15 Aplikasi Pembukuan Keuangan dan Transaksi untuk UKM

Photo of hands holding pencil and pressing calculator buttons over documents

15 Aplikasi Pembukuan Keuangan dan Transaksi untuk UKM

Sebagai sebuah bisnis, kendati skalanya masih kecil, UKM membutuhkan alat bantu pencatat keuangan dan transaksi. Alat bantu ini akan memudahkan UKM dalam melacak ke mana saja dana mengalir, untuk apa saja, dari siapa, berapa jumlahnya dan berapa keuntungan ataupun kerugian yang dialami.

Ada banyak pilihan aplikasi pembukuan keuangan untuk UKM yang bisa dipakai di perangkat Android. Berikut di antaranya yang paling populer di Indonesia.

BukuKas

BukuKas menawarkan cara pencatatan keuangan yang sederhana, mudah dan juga efisien karena hampir tanpa biaya sama sekali. Di BukuKas, Anda dapat mencatat transaksi penjualan, termasuk biaya-biaya di dalamnya, dan juga hutang piutang. Sekaligus, ada fitur invoice yang memudahkan Anda dalam melayangkan tagihan.

BukuWarung

Namanya hampir mirip, dan memang fitur dan fungsi-fungsi di dalam aplikasi ini memiliki banyak kesamaan kendati cara kerjanya dan juga pengoperasiannya berbeda. BukuWarung cukup dikenal baik di Indonesia, dengan jumlah unduhan lebih dari 1 juta. Fiturnya sangat lengkap, mudah dipergunakan dan gratis.

Moodah

Ketiga, ada aplikasi bernama Moodah. Aplikasi yang juga asli buatan anak bangsa ini menawarkan beberapa fitur unggulan, antara lain:

  • Tambah logo usaha pada Invoice, laporan keuangan, laporan penjualan, dan laporan laba rugi.
  • Kirim invoice dan tagihan pembeli cukup melalui Whatsapp!
  • Tampilan anti ribet, catat keuangan usaha dan catat hutang jadi mudah!
  • Catat seluruh transaksi pemasukan dan pengeluaran bisnis Anda
  • Catat hutang dan piutang usaha online shop dan banyak lainnya
  • Kirim bukti catatan hutang jatuh tempo melalui Whatsapp serta pengingatnya
  • Laporan penjualan, neraca keuangan, laba rugi, dan arus kas harian hingga bulanan otomatis
  • Unduh / download laporan keuangan usaha dan laporan penjualan dalam bentuk PDF dan Excel!
  • Ketahui profit usahamu saat itu juga!
  • Bagikan price list / list harga produk Anda
  • Catat dan kelola stok produk usaha kecil Anda
  • Keamanan data yang terjamin!
  • 100% Gratis, Aman, Mudah

Credibook

Alternatif aplikasi pembukuan keuangan lainnya adalah Credibook, juga berasal dari dalam negeri. Fiturnya terdiri dari:

  • Catat Transaksi Pengeluaran dan Pemasukan Keuangan Harian
  • Catat Utang Piutang
  • Catatan Pengutang dan Pemberi Utang Saling Terhubung
  • Pinjaman Modal Usaha
  • Bayar Tagihan Utang via Fitur Pembayaran
  • Cetak Struk Transaksi
  • Pembukuan Usaha / Bisnis
  • Pembukuan akuntansi
  • Seluruh Data Tersimpan Aman
  • Catat Transaksi Utang Piutang Per Pelanggan
  • Kelola Lebih dari 1 Buku Utang
  • Atur Jatuh Tempo Pelanggan
  • Tagih Utang via WhatsApp atau SMS
  • Kode OTP via WhatsApp
  • SMS Notifikasi GRATIS
  • Bisa digunakan lebih dari 1 hape
  • Riwayat Utang Dapat Dipantau Pelanggan Melalui Tampilan Web
  • Download Laporan
  • Download Informasi Pelanggan
  • Kartu Nama Digital

Menjalankan usaha kadang  kala kita memerlukan bantuan dalam hal administrasi, tak perlu susah-susah sekarang sudah ada alat penunjang berbentuk aplikasi yang bisa membantu Anda dalam membuat laporan keuangan perusahaan. Anda juga sudah tidak perlu bingung terkait pencatatan penjualan yang susah karena banyak bisnis sudah menggunakan aplikasi ini sebagai bantuan dalam menjalankan usahanya, ini dia 10 Aplikasi pembukuan keuangan usaha yang bisa Anda coba!

Aplikasi Pembukuan Keuangan Usaha

Teman Bisnis

aplikasi pembukuan keuangan usaha

Aplikasi ini adalah aplikasi yang bisa membantu Anda dalam mendapatkan laporan keuangan pada bisnis Anda, aplikasi ini juga bisa membantu Anda dalam menginformasikan terkait tingkat keuangan dari bisnis kecil-kecilan yang Anda miliki. Apabila Anda menggunakan aplikasi ini, Anda akan mendapatkan informasi terkait catatan transaksi, laporan keuangan, hutang piutang bahkan juga informasi terkait pengelolaan persediaan barang yang Anda miliki.

Quickbooks

aplikasi pembukuan keuangan usahaAplikasi yang bisa Anda coba selanjutnya adalah aplikasi Quickbooks dimana dalam Aplikasi ini Anda akan mendapatkan bantuan dalam melihat foto yang Anda lampirkan sebagai bukti transaksi yang telah dilakukan, tak hanya itu aplikasi ini juga bisa memberitahukan Anda Terkait laporan penjualan, laba rugi hingga sampai laporan pembelian.

Menariknya mengenai aplikasi ini Anda bisa mendapatkan kemudahan akses untuk mengelompokan transaksi karena apabila Anda ingin melihat laba rugi dari bisnis Anda.

Wave

aplikasi pembukuan keuangan usaha

Aplikasi yang berasal dari Amerika Serikat ini digunakan oleh banyak orang dengan fitur-fitur yang lengkap untuk mencatat keuangan bisnis Anda, tak hanya itu Anda juga bisa membuat kwitansi secara online menggunakan aplikasi ini, kelebihan lainnya Anda juga bisa melakukan instalasi terhadap software dan memiliki fitur dukungan untuk melihat stok dari produk Anda.

Jadi tunggu apalagi, menggunakan aplikasi ini juga bisa dipermudah karena selalu ada pembaruan fitur yang memudahkan Anda dalam mencatat keuangan bisnis.

Jubileo

aplikasi pembukuan keuangan usaha

Aplikasi Jubelio pada dasarnya adalah aplikasi yang membantu Anda dalam menginput data keuangan agar Anda tidak perlu melakukannya secara manual sehingga bisa meminimalisir waktu Anda. Kelebihan dari aplikasi ini Anda bisa langsung menghubungkan aplikasi ini ke marketplace yang tentu saja bisa mengatur segala macam transaksi dan penyediaan stok hanya dalam satu dashboard saja!

Paper.Id

aplikasi pembukuan keuangan usaha

Aplikasi yang berbasis di Indonesia ini sudah dipakai lebih dari 40 ribu pelaku usaha dan terbukti membantu bisnis dalam pembukuan terkait keuangan. Menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa langsung mengatur pengelolaan bisnis melalui Invoice dan bahan membuat informasi terkait stok barang yang berkurang. Hal ini jelas akan membantu Anda dalam melihat stok barang dan juga melakukan pembukuan terkait berapa banyak transaksi yang terjadi selama sehari.

Kashoo

aplikasi pembukuan keuangan usaha

Kashoo mungkin aplikasi pembukuan yang baru saja muncul, tetapi kepercayaan terhadap pemakainya sudah dilakukan lebih dari 200 ribu pengguna di seluruh dunia. Kashoo juga memiliki kelebihan dibandingkan aplikasi pembukuan lainnya yaitu Kashoo sangat aktif dalam memastikan Anda mendapatkan kesempatan penggunaan yang mempermudah dalam hal mencatat keuangan dan pembukuan Anda.

Catatan Keuangan
aplikasi pembukuan keuangan usaha

Catatan ini didapatkan dan di desain sederhana mengikuti dari kebutuhan penggunanya, nda juga bisa melihat pencatatan pemasukan hingga pengeluaran Anda setiap harinya dengan tampilan laporan harian bahkan hingga bulanan setiap kategori yang Anda ciptakan.

Aplikasi ini jelas juga membantu Anda dalam mempresentasikan data kas karena data dari Catatan keuangan bisa langsung Anda ubah menjadi bentuk yang diinginkan seperti Excel bahkan juga hingga pdf.

Freshbooks

 

aplikasi pembukuan keuangan usaha

Aplikasi yang berbasis Cloud ini bisa membantu Anda dalam melihat pembukuan keuangan bisnis yang susah Anda kelola, Freshbooks juga pada dasarnya melayani berbagai macam fitur seperti Invoice, laporan bahkan juga time tracking dengan tujuan untuk melacak pendapatan Anda dan juga sebagai pengingat akan pembayaran oleh barang Anda. Keunikan dari aplikasi ini juga bisa membantu Anda mengatasi faktur pajak secara lebih efisien sehingga pengelolaan bisnis Anda kini menjadi lebih efektif serta efisien.

Si Apik

aplikasi pembukuan keuangan usaha

Si Apik ini pada dasarnya membantu Anda mencatat jenis transaksi yang sederhana yang biasanya diciptakan dari bisnis UKM. Yang membedakan aplikasi ini dengan aplikasi lainnya adalah bagaimana cara pencatatan dan pelaporan keuangan yang mengikuti bagaimana Anda mencatat keuntungan dalam banyak hal seperti jasa, perdagangan, pertanian bahkan juga Anda bisa mencatat sesuai dengan kebutuhan apa yang Anda butuhkan seperti setoran ke bank bahkan hingga biaya penarikan modal.

Sage One

aplikasi pembukuan keuangan usaha

Aplikasi pencatatan keuangan yang terakhir adalah bersumber dari Inggris dimana Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pencatatan terkait hal akuntansi yang lebih mendetail. Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur unggulan seperti adanya penerimaan pembayaraan, pengelolaan payroll, kemudahan di segala aspek di berbagai macam device bahkan juga Ada fitur yang membantu Anda membagikan hasil pencatatan keuangan Anda dengan perangkat lain.

Itulah dia daftar 10 aplikasi pembukuan keuuanga usaha yang bisa Anda coba dan download  dari sekarang. Aplikasi ini tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri tergantung bagaimana Anda membutuhkannya. Anda juga tak perlu ragu untuk mencoba aplikasi ini dan menemukan mana Aplikasi yang paling bisa membantu Usaha UKM Anda berjalan dengan baik. Selamat Mencoba!

Gambar header Depositphotos.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *