23 Aplikasi Meeting Online untuk PC dan Smartphone (Update)

Seiring berjalannya waktu, kemudahan teknologi semakin mempermudah segala aktivitas manusia.. Hal ini tentu membuat banyak orang terbantu dan memiliki tingkat mobilitas yang tinggi hanya dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Salah satu kemudahan teknologi yang banyak digunakan adalah aplikasi meeting online yang memungkinkan orang membahas suatu topik tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Banyak sekali alasan mengapa seseorang menggunakan aplikasi video conference semacam ini. Misalnya, wabah virus Covid-19 yang saat ini sedang merajalela di mana-mana hal ini tentu membuat orang tidak bisa berkumpul atau melakukan rapat bersama seperti hari-hari biasanya. Maka dari itu, sejumlah orang lebih memilih untuk menggunakan aplikasi ini sehingga kegiatan meeting bisa tetap berjalan meski tidak bertemu satu sama lain.

Berbeda dengan sebelumnya, saat ini orang sangat dipermudah untuk melakukan pekerjaan dari rumah tanpa harus ke kantor. Hal ini dirasa sangat menguntungkan, karena pekerjaan bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Banyak sekali jenis aplikasi meeting online yang bisa Anda manfaatkan.

Pilihan Aplikasi Meeting Online

Tak hanya di luar negeri saja, kini hampir di seluruh belahan dunia mampu memanfaatkan internet yang mana bisa Anda pergunakan untuk menunjang aktivitas kerja Anda. Hanya perlu koneksi internet yang stabil, maka Anda akan mungkin memanfaatkan beragam aplikasi yang bisa diunduh melalui internet. Sangat mudah bukan?

Bagi Anda yang saat ini sedang melakukan Work from Home, maka Anda masih mungkin mengadakan rapat perusahaan meski tidak bertemu satu sama lain. Berikut berbagai jenis aplikasi video conference yang bisa Anda gunakan.

Skype

Skype merupakan sebuah aplikasi besutan produsen Microsoft yang memungkinkan 25 orang bertatap muka secara langsung secara online tanpa harus bertemu hanya dalam satu panggilan saja. Aplikasi ini dapat diakses dengan mudah melalui berbagai perangkat, seperti komputer atau PC, smartphone, hingga televisi.

Aplikasi video conference yang satu ini mendukung panggilan video jarak jauh, percakapan berbasis teks individu maupun grup, dan panggilan telepon berbayar ke ponsel atau rumah. Sangat menarik bukan? Durasi dalam satu kali panggilan adalah selama 4 jam dengan menetapkan batas maksimal 10 jam per hari dalam melakukan panggilan. Kelebihannya lagi, Anda bisa merekam isi meeting selama panggilan berlangsung agar tidak lupa tentang isi meeting tersebut.

Zoom

Tidak jauh berbeda dengan Skype, aplikasi yang satu ini akan memudahkan Anda untuk melakukan panggilan dengan jumlah maksimal 25 orang untuk aplikasi gratisnya. Dari sisi kelebihannya, Zoom memiliki fitur share screen alias dapat memperlihatkan layar komputer atau laptop Anda ke orang lain yang sedang dalam panggilan tersebut. Jadi, Anda bisa menampilkan slide presentasi, jurnal, buku, dan lain sebagainya sebagai pendukung materi meeting yang Anda lakukan.

Tutorial menggunakan Zoom bisa Anda baca di sini: Tutorial Meeting Online dengan Aplikasi Zoom Selama WFH

Salah satu keunikan dari aplikasi ini adalah Anda bisa mengganti latar belakang ketika melakukan panggilan video dengan memanfaatkan gambar-gambar berbagai tempat, seperti London, sawah, ruang angkasa, dan masih banyak lagi. Selain gambar tersebut, Anda juga bisa menggunakan gambar Anda sendiri. Sangat unik bukan?

GoToMeetings

Anda bingung untuk melakukan rapat di tengah wabah virus yang sedang melanda seluruh wilayah di dunia? Anda bisa menggunakan aplikasi GoToMeetings untuuk melakukan kegiatan rapat perusahaan. Seperti namanya, Anda bisa melakukan agenda meeting secara online di rumah saja.

Aplikasi yang satu ini mendukung berbagai fitur menarik, seperti video dan share screen. Hanya saja aplikasi ini memiliki kekurangan dari segi batas maksimal penggunaanya dalam satu kali panggilan, yaitu hanya tiga orang dalam sekali panggilan sehingga aplikasi ini hanya digunakan untuk rapat terbatas saja.

Google Hangout

Tidak tanggung-tanggung aplikasi inilah yang Anda butuhkan ketika Anda menginginkan kegiatan rapat perusahaan dalam skala besar. Aplikasi ini mendukung penggunanya untuk bisa melakukan rapat dalam skala besar, yaitu 250 orang dalam satu kali panggilan. Hampir sama dengan aplikasi meeting lainnya, aplikasi ini juga mendukung fitur video dan share screen.

Kelebihan lainnya adalah ketika Anda ingin mengundang orang untuk bergabung dalam video panggilan di luar anggota video. Maka, penyelenggara video hanya cukup membagikan meeting code ke orang tersebut dengan memasukkan meeting code yang telah dibagikan.

Join Me

Meski aplikasi ini terbilang belum cukup dikenal atau populer di Indonesia. Akan tetapi, aplikasi Join Me ini bisa mendukung kebutuhan meeting online Anda layaknya aplikasi-aplikasi lainnya. Aplikasi ini didukung dengan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan dengan bergabung melalui nomor telepon atau VoIP. Selain itu, fitur pendukung lainnya adalah share screen sehingga Anda bisa berbagi berkas dengan sangat mudah.

Whatsapp

Cara membagikan whatsapp status ke facebook story

Rasanya hampir semua orang memanfaatkan aplikasi yang satu ini. Selain dapat digunakan sebagai penunjang dalam berkomunikasi, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan kegiatan meeting secara online.

Bagi Anda yang ingin melakukan rapat kecil dengan 4 orang saja, maka aplikasi ini masih memungkinkan untuk Anda gunakan.Anda bisa mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store, atau App Store. Pelajari cara pakainya di sini: Cara Menggunakan Panggilan Suara dan Video Grup WhatsApp

Facetime

Aplikasi yang satu ini merupakan keluaran produk Apple yang hanya memungkinkan untuk digunakan di semua produk Apple, seperti iPhone, iPand, dan pod Touch. Aplikasi ini dapat menampung sebanyak 32 orang dalam satu kali panggilan. Facetime memungkinkan penggunanya untuk menggunakan kamera depan atau belakang untuk memperlihatkan suatu objek kepada para peserta dalam video panggilan.

Slack

Slack merupakan aplikasi percakapan berbasis grup yang dapat digunakan untuk mempermudah komunikasi. Biasanya, aplikasi ini sering digunakan oleh sebuah grup perusahaan atau tim. Aplikasi Slack mendukung beberapa fitur, yaitu berbagi dokumen dan melakukan panggilan video bersama dengan 15 orang dalam sekali panggilan.

Cisco Webex

Meski terdengar asing, aplikasi ini sering kali digunakan oleh perusahaan besar yang termasuk ke dalam daftar Fortune 500. Jumlah maksimal peserta video yang dapat ditambahkan adalah 100 orang. Akan tetapi, jumlah tersebut tergantung dari paket langganan yang Anda gunakan.

Fitur aplikasi ini cukup beragam, antara lain screen sharing, Google Assistant, Google Home Hub, papan virtual untuk menggambar, fitur untuk mengunggah dokumen, hingga fitur merekam percakapan dalam video panggilan.

Jitsi Meet

Aplikasi yang satu ini dapat melakukan video konferensi dengan mudah hanya dengan mengakses website Jitsi di https://jitsi.org/jitsi-meet/. Aplikasi ini juga sudah tersedia di aplikasi Android maupun iOS. Dalam sekali panggilan, aplikasi ini mampu menampung sebanyak 75 orang.Cukup banyak bukan?

Teams

Aplikasi Teams juga diproduksi oleh produsen Microsoft. Bedanya dengan aplikasi meeting lainnya, aplikasi ini memungkinkan melakukan panggilan video dengan lebih banyak orang sekitar sepuluh ribu orang dalam satu kali panggilan saja. Bagi Anda yang menginginkan untuk melakukan live conference, maka aplikasi ini sangat cocok untuk ANda gunakan.

Google Duo

Berbeda dengan aplikasi Meet, aplikasi Google Duo hanya mampu melakukan panggilan dengan peserta dalam skala kecil. Maksimal peserta panggilan video hanya 12 orang saja. Jadi, bagi Anda yang hendak melakukan meeting dengan jumlah peserta yang banyak tidak disarankan menggunakan aplikasi ini.

Click Meeting

Aplikasi yang satu ini memungkinkan Anda untuk melakukan rapat secara online dan menjalankan webinar. Dalam satu kali panggilan video, Anda bisa menambahkan sebanyak 25 peserta. Akan tetapi, ketika Anda memutuskan untuk mengaktifkan webinar juga maka Anda bisa menambahkan lebih banyak orang dalam satu kali panggilan saja. Fitur dukungan pada aplikasi ini, yaitu berbagi layar dan perekam.

Adobe Connect

Aplikasi ini ternyata mampu menawarkan kemampuan untuk melakukan pertemuan atau meeting secara online menggunakan Adobe Connect, Anda bisa tergabung dengan memanfaatkan URL khusus yang selalu tersedia kapan saja. Fitur yang ditawarkan juga lumayan, yaitu merekam dan mempublikasikannya kembali. Sebelum Anda memutuskan untuk berlangganan, Anda bisa mencoba uji coba gratis untuk memastikan aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Zoho Meeting

Salah satu aplikasi dengan fitur menarik adalah Zoho Meeting yang mana memiliki fitur untuk membagikan layar semua atau sebagian untuk menampilkan poin-poin yang akan Anda ilustrasikan. Selain itu, aplikasi ini juga didukung dengan fitur perekam pembagian layar dan audio dari meeting yang Anda lakukan. Perangkat lunak ini sangat kompatibel dengan kalender Google dan Zoho.

Amazon Chime

Salah satu perusahaan terkenal ini rupanya juga meluncurkan aplikasi meeting yang dapat dilakukan secara online. Dengan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah membagikan konten layar menggunakan Amazon Chime. Buatlah rekaman online pertemuan yang akan Anda lakukan dan buat pengingat rapat di kalender Microsoft Outlook.

HighFive

Aplikasi HighFive dapat memenuhi semua kebutuhan pertemuan online Anda dengan sangat mudah. Bagi para pebisnis skala kecil dapat menggunakan aplikasi ini untuk membahas rapat tanpa harus bertemu secara langsung. Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini, yaitu berbagai layar dan menjadwalkan rapat.

AnyMeeting

Aplikasi ini menawarkan dua paket yang berbeda, paket pertama dapat digunakan oleh 10 orang dalam satu kali panggilan, Sementara itu, paket kedua memungkinkan melakukan panggilan bersama dengan 30 orang lainnya dalam sekali panggilan saja. Banyak fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini, yaitu screen sharing, chatting, dan mengirim undangan rapat melalui email.

UberConference

Aplikasi ini tidak perlu mengeluarkan biaya ketika hendak digunakan alias gratis. Bagi pengguna dengan versi gratis, maka bisa melakukan video panggilan dengan sepuluh orang saja. Agar dapat melakukan rapat,maka Anda harus memasukkan PIN untuk mengakses pertemuan. Pada fitur gratisnya, Anda bisa menggunakan fitur berbagi layar dan merekam panggilan.

Blue Jeans

Aplikasi yang satu ini sering digunakan oleh berbagai pengusaha skala kecil. Anda bisa melakukan video panggilan dengan lima puluh orang dalam kurun waktu satu bulan dengan durasi pertemuan yang tidak terbatas. Anda bisa membagikan undangan rapat menggunakan Outlook, Office 365, atau kalender Google. Anda juga bisa membagikan desktop dan memindahkan pertemuan Anda ke Facebook Lite.

Ternyata cukup banyak aplikasi untuk meeting online yang bisa Anda unduh dan gunakan melalui PC Anda di rumah tanpa harus repot-repot ke kantor bukan? Bahkan, sejumlah aplikasi di atas tidak menarik biaya apapun ketika Anda ingin menggunakannya sehingga Anda bisa menghemat budget rapat Anda.

Bagi Anda yang saat ini sedang berada di rumah karena pandemi Covid-19 rasanya aplikasi-aplikasi di atas bisa sekali Anda manfaatkan untuk mempermudah pekerjaan Anda. Terutama kegiatan rapat yang harus mengumpulkan banyak orang dalam satu waktu. Karena tidak perlu bertemu atau bertatap muka secara langsung, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk tetap bertemu dan membahas suatu permasalahan melalui rumah masing-masing.

Aplikasi Video Conference Lokal Juga Ada

Selain pilihan aplikasi video conference buatan luar negeri, Anda juga bisa menemukan beberapa aplikasi serupa yang dirancang oleh brand dalam negeri, antara lain:

Qiscus Meet

Mengadopsi open source Jitsi, Qiscus Meet menawarkan alternatif terhubung dengan rekan kerja, klien, teman dan keluarga secara mudah. Tatap muka yang simple dan aplikatif menjadikan Qiscuss Meet muncul sebagai salah satu alternatif yang patut dipertimbangkan.

Biznet Meet

Mengadopsi nama yang hampir sama, Biznet Meet saat ini baru tersedia untuk perangkat PC browser. Saya sudah mencoba mencarinya di Play Store tapi belum ketemu. Hampir sama dengan banyak aplikasi conference call yang ada, Biznet Meet menawarkan ruang pribadi untuk Anda dan rekan kerja, teman atau saudara di mana Anda dapat bercengkrama melalui media suara atau video.

Litemeet

Terakhir, ada Litemeet. Sayangnya, saat saya mencoba mengakses web resminya ternyata Litemeet sudah menutup akses pengguna baru. Praktis, saat ini kita hanya bisa menunggu sampai mereka membuka kembali platform layannnya.

Litemeet menawarkan sejumlah fitur yang menurut saya sangat menarik. Daya tampungnya sampai dengan 100 orang. Ada juga dukungan berbagi layar, fitur rekaman, chat dan juga berbagi papan tulis.

Berbagai Fitur yang Ditawarkan oleh Aplikasi Video Conference

Setiap aplikasi meeting secara online tentunya menawarkan sejumlah fitur yang berbeda-beda. Berikut sejumlah fitur yang sering ditawarkan untuk menarik pengguna aplikasi ini.

Inisiasi rapat

Inisiasi rapat merupakan kemampuan untuk memulai sebuah pertemuan bukan hanya sekadar menjadi peserta pertemuan.

Berbagi layar
Kemampuan untuk membagikan layar komputer Anda kepada seluruh peserta video panggilan sehingga mempermudah Anda dalam menyampaikan materi rapat.

Rekaman

Kemampuan untuk merekam setiap percakapan yang dilakukan dalam video panggilan sehingga dapat dibagikan kepada peserta yang berhalangan untuk mengikuti video panggilan online.

Audio

Bagi peserta yang tidak memiliki dukungan webcam dapat memanfaatkan fitur audio untuk tetap dapat bergabung dalam panggilan.

Tayangan slide

Rapat yang dilakukan melalui video panggilan akan lebih dapat dicerna dengan mengandalkan fitur tayangan slide sehingga penyelenggara rapat lebih mudah dalam menyampaikan materi rapat dengan menggunakan tayangan slide ini.

Chat pribadi

Bagi Anda yang ingin untuk melakukan percakapan pribadi dengan peserta video panggilan, maka bisa memanfaatkan fitur ini untuk mempermudah berkomunikasi. Misalnya saja untuk berdiskusi mengenai topik rapat yang sedang dipaparkan.

Video conferencing

Fitur ini memungkinkan para peserta untuk mengaktifkan webcam agar bisa melihat satu sama lain dan tergabung dalam video panggilan yang sedang dilakukan.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi untuk Meeting Online

  • Banyak sekali keuntungan yang dapat Anda peroleh dari melakukan rapat melalui video panggilan online, antara lain sebagai berikut.
  • Menghemat waktu.
  • Menghemat tenaga.
  • Menghemat budget atau anggaran untuk konsumsi rapat.
  • Jauh lebih santai.
  • Waktunya lebih fleksibel.
  • Tidak perlu bepergian.

Di era globalisasi seperti saat ini memang sangat menyenangkan jika dapat melakukan segala sesuatunya dari rumah tanpa harus bingung keluar rumah. Apalagi di tengah wabah virus mematikan seperti saat ini, rasanya akan cukup mempermudah Anda yang harus tetap melakukan pekerjaan meski hanya dari rumah. Tetap di rumah dan andalkan aplikasi-aplikasi meeting di atas untuk tetap produktif dan bekerja dari rumah.

Gambar header Pixabay.

Internet
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru