Aplikasi Pendukung Produktivitas untuk Manajemen Kerja Tim yang Lebih Baik

Istilah Work from Home sebenarnya gak terlalu asing bagi mereka yang sudah terbiasa jadi freelancer. Tetapi, perubahan yang mendadakn tentu akan berdampak jika harus dilakukan oleh seluruh staff dalam satu perusahaan. Oleh karena itu, persiapan tool pendukung harus dilakukan dengan baik.

Ada sejumlah pilihan aplikasi manajemen tim yang bisa dipakai untuk menjaga produktivitas. Berikut kami kompilasikan beberapa pilihan yang bisa dipakai.

Trello

Aplikasi berbasis kartu ini memudahkan tim dari semua level untuk mengikuti perkembangan proyek atau tugas yang sedang digarap. Atasan bisa membuat list berdasarkan fase setiap tugas, kemudian dalam masing-masing list akan memuat kartu-kartu yang merepresentasikan tugas individu ataupun kelompok.

Nah, setiap kartu dapat dipindahkan ke list tertentu sesuai dengan tahapannya dari proses persiapan, pengerjaan hingga kartu tersebut selesai. Trello sendiri tersedia di multi platform, dari Android, iOS dan Browser.

Slack

Slack sudah punya nama di ranah tool produktivitas kerja tim. Berbeda dengan Trello, Slack hampir mirip dengan aplikasi chat grup, di mana ada fitur private message, mention, melampirkan file, foto, dan lain-lain. Namun di dalamnya terdapat berbagai tool pihak ketiga yang terintegrasi. Slack juga tersedia di Play Store, App Store dan Browser.

Asana

Asana menjadi ruang yang rapi untuk bekerja dalam tim namun terpisah oleh jarak dan waktu. Sejumlah fitur di dalamnya dirancang untuk memudahkan semua tim memantau dan mengikuti perubahan proyek yang dijalankan. Tetapi, Asana versi gratis hanya menampung 15 anggota, selebihnya harus upgrade ke versi berbayar. Asana tersedia untuk Android, iOS dan Browser.

Teams

Aplikasi produktivitas ini dibuat oleh Microsoft dan diperuntukkan bagi organisasi yang menginginkan ruang virtual yang lengkap dan serba bisa. Menawarkan fitur yang lengkap Teams punya banyak panel untuk menjawab kebutuhan tim, baik untuk komunikasi, pelacakan proyek, program proyek dan berbagi berkas. Teams bisa diunduh di Play Store, App store dan Windows.

Toggl

Sedikit berbeda dari empat aplikasi produktivitas di atas, Toggl lebih fokus pada manajemen waktu, misalnya untuk memantau deadline projek dan tugas tim, kemudian mengelola progress setiap tim dan proyek serta membuat time frame untuk seluruh tugas ataupun individu tim. Toggl ini tersedia di Play Store dan App Store.

Gambar header Pixabay.

Mobile
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru