Daftar Aplikasi Kasir (POS) yang Bikin Pembukuan UKM Jadi Lebih Efektif

Di era konvensional, pencatatan penjualan biasa dilakukan secara manual. Bahkan di era komputerisasi, pencatatan masih menggunakan software perkantoran yang terbilang rumit dan tidak spesifik.

Sampai akhirnya muncul era di mana semua serba digital, serba mobile dan terhubung. Ketika kemudian muncul berbagai pilihan aplikasi kasir atau POS dengan berbagai fitur, multi perangkat dan platform.

Berikut ini adalah daftar aplikasi kasir atau POS yang bisa membantu pencatatan penjualan UKM menjadi lebih efektif dan efisien.

Moka POS

Moka POS rasanya sudah dikenal luas sebagai salah satu aplikasi kasir online yang bisa diandalkan, cocok untuk semua skala UKM dan memiliki fitur yang lengkap serta terjangkau jika UKM menginginkan upgrade layanan.

Moka diinisiasi oleh  dua sosok penting, yaitu Grady Laksmono dan Haryanto Tanjo. Keduanya bersinergi mengembangkan produk solusi pembayaran dengan menawarkan integrasi sistem POS yang memungkinkan pengguna menyelesaikan pembayaran dalam satu langkah singkat.

Cashlez

Berdiri sejak 2015, Cashlez sukses melahirkan sejumlah produk, salah satunya tentu layanan mPOS dan POS yang bisa digunakan secara gratis oleh merchant. Fitur Mini POS ini menyediakan teknologi yang bisa digunakan merchant untuk mencatat dan memproses pembayaran secara nontunai. Sedangkan fitur POS lebih lengkap dengan reader/dongle yang bisa dimanfaatkan oleh merchant untuk transaksi pembayaran nontunai dengan card base atau QR payment.

Olsera

Melantai ke platform POS, Olsera didesain untuk membantu UMKM dalam melakukan pencatatan penjualan dan pembukuan.

Layanan POS Olsera hadir dengan fitur yang menjawab berbagai kebutuhan UKM seperti Self Order, Kiosk Order, Table Management, Kitchen Order Management, Multi Level Inventory Management, Loyalty Point, dan metode pembayaran menggunakan e-money Ovo dan Gopay.

Pawoon

Berdiri sejak tahun 2014, Pawoon berhasil bertahan bahkan terus berkembang secara signifikan. Disebutkan pada tahun 2017 Pawoon mampu mendapatkan pertumbuhan pengguna lima kali lipat dari tahun sebelumnya.

Salah satu fitur terbaru yang jadi unggulan Pawoon POS adalah Multi-Outlet Pricing, di mana perusahaan yang memiliki banyak cabang/outlet bisa fleksibel mengatur harga yang berbeda untuk produk yang sama di setiap cabangnya, dengan mudah dan cepat

STEM iReap POS

iReap POS adalah aplikasi sistem kasir yang dikembangkan oleh STEM untuk perangkat ponsel pintar Android. Aplikasi ini diklaim dapat memberikan kemampuan dan fleksibilitas penggunanya dalam mengatur usaha ritel yang dimiliki.

Beberapa fitur yang tersemat di antaranya, pengaturan artikel, pengaturan harga barang, mengontrol persediaan, dan pencatatan transaksi kasir penjualan.

Mobile
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru