Website dan Aplikasi Menarik Buat Pecinta Arsitektur dan Desain

Bisa jadi referensi desain atau memperdalam pengetahuan tentang arsitektur

Anda suka main game The Sims? Tidak sedikit penggemar The Sims yang kemudian menyukai konsep desain interior. Bahkan, berangan-angan memiliki rumah impian menyerupai desain rumah serupa yang telah dirancang tersebut.

Ditambah, tersedianya beragam website dan aplikasi tentang desain interior dan arsitektur rumah, preferensi desain pun semakin spesifik. Mulai dari desain minimalis, industrial, kontemporer, rustic, hingga mid-century. Keinginan untuk mewujudkan rumah yang sesuai dengan kesukaan personal yang menggambarkan keunikan dan karakteristik pribadi pun terus meningkat.

Ketertarikan untuk mengapresiasi karya desain bangunan dari arsitek dan desainer baik lokal maupun internasional pun telah menjangkau berbagai kalangan. Buat Anda penggemar arsitektur bangunan dan desain interior, mengunjungi lima website menarik berikut bakal jadi kebiasaan barumu. Ada juga website yang mengajak Anda tur menjelajahi berbagai museum cantik di dunia, lho.

 

Livingspaces.com

Web based apps buat mendesain interior mudah untuk siapa saja (Sumber: Livingspaces.com) 

Yang bikin website desain interior dan eksterior gratis ini sangat simpel dan mudah digunakan adalah desainnya yang memang ditujukan untuk siapa pun. Tersedia format 2D dan 3D. Selain mudah, grafik yang ditawarkan pun enak dipandang.

Anda bahkan bisa mengunggah foto ruangan Anda untuk didekor secara virtual. Asyiknya lagi, furnitur yang tersedia adalah produk riil yang bisa Anda beli. Butuh inspirasi ide desain interior terbaru? Tersedia pula beragam rekomendasi dan artikel desain yang mengulas gaya modern, boho, tradisional, maupun mid-century.

 

Tur Museum Virtual

Menikmati keindahan arsitektur museum Natural History secara virtual (Sumber: Artsandculture.google.com) 

Terima kasih kepada teknologi Google Street View yang memungkinkan tur museum virtual dapat dilakukan sambil duduk manis di mana pun dan kapan pun. Biar serasa seperti di film “Night at The Museum”, coba Anda jelajahi museum Natural History di London ini malam-malam. Anda dapat menikmati gaya arsitektur gedung dari perpaduan Victorian Gothic dan arsitektur Romanesque abad ke-12 dengan kekhasan bentuk lengkungan runcing (pointed arch) di bagian atapnya.

Desain arsiteknya, Alfred Waterhouse, disebut sangat inovatif pada penggunaan dekorasi terakota di seluruh bangunan museum. Anda bakal larut dalam keindahan arsitektur museum ini! Museum keren lain yang bisa Anda kunjungi dengan teknologi virtual tour 360 adalah Museum Van Gogh di Kota Amsterdam dan Museum Nasional Indonesia.

 

Arsitag.com

Website yang menghubungkan pemilik proyek dengan penyedia jasa desain dan bangun se-Indonesia (Sumber: Arsitag.com)

Website direktori Arsitag.com menampilkan showcase portofolio lebih dari 2000 arsitek profesional se-Indonesia, dengan lebih dari 80.000 foto project rumah yang sudah terbangun maupun gambar desain.

Manfaatkan website ini sebagai jalan pintas Anda yang ingin menemukan dan memakai jasa arsitek dan desainer interior yang sesuai kriteria kebutuhanmu. Sementara, untuk penyedia jasa desain dan bangun rumah, Arsitag menjadi wadah all in one yang mendukung kinerja online marketing. Mulai dari menampilkan gambar dan deskripsi portofolio proyek, mendapatkan peluang bertemu klien potensial, hingga meningkatkan visibilitas online melalui media coverage dengan media partner resmi rekanan Arsitag.

Kompletnya lagi, Arsitag punya aplikasi manajemen proyek bernama ARSIpro yang memudahkan pemantauan progres pembangunan mulai dari pembukuan pembayaran per termin, update progres pembangunan kepada home owner, hingga penyimpanan surat administrasi dalam bentuk digital.

 

IKEA Home Planner

Anda bebas mengubah-ubah warna cat dindingnya juga, lho (Sumber: kitchenplanner.ikea.com)

 

Aplikasi desain rumah berikutnya cocok buat Anda pecinta produk-produk IKEA. Tanpa harus bikin akun, Anda bisa langsung menata ruang kerja di rumah atau kamar tidur dengan produk-produk dari katalog IKEA. Bahkan, ada tombol menyimpan dan mencetak gambar desain. Setelah desain jadi, Anda tinggal menyampaikan kepada staf IKEA untuk segera merealisasikannya di rumahmu.

 

Dulux Visualizer

aplikasi untuk arsitektur
Aplikasi bisa Anda unduh gratis di Apps Store (Sumber: play.google.com)

Cara paling ampuh mengubah suasana rumah terasa baru salah satunya mengubah warna cat dinding. Jika Anda tak ingin repot mengubah warna secara keseluruhan, coba terapkan teknik blok warna pada salah satu spot dinding. Jadikan sebagai center of attention ruangan yang unik dan segar.

Supaya mudah, gunakan Aplikasi Dulux Visualizer ID yang akan membantu Anda secara real time menentukan warna cat apa yang pas buat ruangan. Cukup foto bagian dinding target, upload di aplikasi, kemudian Anda bisa mencoba beragam pilihan warna cat langsung di smartphone Anda. Tersedia banyak pilihan warna dengan gradasi yang lengkap, lho!

Dengan memanfaatkan smartphone, komputer, dan jaringan internet yang memadai, cobalah beragam website dan aplikasi ini untuk menyalurkan kegemaran Anda akan desain interior maupun karya arsitektur.

Meskipun sudah ada media sosial yang menampilkan jutaan foto inspirasi seperti Pinterest dan Instagram, adakalanya Anda menginginkan website yang merangkum kebutuhan Anda secara lebih spesifik dan actionable. Beberapa website menarik ini pun secara khusus menawarkan layanan untuk membantu merealisasikan rumah idaman yang telah Anda impikan. Yuk, coba sekarang!

Gambar header Pixabay.

Internet
oleh Cesita Putri
Artikel Terbaru