Aplikasi LINE TODAY Sajikan Tampilan Baru dan Sistem Rekomendasi Berbasis Kecerdasan Buatan

Ada yang baru dari aplikasi LINE TODAY. Kalau Anda mengunduh update versi terbarunya di Android maupun iOS, Anda bakal melihat tampilan baru yang dibagi menjadi tiga bagian: Home, My Category, dan Explore. Bukan cuma itu, LINE TODAY juga telah menambahkan teknologi Artificial Intelligence Recommender System (AiRS) hasil pengembangan induk perusahaannya sendiri, NAVER.

Kita mulai dari perubahan yang langsung kelihatan secara kasat mata terlebih dulu, dan yang sebenarnya sudah tersedia sejak pertengahan Agustus lalu, yaitu penambahan tiga tab baru di baris paling bawah.

Sesuai dugaan, di bagian Home aplikasi bakal menyajikan beragam berita hangat lewat segmen Trending maupun For You. Melalui tampilan ini juga pengguna bisa menemukan fitur News Story, yang dirancang untuk merangkum berbagai pilihan berita harian dalam bentuk yang lebih ringkas dan ringan.

Masuk ke tab My Category, di sinilah pengguna dapat memilih kategori-kategori berita yang sesuai dengan preferensi mereka masing-masing, maupun mengakses kategori populer seperti Showbiz, News dan Life. Kalau mau tampilan kategori yang lebih lengkap, pengguna tinggal membuka tab yang ketiga, yakni tab Explore.

Tampilan baru ini tentunya disiapkan agar pengguna bisa lebih mudah menemukan informasi terbaru melalui LINE TODAY. Namun yang lebih menarik sebenarnya adalah teknologi AiRS itu tadi, yang pada dasarnya merupakan sistem rekomendasi berbasis kecerdasan buatan, yang mampu mengenali kebiasaan membaca pengguna dari waktu ke waktu.

Tujuannya adalah menyuguhkan deretan berita yang benar-benar disesuaikan dengan preferensi setiap pembaca secara otomatis. Tiga variabel yang AiRS perhatikan dalam mengerjakan tugasnya adalah profil pembaca, kebiasaan membaca, dan karakteristik konten dalam artikel, dan hasil rekomendasinya bisa langsung ditemukan pada segmen For You di tab Home itu tadi.

Terlepas dari semua pembaruannya, aplikasi LINE TODAY versi Android rupanya cuma memiliki ukuran sebesar 4 MB saja. LINE TODAY memang bisa diakses langsung dari browser, akan tetapi fitur-fitur di atas tentu cuma tersedia di aplikasinya, dan ternyata kita juga tidak perlu mengorbankan terlalu banyak memori untuk semua itu.

Mobile
oleh Glenn
Artikel Terbaru