12 Aplikasi Office untuk Android yang Mendukung Word, Excel dan Powerpoint

Aplikasi Office untuk Android

12 Aplikasi Office untuk Android yang Mendukung Word, Excel dan Powerpoint

Di era sekarang, smartphone bukan lagi peralatan personal yang cuma dipakai untuk kebutuhan komunikasi dan berselancar, tapi juga sudah jadi alat bantu untuk mendukung produktivitas.

Sehingga kemudian bermunculan aplikasi yang secara khusus dirancang untuk kegiatan itu, salah satunya aplikasi office Android yang memuat beberapa tools, antara lain Word, Excel, Powerpoint bahkan PDF dalam satu atap.

Berikut adalah beberapa aplikasi office untuk Android terbaik yang bisa Anda pakai sebagai pendukung pekerjaan.

WPS Office

Di antara sekian banyak pilihan aplikasi office, saya berani bertaruh hanya WPS Office yang memberikan semuanya dalam satu atap. WPS Office mendukung sebagian besar jenis file dokumen, seperti Word, Excell, PDF, Powerpoint dan juga Note. Artinya, Anda cukup menggunakan WPS Office untuk membukat semua jenis file tersebut. Sebagai informasi tambahan, WPS Office juga sudah tersedia untuk PC lho!

OfficeSuite

Aplikasi office terlengkap berikutnya adalah OfficeSuite, aplikasi buatan MobiSystems yang juga menawarkan dukungan sama lengkapnya dengan WPS Office. Bedanya, OfficeSuite  juga punya fitur chat dan juga terintegrasi dengan file manager miliknya yang makin memudahkan pekerjaan Anda.

Polaris Office

Selanjutnya, Anda bisa juga mencoba aplikasi Polaris Office yang memiliki dukungan hampir sama baiknya dengan dua aplikasi office di atas. Dukungan Polaris Office mencakup hampir semua jenis dokumen terbaru yang dibuat dari Microsoft Office.

Polaris Office juga mendukung akses kolaborasi antar beberapa pengguna, kemudahan otomatis backup ke cloud dan dukungan editing dari dan ke PDF.

Docs To Go Free Office Suite

Tak selengkap ketiga aplikasi di atas, tapi Docs To Go Free Office Suite bisa jadi pilihan alternatif jika perangkat Anda punya kapasitas memori yang terbatas. Kelengkapan yang ditawarkan meliputi semua jenis dokumen yang dihasilkan dari Microsoft Office plus kemampuan membaca dokumen PDF.

Microsoft Word, Excel dan Powerpoint

Setelah pihak Microsoft meluncurkan versi PC pada tahun 2015 lalu sekarang Anda sudah bisa mengunduhnya di Playstore. Meskipun aplikasi versi android ini tidak selengkap versi PC tapi untuk ukuran aplikasi gratisan dari perusahaan sekelas Microsoft maka hal itu adalah hal yang cukup bagus. Dengan ketiga aplikasi ini, Anda bisa lebih leluasa dan fleksibel dalam mengerjakan pekerjaan Anda.

Download: Word, Excell dan Powerpoint.

Google Doc

Dengan aplikasi ini, Anda akan lebih leluasa dalam mengakses semua file baik itu dalam bentuk word, excel maupun power point yang ada di drive. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah menyimpan file-file yang Anda miliki karena Google Drive sendiri menyediakan ruang penyimpanan gratis yang cukup besar untuk penggunaannya.

Quip: Docs, Chat, Spreadsheets

Aplikasi ini merupakan aplikasi paling ringan sekaligus yang paling membantu di antara aplikasi lainnya. Melalui aplikasi ini, selain menyediakan spreadsheet Anda juga bisa mengundang orang lain untuk ikut mengedit file Anda dengan cepat, mudah dan ringan.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti chat dan ekspor file ke aplikasi lainnya. Oleh sebab itu, aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang sering melakukan tugas berkelompok.

Libre Office

Aplikasi ini memiliki memiliki fungsi yang cukup sederhana yaitu membuka dokumen dengan berbagai ekstensi. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan editing sederhana seperti mengoreksi typo, kesalahan kata hingga highlight kata yang dianggap penting.

Karena fungsinya yang sederhana maka aplikasi ini sangat cocok digunkan untuk para pelajar yang memang kebanyakan hanya membutuhkan fitur-fitur basic saja.

AndrOpen Office

Meskipun aplikasi ini termasuk aplikasi pihak ketiga tapi aplikasi ini dianggap aman dan memiliki fungsi yang berguna sehingga layak untuk direkomendasikan. Aplikasi ini tidak hanya memungkinkan pengguna untuk membuka berbagai file dengan berbagai format tapi juga bisa digunakan untuk mengedit dokumen Office kemudian menyimpannya ke memori eksternal seperti cloud atau mengekspornya menjadi bentuk PDF.

Yang menarik, dengan aplikasi ini Anda bisa mencetak file via printer nirkabel sehingga lebih efisien waktu.

All Document Reader

Aplikasi ini bisa dikatakan sangat lengkap karena tidak hanya capable untuk file Office saja tapi juga filelainnya. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengedit, membuat atau bahkan membaca dokumen Office dan PDF. Selain itu, Anda juga bisa mengkonversi dokumen Office ke PDF, menyimpan file ke cloud secara online serta memiliki fitur reading atau viewing.

Smart Office

Kurang begitu populer dibandingkn apliksi office Android lainnya, namun SmartOffice layak jadi alternatif jika Anda sedang mencari aplikasi dengan ukuran yang ringan bagi perangkat Anda. Sebab, semua format dari word hingga ppt didukung dengan baik, lengkap dengan fungsinya, tidak sebatas membuka dokumen saja.

Collabora Office

Alternatif lain ini mendukung format LibreOffice, berfungsi sebagai aplikasi pengganti karena suatu hal. Tapi tak sebatas itu, fitur di dalamnya juga mendukung berbagai format dokumen dari Microsoft Office 97 hingga 2019.

Yang menarik dari aplikasi ini, ia memiliki tampilan front end ala Collabor namun dengan fungsi dalaman versi LibreOffice termasuk cara kerjanya.

Itu dia beberapa aplikasi Office Android terbaik yang bisa dijadikan pilihan, tentu mustahil semua dipakai, sesuaikan kembali dengan kebutuhan dan resource perangkat Anda.

Selamat memilih!

Artikel Menarik Lainnya