15 Aplikasi Pengubah Suara Android untuk Jadi Ringtone atau Seru-seruan

Dewasa ini, smartphone tidak hanya digunakan untuk sarana komunikasi. Kebutuhan akan ponsel pintar semakin meningkat seiring semakin canggihnya fitur yang ditawarkan. Salah satu fitur menarik yang ditawarkan ponsel pintar dewasa ini adalah kemampuan mengubah suara menggunakan aplikasi pengubah suara.

Aplikasi pengubah suara sejatinya merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengedit durasi rekaman suara, memotongnya, menyatukannya dengan file audio lain atau memberikan efek khusus.

Kebutuhan akan aplikasi pengubah suara yang optimal sangat dibutuhkan untuk kebutuhan media dan hiburan. Pembuatan video yang menghasilkan suara rekaman yang kurang memadai membuat kebutuhan akan aplikasi pengubah suara semakin dibutuhkan.

Jika dahulu Anda ingin mengubah suara, Anda harus menggunakan alat khusus yang harganya tentu sangat mahal. Sekarang, perkembangan teknologi ponsel pintar memungkinkan adanya fitur pengubah suara melalui aplikasi pihak ketiga.

Daftar Aplikasi Pengubah Suara Terbaik

WavePad Audio Editor

Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap jika dibandingkan dengan aplikasi pengubah suara lainnya yang ada di Playstore. Anda pemula dalam proses editing suara? Jangan khawatir karena aplikasi ini didesain dengan friendly interface sehingga memudahkan para pemula yang baru mencoba WavePad.

Tidak hanya mengubah suara, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga bisa merekam suara langsung dari microphone bawaan ponsel dan menambahkan efek khusus yang disediakan di dalam aplikasi ini. Fitur “Share” memudahkan para pengguna WavePad jika ingin membagikan hasil editing suara langsung dari ponsel mereka.

Untuk dapat mengunduh aplikasi ini, Anda tidak perlu membutuhkan ponsel pintar dengan spesifikasi yang berat dan wah. Ponsel Android dengan RAM sebesar 2 GB saja sudah sangat memadai untuk menggunakan dan mengunduh aplikasi ini tanpa hambatan. Menarik, bukan?

Timbre

Aplikasi selanjutnya adalah Timbre. Sudah banyak kalangan, baik pemula maupun profesional yang sudah menggunakan Timbre sebagai aplikasi editing suara mereka. Selain untuk mengedit suara, Timbre juga dapat mengkonversi file video ke dalam format .mp3.

Beberapa fitur yang disediakan oleh aplikasi ini di antaranya adalah cut yang memungkinkan Anda untuk memotong hasil rekaman pada bagian tertentu. join berguna untuk menggabungkan hasil rekaman Anda dengan hasil rekaman lainnya, convert berguna untuk mengkonversi file hasil audio rekaman ke jenis ekstensi lainnya seperti .waf, .flac, dan lainnya.

Spesifikasi ponsel yang dibutuhkan untuk mengunduh aplikasi Timbre tidaklah terlalu tinggi. Aplikasi ini masuk jajaran aplikasi top pengubah suara di Playstore, lho.

Lexis Audio Editor

Jika Anda seorang youtuber dan membutuhkan aplikasi pengedit suara untuk video, Lexis Audio Editor merupakan pilihan yang tepat. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah aplikasi ini mendukung berbagai jenis file audio seperti MPA, AAC, WAV, WMA, FLAC, dan jenis file lainnya.

Selain itu, tampilan yang user friendly memudahkan Anda dalam melakukan proses editing maupun konversi. Tampilan ikon di dalam aplikasi mengingatkan Anda akan aplikasi pengubah suara profesional.

Lebih lanjut, aplikasi ini sangat pas jika Anda ingin melakukan editing suara yang terdapat banyak noise di dalamnya. Dengan mudah, Lexis Audio Editor akan me-minimize noise atau kebisingan yang ada di dalam audio sehingga hasil pengubahannya menjadi jauh lebih jernih. Tipsnya bisa dibaca di sini dan di sini.

Media Converter

Meskipun menggunakan tampilan yang sederhana, fitur yang ditawarkan oleh Media Converter cukup lengkap, bahkan lumayan lengkap jika dibandingkan dengan aplikasi sejenisnya di Playstore.

Media Converter mendukung berbagai jenis file audio seperti WAV, FLV, MP3, MP4, MPEG, AAC, dan jenis file lainnya. Yang menjadi daya tarik utama Media Converter adalah fitur pengaturan kecepatan audio yang terdapat di dalam aplikasi.

Jadi, selain pengubah suara, aplikasi ini mampu mengatur kecepatan suara hasil rekaman dan memotongnya pada bagian tertentu. Proses pengubahan dan pengertian menggunakan aplikasi ini pun relatif cepat dan mudah sehingga Anda tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi menggunakan aplikasi ini.

Ukuran aplikasi yang tidak terlalu besar dan ringan membuat aplikasi ini tidak terlalu bermasalah dijalankan dan di-instal di ponsel android dengan spesifikasi rendah.

PocketBand-Social Draw

Aplikasi pengubah suara ini sedikit berbeda dengan aplikasi yang ada di daftar. PocketBand-Social Draw memungkinkan Anda untuk menyatukan file audio yang ada di ponsel pintar Anda dan menyatukannya. Selain itu, aplikasi ini dapat menambahkan efek suara yang berasal dari berbagai jenis instrumen seperti gitar, bass, piano, dan instrumen lainnya.

Tampilan aplikasi ini juga tidak terlalu sulit digunakan sehingga pas buat Anda yang masih pemula. Tampilan aplikasi ini menggunakan tampilan gelap yang dipadukan dengan aksen oranye. Perpaduan aksen oranye dan warna gelap menghasilkan efek elegan dan terkesan tidak murahan. Untuk mengunduh aplikasi ini, ponsel Anda tidak perlu memerlukan ruang penyimpanan yang terlalu besar karena aplikasi ini cukup ringan dijalankan di ponsel android lawas sekalipun.

Audio MP3 Cutter Mix Converter and Ringtone Maker

Anda berkeinginan melakukan kreasi membuat ringtone sendiri? Aplikasi ini sangat pas untuk Anda gunakan. Selain membantu Anda berkreasi membuat ringtone, aplikasi ini juga dapat membantu Anda melakukan pengubahan suara. Beberapa fitur yang ada di dalam aplikasi ini di antaranya adalah konversi file audio, penyatuan audio, pengubahan audio dan fitur lainnya.

Selain itu, terdapat fitur kompresi file audio. Fitur ini memungkinkan terkompresinya file audio dengan ukuran besar menjadi file berukuran kecil tanpa mengubah dan menurunkan kualitas audionya. Ukuran aplikasi yang tidak terlalu besar membuat Anda dapat bebas melakukan proses pengeditan dan pengubahan suara tanpa harus takut kehabisan dan kekurangan memori penyimpanan. Aplikasi ini juga dapat digunakan di ponsel Android yang memiliki spesifikasi yang rendah.

Voice Changer – Androbaby

Aplikasi ini memiliki fitur yang terbatas, yaitu hanya sebatas aplikasi pengubah suara saja. Namun, bukan berarti aplikasi ini tidak layak Anda coba. Dengan tampilan yang cerah, penuh warna dan ikon yang digunakan pun jelas membuat aplikasi ini sangat user-friendly sehingga Anda tidak akan kesulitan saat mencoba aplikasi ini untuk pertama kalinya.

Beberapa jenis efek suara yang dapat Anda gunakan di antaranya adalah Smurf, Bathroom, Monster, Helium, Lacy, Echo dan suara efek lainnya. Meskipun aplikasi ini memiliki ikon-ikon kartun yang terlihat berat, namun sejatinya ukuran aplikasi ini cukup ringan untuk dijalankan di ponsel android dengan spesifikasi yang rendah sekalipun. Aplikasi ini sangat pas untuk Anda dan buah hati Anda ketika sedang menghabiskan waktu bersama untuk sekadar bermain dengan suara efek yang dihasilkan aplikasi ini.

Voice Changer Sound Effects

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi pengubah suara sebelumnya, Voice Changer Sound Effects memungkinkan Anda untuk melakukan pengubahan dan penambahan efek tertentu ke audio yang Anda miliki. Tampilan ikon yang menyerupai kartun dengan berbagai bentuk sesuai efek yang dihasilkan memudahkan Anda dalam menggunakan aplikasi ini.

Beberapa fitur yang ditawarkan di antaranya adalah fitur ‘file’ yang berguna untuk mengubah file audio yang ada di dalam ponsel pintar Anda. Selain itu ada juga fitur ‘record’ yang memungkinkan Anda untuk merekam langsung suara dari mikrofon ponsel dan langsung mengedit atau menambahkan efek yang ada di dalam aplikasi ke dalam suara hasil dari rekaman tersebut.

Aplikasi gratis ini tersedia di Playstore dan untuk mengunduhnya, tidak memerlukan ponsel dengan spesifikasi yang berat. Yang menjadi keunggulan aplikasi ini adalah ukuran aplikasi ini yang lumayan ringan sehingga tidak terlalu memakan memoti penyimpanan ponsel Anda.

Voice Changer with Effects

Tampilan antarmuka yang simple dan sederhana menjadi nilai lebih aplikasi ini. Selain itu, aplikasi ini menyediakan pilihan mengubah atau mengedit file audio yang sudah ada atau merekam file audio secara langsung dari ponsel dan menambahkan efek unik setelahnya.

Beberapa efek yang disediakan aplikasi ini di antaranya adalah dark, cyborg, grand canyon, giant, killer, android, squirrel dan masih banyak efek lainnya. Terdapat tombol share yang memudahkan Anda untuk langsung membagikan file audio hasil editan langsung ke beberapa sosial media ataupun membagikannya ke perangkat lain via Bluetooth. Uniknya, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menjadikan file audio hasil editan menjadi ringtone bawaan ponsel.

RoboVox Voice Changer Pro

Selanjutnya adalah aplikasi pengubah suara yang bernama RoboVox Voice Changer Pro. Di Playstore, aplikasi ini memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Perbedaan di antara keduanya cukup signifikan. Jika Anda mengunduh aplikasi ini yang versi gratisnya, keterbatasan fitur sangat terasa.

Namun, bukan berarti aplikasi versi gratis tidak memiliki fitur yang unik. Terdapat beberapa persamaan fitur antara versi gratis dan versi berbayar. Di antaranya adalah fitur Parrot Mode.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk merekam suara menggunakan efek burung beo langsung menggunakan microphone ponsel atau mengedit file audio yang ada di memori penyimpanan. Selain itu, fitur yang terdapat di kedua versi lainnya adalah adanya pilihan untuk membagikan file hasil editan ke situs berbagi suara Soundcloud.

Call Voice Changer – IntCall

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pengubah suara terunik yang ada di Playstore. Bagaimana tidak, aplikasi ini akan mengubah suara Anda saat Anda sedang melakukan panggilan kepada teman atau kolega Anda. Teknologi yang digunakan memungkinkan aplikasi ini mengubah suara Anda secara realtime saat Anda melakukan panggilan ke orang lain.

Banyaknya efek suara yang tersedia di dalam aplikasi ini membuat aplikasi ini menjadi lebih menaril. Tampilan yang atraktif dengan ikon kartun lucu namun tetap elegan membuat aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi wajib yang harus Anda unduh. Anda berencana mengerjai teman atau kolega Anda ? Gunakan saja aplikasi ini.

Teman atau kolega Anda akan mengira bahwa Anda adalah orang lain. Sayangnya, semua fitur tersebut hanya berlaku selama 1 menit pertama sejak Anda melakukan aktivasi. Selanjutnya, Anda diharuskan membayar secara penuh aplikasi tersebut. Meskipun aplikasi tersebut tidak gratis, namun fitur yang ditawarkan lumayan lengkap dan menarik sehingga layak Anda beli.

Girl Voice Changer

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengganti suara rekaman Anda atau file audio lainnya menjadi beragam efek suara wanita. Tampilan yang girly dan dominasi warna pink memang sejalan dengan tema dan nama aplikasi ini. Ada banyak efek suara yang terdapat di dalam aplikasi ini. Semua efek suara yang terdapat di dalam aplikasi ini merupakan suara wanita.

Beberapa efek yang tersedia di antaranya adalah suara suara wanita, suara bayi, suara zombie, suara wanita dengan beragam umur, hingga suara wanita tua. Aplikasi pengubah suara ini bisa Anda gunakan untuk sekedar bermain-main dengan teman Anda. Tampilan yang interaktif, cerah dan user friendly membuat Anda cepat beradaptasi menggunakan aplikasi ini. Selain itu, aplikasi ini gratis Anda unduh.

Best Voice Changer

Dengan tampilan yang sederhana, aplikasi ini cukup mudah digunakan. Meskipun tampilannya sederhana, namun fitur yang diberikan tidaklah sederhana. Ada banyak efek pengubah suara yang terdapat di dalam aplikasi ini. Salah satunya adalah efek suara robot. Selain itu, aplikasi ini dapat memberikan efek memperlambat atau mempercepat suara. Fitur unik lainnya yang dapat Anda gunakan adalah adanya suara efek background.

Terdapat dua efek background yang bisa Anda gunakan, yaitu suara background bandara dan suara background stasiun. Anda dapat melakukan rekaman suara dengan background suara stasiun sehingga teman Anda akan mengira bahwa Anda sedang berada di bandara atau stasiun.

Sayangnya, aplikasi ini hanya mampu melakukan pengubahan suara langsung dari microphone. Aplikasi ini tidak menyediakan fitur mengubah file audio suara yang terdapat di dalam memori penyimpanan ponsel Anda.

VoiceFX

Antarmuka aplikasi ini didominasi oleh warna emas sesuai nama aplikasinya. Efek pengubah suara yang terdapat di dalam aplikasi ini cukup beragam. Mungkin, jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya, efek yang tersedia di dalam aplikasi ini adalah yang terbanyak. Anda akan mendapatkan efek mulai dari squirrel, efek nervous, sampai efek monster.

Selain dapat melakukan pengeditan langsung dari microphone, anda dapat melakukan pengeditan melalui file audio yang terdapat di dalam memori penyimpanan. Dengan tampilan yang lumayan atraktif dan banyak fitur, aplikasi ini sangat layak Anda coba ketika bermain-main dengan teman-teman Anda. Terlebih lagi, aplikasi ini merupakan aplikasi gratis.

Super Voice Changer

Aplikasi pengubah suara yang terakhir adalah Super Voice Changer. Aplikasi ini menggunakan tampilan yang cerah, interaktif dan efek yang terdapat di dalam aplikasi juga cukup lengkap. Beberapa efek yang terdapat di dalam aplikasi ini di antaranya adalah efek chipmunk. Efek autotune, efek female, dan efek anak kecil. Salah satu fitur unik yang dimiliki aplikasi ini adalah adanya fitur pengubahan suara secara langung.

Maksudnya, aplikasi ini akan mengeluarkan suara asli menjadi suara yang ada efeknya langsung saat aplikasi ini sedang aktif. Menariknya lagi, aplikasi ini gratis. Anda tidak perlu membayar apapun untuk menikmati semua efek yang diberikan aplikasi ini.

Demikian 15 daftar aplikasi pengubah suara terbaik 2020. Beragamnya jenis aplikasi, mulai dari yang serius sampai aplikasi pengubah suara yang serius sampai aplikasi dan efek unik yang tersedia tentunya membuat Anda bingung untuk mengunduh aplikasi mana yang tepat.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengunduh aplikasi di atas, pastikan Anda gunakan aplikasi tersebut secara bijak. Jangan gunakan aplikasi pengubah suara di atas untuk hal-hal yang dapat merugikan orang lain. Bijaklah dalam menggunakannya dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Gambar header dimodifikasi dari Pixabay.

Mobile
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru