7 Aplikasi Lirik Lagu Android yang Bikin Hiburan di Smartphone Makin Optimal

Dengan adanya perkembangan zaman, maka teknologi juga tidak mau kalah akan kemajuannya. Mulai dari dari ponsel yang hanya dapat bekerja menerima atau melakukan telepon lalu kemudian ada sms, permainan, hingga ada fitur mendengar musik sekalipun dimunculkan oleh smartphone masa kini.

Bagi Anda pengguna android kini sudah tersedia aplikasi pemutar musik serta aplikasi lirik lagu android. Jadi Anda yang ingin menghafalkan liriknya serta mendengarkan lagu sambil bernyanyi maka Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara online atau offline.

Aplikasi Lirik Lagu Android yang Bisa Digunakan Secara Offline

Sebuah smartphone android saat ini sudah mempunyai perangkat yang canggih sehingga Anda bisa mendengarkan music secara nyaman dan aman tanpa harus memikirkan habis kuota,  bahkan di dalam smartphone Anda pun ada beberapa aplikasi play music yang bermacam-macam sehingga Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut dan menjadi alat bantu mendengarkan musik.

Namun masih ada  beberapa aplikasi tersebut yang masih belum memiliki fitur yang terbilang  lengkap yang biasa Anda inginkan. Bahkan masih memiliki kekurangan seperti tidak menyediakan lirik lagu di dalamnya, sehingga Anda tidak dapat dengan mudah menyanyikan lagu tersebut. Dan juga memang tidak semua aplikasi untuk mendengarkan music terdapat lirik yang bisa dibaca disaat Anda mendengarkan lagu yang disukai.

Nah kali ini ada beberapa aplikasi lirik lagu android yang secara offline bisa Anda gunakan.

Musixmatch – Lyrics & Music

Aplikasi pemutar musik android yang bisa menampilkan lirik lagu secara offline yang pertama ini  ada Musixmatch. Aplikasi  lirik lagu yang satu ini ternyata cukup terkenal, dikarenakan aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan oleh si penggunaanya bahkan  cukup simple layak seperti aplikasi music biasanya.  Dan bukan hanya itu saja aplikasi ini terbilang unik karena memiliki tampilan otomatis yang  menampilkan lirik lagu di smartphone Anda ketika Anda mendengarkan lagu.

Dan Anda juga bisa menyentuh notifikasi real-time untuk menampilkan widget Floating Lyrics dan mendapatkan lirik lagu yang sedang diputar. Anda juga bisa dapat dengan mudahnya belajar bahasa baru dengan cara menampilkan terjemahan lirik  bersamaan dengan lagu.

GOM Audio

Dan aplikasi lirik lagu android berikutnya  adalah aplikasi lirik lagu yang bisa Anda gunakan secara manual dimana aplikasi GOM Audio ini ternyata menyediakan berbagai jenis widget yang memungkinkan Anda sebagai penggunanya untuk membuat pengaturan sendiri mengenai ukuran, fitur Sync Lyrics / Quickplay bahkan warna dan sebagainya.

Bahkan untuk aplikasi GOM audio ini ternyata mempunyai fitur Sync Lyrics Viewer yang memungkinkan penggunanya untuk melihat atau mencari sinkronisasi lirik dari musik yang sedang Anda diputar. Dan Anda juga bisa dapat menyesuaikannya, menyimpan, dan mengatur efek Equalizer dan Reverb pada program Ini.

TuneWiki – Lyrics for Music

Kalau Anda melihat lirik lagu pada pemutar music dan radio sekarang Anda bisa memilikinya, karena dengan munculnya aplikasi TuneWiki yang berlatar belakang hitam Ini ternyata memiliki fitur Lyric Art. Dengan adanya Lyric Art Anda  bisa melihat lyric dengan berbagai style dan font yang berbeda sesuai dengan yang Anda inginkan. Dan dengan begitu pastinya membuat Anda akan semakin nyaman dalam menyanyikan lagu yang Anda inginkan.

Namun dibalik itu semua ada beberapa hal yang begitu  menarik dari aplikasi ini. Yaitu Anda bisa melakukan kustomisasi yang sangat keren, dimana hanya  cukup pilih lagu yang ingin Anda edit liriknya lalu Anda bisa dengan leluasa memilih backgroundnya, font, dan warna yang berbeda-beda pada tiap baris liriknya. Untuk  Lyric Art  yang telah Anda buat bisa Anda bagikan ke teman-teman melalui Facebook, Twitter, tumblr, dan juga link yang telah otomatis terbuat.

Aplikasi Lirik Lagu Android Secara Online

Tren mendengarkan musik secara online memang sedang booming di Indonesia. Jika dahulu hanya bisa mendengarkan musik melalui file MP3 yang dimasukkan ke dalam ponsel, kini Anda tidak perlu lagi mengunduh lagu karena semua lagu favorit yang Anda inginkan bisa didengarkan secara online.

Bahkan beberapa di antaranya menawarkan lagu secara online. Kalau biasanya iPhone memiliki aplikasi streaming musik online sendiri, kini di android Anda juga  bisa menemukan lebih banyak aplikasi lirik lagu secara online.

JOOX Music

Aplikasi lirik musik online yang  satu ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga Anda para penikmat lagu dan pengguna handphone android. Aplikasi JOOX Music ini  cukup populer, dikarenakan aplikasi JOOX Music menawarkan berbagai fitur yang dimana para penggunanya dapat mendengarkan lagu secara online tanpa harus repot-repot untuk mendownload lagunya. Bahkan untuk aplikasi ini juga memiliki fitur yang mana Anda sebagai penggunanya akan diberikan rekomendasi lagu yang terpopuler dan  lagu terbaik.

Spotify

Yang berikutnya siapa yang tidak kenal aplikasi Spotify? Aplikasi lirik lagu online yang terkenal di dunia dan satu-satunya adalah kompetitor terbesar dari Apple Music. Dan untuk pertama kali nya juga aplikasi ini masuk ke Indonesia di awal tahun 2016.

Pada kemunculannya, Spotify langsung mendapat sambutan yang sangat baik dari penikmat musik di Indonesia. Karna koleksi musik yang ditawarkan oleh Spotify ini sangat up-to-date dan begitu  lengkap.

Bahkan bisa dilakukan secara antarmuka yang begitu modern sehingga  membuat siapa saja bisa  untuk menggunakannya dengan mudah. Walaupun memiliki kesamaan seperti beberapa aplikasi musik lainnya, ternyata Spotify juga bisa digunakan secara gratis atau bisa juga dengan membeli versi premium dengan fitur yang lebih lengkap. Anda cukup download di playstore.

YouTube Music

Berbeda dengan Spotify dan beberapa aplikasi lainnya, ternyata aplikasi Google yang satu ini tidak hanya menghadirkan koleksi lagu dan video melainkan juga ratusan lirik lagu  dan cover song yang begitu menarik.

Bahkan YouTube Music mengizinkan Anda untuk men-skip lagu tanpa mengeluarkan biaya langganan. Dengan Aplikasi YouTube Music ini Anda bisa memiliki kebebasan untuk mendengarkan lagu, menyanyikan lagi dengan lirik yang Anda sukai tanpa harus menggunakan shuffle. Bahkan aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk mengunduh lagu-lagu yang kemungkinan Anda sukai secara otomatis.

Google Play Music

Mungkin masih banyak di antar pengguna android yang belum pernah menjajal Google Play Music. Padahal  aplikasi yang berikut ini selalu ada di dalam ponsel android yang baru saja Anda beli.

Untuk Google Play Music menawarkan 35 juta lagu dan beribu lirik lagunya, dan ketika Anda memutuskan untuk berlangganan Google Play Music, maka Anda akan memperoleh fitur-fitur yang begitu menarik yang bisa Anda coba.  Bahkan unik nya lagi di aplikasi ini Anda juga bisa mengunggah musik Anda sendiri dan bisa Anda masukan  melalui Google Play Music.

Jadi bagaimana apakah Anda mau mencoba menggunakan aplikasi lirik lagu android seperti yang ditampilkan  di atas?

Mobile
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru