Aplikasi Microsoft Authenticator Kini Dilengkapi Fitur Password Manager

Di titik ini, saya yakin sebagian besar dari kita sudah cukup familier dengan yang namanya password manager. Aplikasi semacam ini sangat berguna dalam membantu mengamankan berbagai akun digital kita secara mudah, sebab yang perlu kita ingat-ingat hanyalah satu kata sandi utama (master password) saja.

Tidak seperti beberapa tahun yang lalu, pilihan aplikasi password manager sekarang sudah sangat melimpah. Bahkan layanan populer seperti Dropbox pun kini punya password manager-nya sendiri. Yang terbaru, Anda bisa memanfaatkan password manager dari Microsoft.

Password manager ini datang dalam wujud sebuah fitur baru untuk aplikasi Microsoft Authenticator di iOS maupun Android Jadi selain untuk keperluan two factor authentication, aplikasi tersebut sekarang juga dapat dipakai untuk menyimpan beragam kata sandi dari akun-akun digital Anda.

Untuk menggunakannya, Anda perlu memiliki akun Microsoft. Setelahnya, Anda dapat langsung menggunakan aplikasi Microsoft Authenticator untuk mengisi informasi akun sekaligus kata sandinya (autofill) di beragam aplikasi maupun situs secara otomatis. Jangan lupa jadikan Microsoft Authenticator sebagai opsi default untuk autofill. Berikut langkah-langkahnya:

  • iOS: Buka Settings –> Cari “Autofill Passwords” –> Klik “Autofill Passwords” –> Pilih “Authenticator”
  • Android: Buka Settings –> Cari “Autofill” –> Pilih “Auto-fill service” –> Klik “Auto-fill service” di halaman berikutnya –> Pilih “Authenticator”

Dari situ Authenticator akan mencantumkan kata sandi yang telah Anda simpan secara otomatis. Lalu ketika Anda mengunjungi situs yang informasi akun beserta kata sandinya belum tersimpan, Authenticator bakal menawarkan diri untuk menyimpannya.

Sejauh ini fitur password manager pada Microsoft Authenticator ini masih berstatus beta, akan tetapi kita sudah bisa menggunakannya pada perangkat yang menjalankan minimal sistem operasi iOS 12 atau Android 6. Sinkronisasi antar perangkat juga didukung, yang berarti Anda bisa menggunakan password manager ini di PC atau laptop via browser Microsoft Edge maupun Google Chrome (dengan bantuan extension).

Sumber: XDA Developers.

Internet
oleh Glenn
Artikel Terbaru