Lewat Aplikasi Game Driver, Performa Gaming Smartphone Samsung Meningkat

Lewat Aplikasi Game Driver, Performa Gaming Smartphone Samsung Meningkat

Kualitas game-game mobile di smartphone terus meningkat, dari sisi grafis maupun gameplay-nya. Begitu pula dengan teknologi chipset yang mana kemampuan CPU dan GPU-nya semakin powerful, didukung AI dan juga konektivitas 5G.

Belum lama ini, Qualcomm telah mengumumkan chipset flagship Snapdragon 888 yang memiliki fitur updateable GPU driver. Serta, siap menyuguhkan pengalaman bermain game premium dengan frame rate mencapai 144fps di smartphone flagship tahun depan.

aplikasi-game-driver-samsung-2

Driver GPU yang dapat diperbarui ini sebetulnya hal yang umum di dunia PC. Setelah inovasi Qualcomm, Samsung juga memperkenalkan solusi software yang memungkinkan mendapatkan ‘pengalaman bermain game terbaik di smartphone‘ yaitu lewat sebuah aplikasi Android bernama Game Driver.

Aplikasi Game Driver ini hanya untuk smartphone flagship terbaru Samsung, yaitu Galaxy S20 series dan Galaxy Note20 series. Dua judul game yang dipastikan mendapat peningkatan kinerja ialah Call of Duty: Mobile dan Fortnite.

Optimalisasi GPU dilakukan setelah kolaborasi dengan Google dan vendor GPU utama seperti ARM dan Qualcomm. Samsung berjanji, meski saat ini jumlah perangkat yang mendukung Game Driver masih sangat terbatas, tetapi akan tersedia lebih luas segera ke depannya.

Karena smartphone flagship Samsung menggunakan dua dapur pacu yang berbeda, Samsung juga menyediakan dua versi aplikasi Game Driver. Ada untuk GPU Adreno untuk yang menggunakan chipset Snapdragon 865 dan Game Driver untuk GPU Mali yang menggunakan Exynos 990.

Sumber: GSMArena

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *