call, yang menjadi pembeda antara WhatsApp dan Signal adalah Saat menjawab video call di aplikasi Signal, video di perangkat penerima panggilan tidak secara otomatis aktif. Artinya, video penerima baru akan aktif ketika pengguna mengaktifkan kameranya.

  1. Telegram

Aplikasi video call yang dapat dijadikan alternative WhatsApp berikutnya adalah Telegram. Telegram adalah aplikasi pesan instan berbasis cloud yang fokus pada kecepatan dan keamanan. Telegram dirancang untuk memudahkan pengguna saling berkirim pesan teks, audio, video, gambar dan stiker dengan aman.

Fitur video call yang disuguhkan oleh Telegram mendukung mode picture-in-picture yang memungkinkan pengguna dapat membuka chat atau tampilan layar lainnya sembari tetap melakukan panggilan video. Sayangnya, fitur video call yang ada pada Telegram ini masih hanya dapat dilakukan secara single, artinya belum tersedia layanan video call group.

  1. We Chat

Selanjutnya ada aplikasi WeChat yang bisa Anda gunakan untuk melakukan panggilan video. WeChat mengklaim bahwa aplikasi video call yang ditawarkannya merupakan fasilitas video call terbaik di dunia yang dapat digunakan secara gratis. Apabila koneksi internet yang Anda gunakan tidak stabil, Anda bisa langsung beralih ke jenis komunikasi panggilan suara atau chatting.

Sama seperti beberapa aplikasi yang telah disebutkan di atas, fitur video call yang ada pada aplikasi ini dapat digunakan secara single ataupun group. Aplikasi ini juga bisa dipakai panggilan dan obrolan grup lebih dari 500 orang. Namun, untuk video call group hanya sampai 9 orang.

Kemudian, sama seperti aplikasi serupa lainnya, We Chat juga memiliki beberapa fasilitas di antaranya dapat digunakan untuk chatting, voice call, emoticon, moments, grup chat, web chat, dan lain-lain.

  1. KakaoTalk

KakaoTalk merupakan sebuah aplikasi chatting dengan multi-platform yang dapat digunakan untuk berbagai jenis perangkat smartphone. Fitur video call-nya yang bagus menjadi salah satu alasan yang membuat banyak pengguna memilih aplikasi ini.

KakaoTalk sendiri memberikan kualitas gambar dan suara yang baik agar komunikasi menjadi lebih lancar. KakaoTalk pun menawarkan filter suara dan group chat dengan dukungan Android Wear di dalam aplikasinya. Untuk menggunakan aplikasi ini Anda bisa mengunduhnya langsung secara gratis di Google Play Store.

6.Google Hangouts

Bisa dikatakan bahwa Hangouts ini merupakan “Apple Face Time” milik perangkat Android.Hangouts merupakan aplikasi chatting yang berada di bawah naungan Google. Tak hanya menyediakan layanan chatting, Hangouts juga menyediakan layanan video call yang dapat di nikmati oleh para penggunannya.

Dalam satu grup bisa di isi oleh 150 orang dan bisa melakukan panggilan video maksimal 10 orang secara bersamaan.Menariknya, Hangouts memiliki kemampuan yang setara dengan Skype, yakni apabila Anda melakukan video call dengan Hangouts melalui smartphone, lawan bicara Anda bisa menjawab panggilan tersebut melalui laptop.

  1. Facebook Messenger

Bukan hanya sebagai media sosial yang bisa menghubungkan setiap pengunanya, kini pengguna Facebook juga bisa melakukan video call dengan  aplikasi Messenger-nya. Selainn dapat digunakan untuk chatting, Facebook Messenger juga memungkinkan penggunanya melakukan panggilan face to face dari perangkat masing-masing.

Untuk melakukan video call melalui Messenger pun sangat mudah. Cukup tap ikon telepon di aplikasi Facebook Messenger, kemudian pilih video call. Selain itu, Facebook Messenger juga menyediakan fitur filter serta effect yang lucu dan seru yang dapat Anda gunakan.

Anda dapat menggunakan Facebook Messenger untuk melakukan video group secara single maupun group.  Untuk video call group, Anda dapat melakukan panggilan video hingga 8 orang secara bersamaan. Namun, pastikan jika lawan bicara yang Anda telepon juga telah memiliki aplikasi Facebook Messenger di smartphone-nya.

  1. Discord

Aplikasi selanjutnya yang menjadi rekomendasi adalah Dicord. Discord merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer dikalangan pecinta gamers. Bagi yang belum tahu, Discord adalah aplikasi layanan VoIP yang dirancang khusus untuk komunitas gamer untuk berkomunikasi dengan sesama gamer secara mudah dan gratis. Ini lah kenapa aplikasi ini dikatakan cukup populer di kalangan gamers.

Tak hanya dapat digunakan untuk sekedar bermain game, Discord juga menyediakan beberapa fasilitas seperti chatting, voice call, dan juga video call. Anda hanya perlu menyalin dan menempelkan link untuk mengundang teman atau kerabat Anda bergabung di dalam grup obrolan tersebut. Dengan bertatapan muka walaupun secara online, Anda dapat berkomunikasi dengan hingga 10 orang  mudah sembari memainkan sebuah game.

  1. Skype

Rasanya hampir semua masyarakat di berbagai belahan dunia pernah mendengar nama aplikasi ini. Sebelum hadir di perangkat smartphone, Skype terlebih dahulu hadir di perangkat komputer.  Menawarkan panggilan video dengan kualitas HD, Skype berusaha memberikan pengalaman komunikasi yang jauh lebih memuaskan.

Skype bisa menampung panggilan video group hingga untuk 50 orang secara gratis di hampir semua perangkat seluler. Selain itu, ketika sedang melakukan panggilan vide group, pengguna juga bisa menampilkan atau menyajikan slide PowerPoint, rekaman video, dan lainnya pada saat yang bersamaan.

Tidak hanya itu, Skype juga memiliki kemampuan untuk cross-platform dari smartphone ke PC. Sehingga, tidak sesama PC atau sesama smartphone saja yang bisa melakukan komunikasi. Tetapi antara PC dan smartphone pun bisa berkomunikasi. Maka dari itu, tak heran bila masih banyak orang yang menggunakan Skype sebagai salah satu aplikasi untuk melakukan video call.

  1. Google Duo

Dapat bertatap muka walaupun secara online, Google Duo menawarkan fitur video call yang bisa di isi dengan hingga 32 orang sekaligus. Menariknya, aplikasi ini memiliki fitur Knock Knock, yang memungkinkan Anda akan mendapatkan pratinjau video live orang yang menelepon, sehingga, Anda dapat melihat terlebih dahulu wajah orang yang menelepon

Kemudian, untuk tetap menjaga privasi Google Duo juga menggunakan enkripsi menyeluruh untuk panggilan. Sehingga hanya orang yang melakukan dan menerima panggilan yang dapat mengetahui apa yang dikatakan atau ditampilkan dan Google tidak dapat melihat, mendengar, atau menyimpan audio dan video dari panggilan Anda.

Sebagai aplikasi keluaran Google tahun 2020, Google Duo hadir di hampir seluruh perangkat smartphone Android, sehingga Anda tidak perlu lagi repor-repot untuk mengunduh aplikasi ini di Play Store.

  1. Zoom

Namanya semakin melejit akibat Pandemi Covid-19, Zoom menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk melakukan aktivitas belajar mengajar atau pun meeting. Yang membuat zoom begitu diminati oleh banyak orang adalah kemampuannya untuk melakukan sesi video call dengan jumlah anggota hingga 100 orang secara gratis dengan durasi meeting selama 40 menit.

Sama seperti beberapa aplikasi serupa, Zoom juga memungkinkan Anda untuk dapat menyajikan tampilan layar secara bersamaan ketika sedang melakukan video call. Baru-baru ini Zoom meluncurkan fitur baru yang bernama Immersive View. fitur ini memungkinkan semua peserta video conference untuk tampil dalam satu virtual background yang sama, memunculkan kesan seolah-olah mereka sedang berada dalam satu ruang rapat virtual.

Tak hanya itu saja. Selama meeting berlangsung, para anggota juga bisa diizinkan untuk mengirimkan pesan, gambar, suara, ataupun video pada kolom chat yang disediakan sehingg membuat interaksi antar anggota lebih dinamis dan juga praktis.

  1. Viber Messenger

Bagi Anda yang sedang atau sudah beralih ke perangkat Android pastinya pernah atau mungkin malah sedang menggunakan aplikasi ini. Viber merupakan aplikasi pesan instan dan panggilan VoIP untuk perangkat ponsel pintar berbasis Android, iOS, BlackBerry, Mac, Windows dan Windows Phone.

Hampir mirip dengan WhatsApp, Viber juga memungkinkan pengguna bisa membuat video dalam sesi chat. Selain itu, Anda juga dapat mengirim pesan, foto, stiker, lokasi maps, dan pesan suara. Viber juga dapat mengintegrasikan aplikasi dengan nomor ponsel. Sehingga memudahkan pengguna untuk memilih metode komunikasi.

Kemudian, Viber juga memberikan kenyamanan selama video call. Kerahasiaan data setiap pengguna juga terjamin dalam database Viber. Dengan hingga 30 partisipan, Anda dapat melakukan panggilan video group dengan kualitas yang bagus dan juga suara yang jernih.

  1. Holla

Sejatinya, Holla merupakan salah satu aplikasi video call yang digunakan ketika sedang mencari jodoh ataupun pasangan. Konsep inilah yang kemudian menjadi pembeda dari aplikasi video call lainnya.

Untuk cara kerjanya sendiri, Anda perlu “matching” terlebih dahulu dengan pasangan Anda untuk dapat melakukan video call. Proses video call pun dapat digunakan dengan mudah dan gratis untuk semua panggilan internasional. Tidak hanya mencari pasangan, Anda pun dapat menggunakan aplikasi ini untuk mencari teman baru di seluruh dunia.

  1. IMO

Berbeda dari aplikasi video call lainnya yang mungkin akan terhambat jika koneksi berubah menjadi 2G atau 3G, IMO justru bisa Anda gunakan pada kedua jaringan koneksi tersebut.

Selain itu, IMO juga termasuk aplikasi video call yang ringan dan tidak terlalu memakan banyak memori smartphone karena hanya memiliki ruang penyimpanan sebesar 5.37 MB saja.

IMO sendiri memang lebih memfokuskan layanannya pada kualitas video call dan panggilan telpon baik dari sisi kualitas gambar maupuan kualitas suaranya. Meskipun demikian, para pengguna aplikasi IMO tetap dapat melaksanakan chatting atau mengirim pesan teks biasa menyerupai aplikasi lainnya. Beberapa fitur yang dimilikinya pun sudah cukup menghibur menyerupai fitur mengirim emoji atau gambar gif yang dapat bergerak.

  1. Tango

Menyuguhkan kualitas video call yang tinggi, membuat Tango menjadi salah satu aplikasi video call yang cukup digemari oleh semua orang. Melalui aplikasi ini Anda bisa bertemu dengan orang-orang baru hingga menjalin pertemanan dengan fitur video call yang disediakan.

Selama beberapa tahun ini, Tango terus menerus mengembangkan fitur yang dimilikinya dari tahun ke tahun agar aplikasi ini memudahkan penggunanya ketika berkomunikasi.

Hebatnya, dengan menggunakan aplikasi ini,  Anda dapat menjadi penyiar full time, menyapa para penggemar atau teman baru. Kemudian, hal menarik lain yang dapat ditemukan adalah jika Anda secara rutin menggunakan fitur Tango Live kemungkinan akan mendapatkan uang dengan jumlah yang besar.

Jika Anda sebagai pemirsa, Anda pun dapat dimungkinkan untuk bergabung dengan penyiar Anda di dalam satu ruang video call yang sama. Anda juga dapat menggunakan filter yang tersedia agar siaran lebih menarik untuk ditonton.

  1. Just Talk

Aplikasi video call terakhir yang menjadi rekomendasi adalah Just Talk. Jus Talk adalah aplikasi obrolan video, suara, dan grup gratis berkualitas tinggi yang dapat diandalkan, aman, dan menyenangkan.

Hal ini dikarenakan aplikasi ini memang dikhususkan untuk cara komunikasi menggunakan media video, baik video chat maupun video group call.

Video chat dapat digunakan jika Anda melakukan komunikasi tatap muka dengan satu orang saja .Sedangkan untuk video group call Anda dapat mengundang dan melakukan komunikasi bersama teman Anda di satu waktu yang sama.

JusTalk pun menyediakan fitur stiker, mengganti background video, dan mengirim video agar proses komunikasi menjadi lebih menyenangkan dan menarik.

Gambar header Depositphotos.

Artikel Menarik Lainnya

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *