5 Aplikasi E-voting Berbasis Android Yang Patut Anda Coba

 5 Aplikasi E-voting Berbasis Android Yang Patut Anda Coba

Vote metaphor. Conceptual 3d image

Munculnya berbagai macam aplikasi E-voting di Android memudahkan para pelaku survey dalam mencari informasi. Di era yang serba digital, masyarakat disuguhkan dengan berbagai kemudahan ketika menjalankan suatu aktivitas ataupun kegiatan, salah satunya adalah kemudahan dalam melakukan survey.

Sebelumnya, survey dilakukan dengan menggunakan kertas dan pena, selain itu dalam pelaksanaannya memakan waktu, tidak aman, dan membutuhkan terlalu banyak input manual untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Namun, karena perkembangan teknologi yang semakin pesat, melakukan survey menjadi sebuah hal yang mudah dan tidak perlu memakan waktu lama. Saat ini juga sudah tersedia layanan poling menggunakan sistem online atau istilah yang biasa kita kenal  adalah E-voting atau biasa juga kita sebut E-polling.

E-Voting sendiri merupakan singkatan dari Elektronik Voting atau jika diterjemahkan artinya adalah pemilihan elektronik. Tujuan dari E-voting sendiri yaitu sama dengan voting pada umumnya, yakni mendapatkan sampel dalam melakukan survey baik itu untuk umum maupun kalangan tertentu.

Berikut 5 rekomendasi aplikasi E-voting yang dapat Anda coba!

Suggestify

Bagi Anda yang ingin mendapatkan fitur tatap muka ketika sedang melakukan survey, aplikasi ini bisa menjadi salah satu alternative yang dapat digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan seseorang untuk menambahkan komentar atau pandangan mereka mengenai survey yang telah Anda buat.

Cara membuatnya pun cukup mudah, Ketuk ikon ‘+’ untuk dapat membuka layar polling, kemudian  Anda dapat memilih grup untuk membagikan polling. Saat membuat jajak pendapat, seseorang dapat mengatur durasi untuk kedaluwarsa jajak pendapat, selain itu, aplikasi ini juga membiarkan orang lain membagikan jajak pendapat secara lebih lanjut.

SurveyHeart

Menampilkan template yang menarik dalam sebuah survey merupakan suatu nilai tambahan yang dapat membuat orang lebih tertarik untuk mengisi survey. Aplikasi polling satu ini menyediakan fitur Themes yang berbeda sesuai dengan kategori yang dapat Anda gunakan ketika ingin membuat sebuah survey.

Adapun kategori yang dapat Anda temukan dalam aplikasi ini yaitu Pendidikan, Kesehatan, Pendaftaran, Makanan, Tour and Travel, dan Aplikasi. Namun, bagi Anda yang merasa kurang puas dengan fitur Themes yang telah disediakan, Anda juga bisa membuat template sendiri sesuai dengan selera Anda.

Kemudian, kelebihan lain yang dapat Anda temukan dari aplikasi ini adalah aplikasi ini memungkinkan Anda untuk bermain dengan beberapa teman, selain itu Anda juga dapat menambahkan logo instansi atau perusahaan, menampilkan ringkasan polling, serta beberapa respons.

SurveyMonkey

Jika aplikasi sebelumnya menyediakan beragam pilihan template yang dapat Anda gunakan, aplikasi satu ini justru menyediakan beragam pertanyaan yang siap dibagikan dan merupakan sebuah pertanyaan yang paling umum untuk ditanyakan kepada pengguna. Selain itu, SurveyMonkey memungkinkan Anda membuat beberapa pertanyaan dengan beberapa halaman yang berbeda.

SurveyMonkey juga memiliki fitur filter yang mampu membandingkan dan menganalisis hasil survei secara real time. Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan pertanyaan di aplikasi. Anda dapat menambahkan bank soal, teks biasa dengan kotak jawaban, tarik-turun, gambar, pertanyaan pilihan gAnda, dan masih banyak lagi.

PollEverywhere

Aplikasi satu ini memudahkan Anda yang ingin mendapatkan feedback secara langusung ketika sedang melakukan sebuah presentasi, seminar, diskusi ataupun sebagainya. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk dapat melakukan polling secara  langsung dihadapan para peserta ketika kita sedang melakukan presentasi.

Hasil yang diperoleh dari polling tersebut kemudian dapat diperlihatkan hasilnya ke dalam Microsoft PowerPoint. Singkatnya, aplikasi ini sangat cocok Anda gunakan ketika sedang dalam presentasi, seminar, diskusi, dan sebagainya.

Pollie

Aplikasi polling terakhir yang juga patut Anda coba Pollie. Aplikasi ini dirancang khusus untuk layar kecil, dan Anda akan langsung melihatnya begitu mulai menggunakan aplikasi ini. Pada dasarnya, aplikasi ini sangat mudah digunakan.

Tanpa harus login seperti kebanyakan aplikasi serupa, ketika pertama kali masuk, Anda langsung ditawarkan untuk membuat jejak pendapat baru. Selain itu, Anda pun dapat menambahkan branding kustom, logo dan detail perusahaan atau instansi.

Kemudian, pengguna juga dapat memilih beberapa jawaban sekaligus. Sayangnya, aplikasi ini hanya mampu membuat 1 pertanyaan saja, sehingga dirasa kurang tepat jika Anda ingin membuat daftar pertanyaan yang banyak sekaligus.

Menggunakan sebuah aplikasi polling sangatlah memudahkan kita semua ketika sedang melakukan riset atau membuat sebuah keputusan. Semoga 5 rekomendasi aplikasi E-voting di atas dapat membantu dan mempermudah Anda dalam melakukan riset dan membuat sebuah keputusan.

Bagi Anda pengguna Android, dapat menggunakan 5 aplikasi tersebut pada smartphone Anda, sedangkan bagi Anda pengguna IOS, hanya dapat menggunakan aplikasi SurveyMonkey dan juga Pollie.

Gambar header Depositphotos.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *