10 Aplikasi Edit Video Android dengan Fitur Lengkap

Koleksi paling pas untuk para konten kreator
Aplikasi edit video android

Dari sekian banyak aplikasi yang tersedia di Play Store, aplikasi-aplikasi untuk kegunaan editing video dan foto termasuk kategori aplikasi yang paling laris dengan pengguna yang jumlahnya cukup tinggi.

Dan dengan kemampuan smartphone yang semakin baik, maka seolah terjawab sudah tuntutan pengguna akan sebuah tool editing video yang mumpuni melalui perangkat mobile.

Nah, berikut ini adalah sepuluh aplikasi editing video terbaik beserta fitur-fitur unggulannya.

Quik

Quik merupakan aplikasi edit video android yang dikembangkan oleh GoPro. Selain sebagai aplikasi bawaan untuk platform edit video yang kompatibel dengan banyak tipe kamera GoPro, Quik sendiri juga bisa digunakan untuk editing video yang tersimpan di dalam ponsel.

Dilengkapi fitur 23 tema dengan gaya dan transisi yang unik. Quik juga memiliki perangkat editing dasar layaknya editor foto profesional seperti crop, fast forward, slow motion, format choices, audio addition yang dapat mensinkronkan lagu dengan transisi secara otomatis.

Aplikasi Edit Video Android

Yang menjadi kelebihan Quik lainnya adalah hasil video dapat dirender dari kualitas 60 fps hingga 720p dan semua hasilnya akan tetap halus dan terasa seperti profesional. Fitur lanjutan yang merupakan keunikan dari Quik adalah Quikstories dimana pengguna dengan mudah dan sederhana cukup memilih video dan foto-foto yang ingin digabungkan menjadi satu cerita.

Maka Quik secara otomatis dapat memproduseri atau menciptakan cerita dari platform Quikstories ini secara otomatis dan menghasilkan video cerita yang apik dan tampak seperti hasil edit profesional.

InShot

InShot mengedepankan fitur sebagai editor video instagram terbaik. Sangat mudah dan lengkap Inshot dibekali fitur editing video yang komplit dari trimmer, crop, watermark, hiasan, musik, efek yang banyak variasinya hingga rendering dengan format 1080p semua sudah bisa dilakukan lewat ponsel dengan aplikasi InShot.

InShot sendiri lebih mengedepankan fitur editing video yang mendetail bahkan pengguna dapat mengatur sendiri kualitas dan kuantitas dari video dan musik yang disematkan.

Aplikasi Edit Video Android

Kesan detail juga lebih terasa karena InShot menyediakan platform untuk mengedit efek dan pengaturan tampilan dasar pada video dengan mendetail. Dari segi aperture hingga kontras dan temperature video dapat disetting dengan mudah dan semuanya tersedia di dalam satu aplikasi ponsel android.

Meskipun beberapa fitur harus mencantumkan watermark namun banyak dari fitur InShot yang dapat digunakan bebas dari watermark tanpa merusak nilai estetik video yang sudah diedit. Beberapa fitur yang akan menambahkan watermark pada video seperti fitur crop atau reseize untuk menyesuaikan ke dalam ukuran tampilan ponsel atau rasio tinggi.

Banyak pengguna yang sudah membuktikan kualitas aplikasi InShot karena fiturnya benar-benar komplit sebagai platform editing video untuk ponsel. Yang masih disayangkan adalah tidak adanya fitur transisi yang komplit dan slow motion tidak dapat dipecah ke dalam part tertentu pada video namun perlambatan dan percepatan video akan berjalan pada keseluruhan video.

KineMaster

KineMaster selain menjadi editor video gratis dengan rating tinggi juga mengedepankan fitur-fitur unggulan. Dengan KineMaster mengedit beberapa lapisan layer video dapat dilakukan hingga menambahkan stiker, gambar maupun efek dan teks pada video.

Penambahan musik dan suara juga bisa dilakukan dengan sangat mudah bahkan dibekali juga fitur efek dan setting suara. Toko yang disediakan oleh KineMaster merupakan platform yang menyediakan banyak tipe efek, stiker, musik, transisi baru setiap minggu yang bisa diperbarui atau didownload baik secara gratis maupun berbayar.

Adobe Premiere Rush

Merupakan aplikasi edit video android adaptasi dari Adobe Premiere untuk PC. Premiere Rush juga tidak kalah canggih dan responsif dengan versi pc-nya hanya saja aplikasi ini lebih ringan dan ringkas.

Fitur yang disematkan berupa kualitas editing video yang bisa dibilang level pro, alat editing yang standar dan mudah dipahami seperti crop, drop, trim dan masih banyak lainnya. Timeline yang dapat digabung dan dipisah layaknya editor video untuk pc. Audio dengan kualitas yang bagus dan unlimited rendering atau export setelah mengupgrade ke fitur berbayar.

Adapun Adobe Premiere Rush ini dapat support atau berjalan dengan maksimal pada beberapa devices seperti Samsung S10 hingga Note8, Google Pixel 3/3XL hingga 1/1XL, OnePlus 7, Sony Xperia 10/10 hingga XZ1, dan Xiaomi Mi9 hingga 7 Pro.

Beberapa devices yang belum terdaftar dalam supported device mungkin akan agak sulit untuk menjalankan aplikasi atau tidak dapat selesai hingga proses instalasi. Yang menjadikan Premiere Rush cukup apik sebagai editing video adalah fitur detail editnya pada tampilan video. Manual editing pada video dari segi tampilan seperti kecerahan, temperatur, aperture, warna dapat disesuaikan dengan mudah dan cepat.

Film Maker Pro

Film Maker Pro memiliki satu fitur yang cukup unik namanya dan membedakannya dengan beberapa editor video ponsel lainnya. Yaitu fitur Juxtaposer yang merupakan fitur penggabungan video klip menjadi satu.

Fitur dasar yang diusung antara lain fitur crop, pemisah, duplikasi, penambahan musik, efek, filter, rasio dan transisi otomatis. Masih ada cukup banyak fitur dasar lainnya yang membuat aplikasi edit video android bisa dibilang cukup lengkap.

Filter dan efek bawaan yang tersedia di dalam Film Maker Pro juga terbilang sudah cukup lengkap dan apik dimana pilihan dan variasinya cukup banyak.

Glitch Cam

Seperti judulnya GlitchCam mengusung keunggulan berupa efek glitchnya ala retro kamera. Fitur glitch yang bisa diaplikasikan secara otomatis kedalam video juga bisa diedit dan disesuaikan pengaturannya. Selain glitch fitur-fitur dasar perangkat editor video ponsel juga tersedia dalam GlitchCam.

Tersedia seratus lebih efek eksotis dan menarik lainnya layaknya efek glitching, fitur-fitur editing video dasar yang lengkap, musik gratis maupun dari direktori bisa disematkan ke dalam video, filter Retro VHS dan juga merekam video juga dapat dilakukan dengan aplikasi ini.

Keunggulan konsep retro yang diusung aplikasi ini tidak terdapat pada aplikasi-aplikasi editor video pada umumnya kecuali aplikasi yang mengusung konsep retro camera. Aplikasi ini selain memberlakukan retro kamera dan efek juga mengedepankan kualitas fitur editing videonya yang lengkap dan tidak asal-asalan seperti mayoritas retro cam.

Glitch yang diterapkan serta efek retro lainnya pun juga dapat disesuaikan dari banyak aspek baik pencahayaan, aperture hingga kuantitas semuanya secara mudah dan praktis melalui aplikasi ini.

Videoshop

Aplikasi Edit Video Android

Terdapat beberapa fitur menarik pada aplikasi ini yang jarang disematkan pada aplikasi-aplikasi editor video ponsel pintar lainnya. Seperti fitur voice overs dimana pengguna dapat menambahkan dubbing atau rekaman suara pada video, judul dengan animasi juga bisa disematkan dalam video, serta fitur-fitur editing video dasar lainnya juga sudah terbilang cukup komplit.

Pengguna sudah bisa mengatur video yang akan diedit dengan berbagai filter dan transisi hingga penyematan musik ke dalam video. Tersedia banyak jenis efek dan transisi yang dapat diunduh pada platform shop aplikasi ini. Sehingga pengguna tidak akan bosan dengan berbagai tipe filter, transisi, hingga efek-efek yang menarik yang bisa diaplikasikan pada video dengan sangat mudah dan instan.

Beberapa fitur video seperti efek dan crop akan menyertakan watermark kecuali pengguna sudah meningkatkan status pemakaian menjadi berlangganan maka beberapa fitur dan banyak efek akan tersedia secara gratis dan dapat digunakan tanpa harus memotong ulang watermark.

Meskipun beberapa fitur sudah berbayar namun mayoritas fitur-fitur gratisnya sudah sangat bagus dan dapat digunakan secara gratis kapanpun dan dimanapun pengguna membutuhkan.

VivaVideo

VivaVideo merupakan aplikasi edit video android paling awal yang ada di Android store sebagai aplikasi editor video dengan akreditas dan rating tinggi. VivaVideo sendiri sudah memiliki komunitas tersendiri untuk berbagi dan bertemu dengan editor video lainnya yang menggunakan platform VivaVideo.

Pada umumnya fitur dan aksesibilitas VivaVideo cukup mudah dan lengkap layaknya editor video lainnya. Tersedia tools dasar editing video seperti crop, trim, cut, filter, effect, setting dan lainnya. Yang jadi keunggulan lebih adalah VivaVideo menyediakan fasilitas render yang cukup komplit dari 720p, 1080p hingga 4K. Tersedia pula lagu-lagu baru yang dapat diunduh dan disematkan pada video.

Video Editor

Sesimpel namanya platform video editing yang rapi dan ringkas ini dibekali fitur editing video yang terbilang cukup untuk pengguna ponsel. Yang menjadi keunggulan dari Video Editor adalah kemampuannya untuk selalu mengedit video dimanapun berada dan kapanpun dengan kinerja aplikasi yang ringan.

Fitur yang dibekalkan pada Video Editor berupa trimming, cropping dan cutting video untuk mengatur tampilan dan alur video. Foto juga bisa diedit melalui aplikasi ini dilengkapi pula penambahan judul dan teks pada video maupun foto.

Hasil akhir edit pun dapat di-render hingga kualitas 4K Ultra HD dimana ini sangat praktis dan instan untuk pengguna ponsel yang menghasilkan motion picture beresolusi 4K dan HD.

Tersedia musik-musik gratis bebas royalti yang dapat digunakan secara legal apabila pengguna membutuhkan video untuk diunduh ke situs seperti youtube sebagai content. Emoji dan filter juga disematkan dalam fitur sebagai tambahan atau advance editing pada kualitas video.

Movie Maker for YouTube & Instagram

Merupakan aplikasi edit video android instant yang dapat digunakan untuk mengedit video secara mudah dan cepat untuk keperluan feeds post Instagram hingga content di YouTube. Yang menjadi keunggulan platform editing ini adalah simpel dan sangat mudah digunakan terutama bagi yang sangat awam dengan dunia editing video.

Layaknya editor foto aplikasi ini mudah digunakan dilengkapi filter-filter otomatis dan fitur crop, trim dan pengaturan alur video semuanya dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana.

Meskipun terbilang merupakan aplikasi sederhana namun fitur yang diusung sangat komplit dari tools dasar hingga text dan emoji juga dibekalkan. Selain sebatas text saja juga tersedia effect dan pengaturan text untuk menghasilkan feeds yang maksimal dan menyenangkan untuk dilihat.

Mobile
oleh Bambang Winarso
Placement Ads
Artikel Terbaru