Kumpulan Aplikasi dan Layanan yang Membantu Meningkatkan Skill Menulis Anda

Menulis butuh latihan dan pembiasaan, nah tambahan tool akan membuat pembelajaran Anda semakin pesat

Seseorang yang bekerja dalam bidang kepenulisan tentu sangat penting untuk meningkatkan skill menulisnya. Kini Anda bisa memanfaatkan aplikasi yang membantu meningkatkan skill menulis. Pasalnya, sebuah kata-kata itu terkadang cukup rumit dan bukan mudah untuk dipahami dengan baik.

Sebagai seorang menulis bagaimana mungkin tidak bisa menyampaikan pesan kepada pembacanya. Untuk itu, Anda perlu meningkatkan skill menulis mulai dari mengembangkan vocabulary hingga mempraktekkannya. Sebagai solusi beberapa aplikasi berikut bisa membantu Anda dalam meningkatkan skill menulis.

Daily Page

Jika Anda ingin membiasakan diri untuk bisa menulis setiap harinya namun tidak mengetahui apa yang harus ditulis, maka aplikasi yang membantu meningkatkan skill menulis ini bisa jadi solusi tepatnya. Daily Page akan membantu memberikan dorongan kepada Anda untuk bisa menulis setiap hari di waktu pagi.

Lebih dari itu, Anda juga bisa memiliki waktu sepanjang hari untuk menulis respon serta bisa membagikan ataupun menyimpannya untuk diri sendiri.

750 Words

Ini merupakan aplikasi yang membantu meningkatkan skill menulis selanjutnya. Berupa latihan pompa otak yang artinya menyalurkan apa yang ada di kepala ke atas kertas. Tanpa perlu takut dalam menyampaikan ide maupun hal pribadi secara langsung.

Anda bisa menuliskan apa yang diinginkan pada akun pribadi dari 750 Words. Bahkan dengan tanpa judul konten ataupun tag topik. Kemudian Anda bisa membagikannya pada teman-teman.

Menggunakan aplikasi ini berarti dapat mentracking Anda mengenai berapa jumlah kata yang ditulis yakni sekitar 3 lembar atau 750 kata. Anda bahkan bisa memainkan game yang bisa merefresh dan memberikan kesenangan kembali ke dalam diri Anda.

Tak hanya itu, jika Anda menulis menggunakan 750 Words maka Anda bisa mendapatkan poin. Sejumlah 2 poin akan Anda peroleh jika bisa menulis 750 kata kemudian poin lebih bisa Anda dapat jika bisa menulis dengan lebih konsisten. Dalam setiap tulisan Anda pun akan melihat statistik sebagai penunjuk berapa lama Anda menghabiskan waktu dalam menulis.

Twords

Dalam dunia blogging atau tulis menulis, mempublikasikan tulisan secara konsisten merupakan hal yang sangat penting. Penelitian pun menyebutkan bahwa perusahaan yang sudah berkomitmen untuk mempublikasikan tulisan mereka secara teratur dan berkualitas maka dapat menaikkan traffic website.

Menggunakan Twords bisa membantu Anda untuk lebih berkomitmen dalam menulis secara teratur. Twords sendiri menyebut dirinya sebagai aplikasi yang mendorong Anda untuk menulis. Hal ini artinya aplikasi ini dapat memberikan notifikasi jika Anda belum melakukan penulisan. Anda juga akan terbantu untuk lebih bertanggung jawab dalam menulis.

Lebih dari itu, jika Anda menggunakan Twords juga dapat mentracking tulisan yang sudah dibuat sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa melihat pattern penulisan saat malas dan rajin menulis.

Trello

Meningkatkan skill menulis dengan baik bisa dilakukan dengan mengorganisir kegiatan menulis secara efisien. Untuk membantu Anda dalam melakukan hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan Trello. Trello bisa Anda Andalkan untuk mengoleksi ide konten, membagikannya dengan orang lain, menentukan deadline menulis dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan Trello, Anda juga bisa berkolaborasi dengan anggota tim lainnya, membantu melakukan tracking progress, hingga memindahkan ide-ide yang ada di konsep ke penyelesaian. Sangat menarik bukan? Trello tersedia untuk Android, iOS dan juga trello.com/.

Aplikasi Swipe File

Sebenarnya, aplikasi Swipe File merupakan sebuah folder yang mana Anda bisa menjaga hal-hal penting mana yang ingin disimpan. Misalnya saja seperti hasil copy, iklan, ataupun email. Anda pun bisa menyimpan semua postingan yang menarik dan diinginkan sebagai bahan ataupun sumber inspirasi nantinya.

Umumnya, bentuk dari Swipe File bisa terdiri dari bentuk digital maupun file fisik. Untuk file fisik sendiri dapat berupa folder maupun kumpulan amplop yang bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan potongan copy, print iklan, hingga surat-menyurat dan masih banyak lagi.

Sementara Swipe File yang ada pada desktop dapat berupa folder digital layaknya yang sering Anda lihat dalam komputer. Jadi, kapan saja Anda melihat sesuatu yang cukup menarik maka bisa langsung melakukan screenshot kemudian menyimpannya pada Swipe File.

Google Docs

Aplikasi yang membantu meningkatkan skill menulis selanjutnya adalah Google Docs. Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk meningkatkan skill menulis dengan melakukan riset online mengenai topik yang ingin ditulis. Selain itu, Anda juga bisa menemukan quotes ataupun informasi yang cukup edukatif.

Google Docs juga bisa Anda gunakan untuk request edit ataupun komentar dari teman kerja. Tak hanya itu, Anda pun bisa memiliki kamus yang bisa digunakan secara internal bersama anggota tim lainnya.

Aplikasi Quora dan inbound.org

Bagi Anda yang menyukai keramaian, Quora bisa jadi salah satu aplikasi yang direkomendasikan. Quora sendiri merupakan sebuah tempat yang cukup bisa diandalkan untuk melakukan tanya jawab saat Anda ingin mencapai jaringan lain diluar yang sudah bisa diakses.

Kemudian, jika Anda menginginkan untuk mencari jawaban khusus, maka Anda bisa memilih inbound.org. Dengan mengunjunginya maka Anda bisa mendapatkan sumber jawaban dari para professional sekalipun.

E.ggtimer.com dan Tomato Timer

Jika Anda menyukai penulisan dengan adanya deadline ataupun tekanan, maka Anda bisa memilih tools atau aplikasi E.ggtimer.com dan Tomato Timer. Kedua tools tersebut bisa Anda gunakan dengan teknik manajemen waktu yang diciptakan oleh Francesco Cirillo.

Thesaurus.com dan Power Thesaurus

Meskipun bukan aplikasi, kedua website tersebut merupakan sumber yang menyediakan banyak pilihan kata-kata yang sudah cukup sering digunakan oleh komunitas penulis. Kata-kata yang disarankan pun asli dan didasarkan pada karya editorial tim penulis yang mana berasal langsung dari review pengunjung.

Dengan menggunakan kedua website di atas, maka Anda bisa menyimpan kata-kata yang unik serta menarik agar dapat memancing munculnya inspirasi serta kreativitas yang Anda miliki.

 

Grammarly dan Correctica

Kedua aplikasi yang membantu meningkatkan skill menulis ini bisa Anda andalkan untuk mengecek apakah terdapat sebuah kesalahan dalam hal tata bahasa. Pasalnya, saat kegiatan menulis Anda sudah selesai Anda tentu memerlukan waktu untuk mengedit. Sebagai salah satu pendukung, maka Anda bisa memilih antara kedua aplikasi tersebut.

Aplikasi ataupun tools seperti Grammarly ataupun Correctica ini merupakan sebuah tools yang bisa digunakan untuk triple-checking sebelum Anda mempublish ataupun mengirim tulisan.

oTranscribe

Apabila Anda menginginkan menulis sesuatu layaknya dalam sebuah interview dengan seseorang maka oTranscribe bisa jadi pilihan yang tepat. Anda bisa menggunakannya untuk mengoptimalkan proses transkrip interview. Tak hanya itu, dengan menggunakannya juga bisa memberikan waktu lebih bagi Anda untuk tak hanya sekedar menulis namun juga menganalisis.

oTranscribe merupakan aplikasi berbasis web yang bisa Anda manfaatkan untuk mentranskrip interview. Aplikasi ini sendiri diciptakan oleh Elliot Bentley yang merupakan seorang penulis grafis dalam Wall Street Journal.

Jika Anda menggunakan aplikasi yang satu ini maka sudah dilengkapi dengan audio player yang terintegrasi dengan editor. Hal ini berarti Anda tidak perlu lagi melakukan bolak-balik. Pasalnya Anda sudah bisa melakukan rewind, pause, play, hingga fast forward memakai shortcut pada keyboard.

Yang paling penting adalah setiap detiknya, transkrip yang Anda buat akan tersimpan dengan otomatis lewat browser storage. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengekspornya melalui teks biasa ataupun ke dalam Google Docs.

Coffitivity untuk Meningkatkan Skill Menulis 

Aplikasi atau tools yang satu ini bisa membantu Anda untuk mendorong produktivitas dalam menulis. Coffitivity sendiri menawarkan suara background café secara nonstop dengan beragam variasi. Anda pun bisa memilihnya sesuai keinginan.

Hemingway App

Dibuat dan didirikan oleh Ernest Hemingway yang gaya penulisannya cukup dikagumi. Tak heran jika nama aplikasi ini digunakan memakai nama pemiliknya. Dengan menggunakan aplikasi ini maka Anda hanya perlu copy paste teks dalam aplikasi website free kemudian aplikasi yang satu ini akan menilai tulisan Anda.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga mampu mengidentifikasi peluang untuk membuat tulisan Anda menjadi lebih simple. Aplikasi ini juga bisa mengkategorikan tulisan Anda apakah cukup mudah untuk dibaca atau tidak dalam sebuah grade. Kemudian Anda juga akan ditunjukkan mengenai cara dalam meningkatkan tulisan agar lebih mudah untuk dibaca.

Kemudian, jika Anda sangat menyukai menulis memakai bahasa asing misalnya bahasa Inggris, maka aplikasi yang satu ini tentu akan sangat membantu dalam menyempurnakan tulisan.

BrainyQuote

Merupakan sebuah aplikasi yang membantu meningkatkan skill menulis dimana Anda bisa menemukan apa yang diinginkan. Misalnya saja seperti quotes dari tokoh politik, penulis terkenal, selebritis, hingga tokoh masyarakat populer lainnya. Hal ini bisa Anda temukan untuk memperkuat tulisan sekaligus memberikan Anda inspirasi lebih.

Tak hanya itu, bisa dikatakan bahwa BrainyQuote merupakan perpustakaan dengan jutaan sindiran menarik yang bisa Anda cari di dalamnya berbagai quotes yang menarik. Anda bahkan bisa mencarinya sesuai dengan topik yang diinginkan. Misalnya saja seperti topik kepemimpinan, kesuksesan, kedamaian. Atau beberapa tokoh seperti Audrey Hepburn, Aristoteles, dan masih banyak lagi.

Prompts

Jika Anda menyukai untuk menuliskan sesuatu atau menangkap ide melalui mobile phone sehingga Anda bisa membukanya kapanpun dan dimanapun berada, maka Anda bisa memilih aplikasi Prompts. Aplikasi yang satu ini bisa melakukan tracking mengenai kebiasaan Anda dalam menulis.

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi ini dalam mengingatkan untuk menulis dengan lebih teratur jika Anda memerlukannya. Kemudian menggunakan aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk membuat jadwal hari serta waktu berdasarkan history atau riwayat tulisan yang Anda miliki.

OneLook Reverse Dictionary

Merupakan aplikasi yang membantu meningkatkan skill menulis yang sangat cocok bagi Anda yang sering kesulitan dalam menemukan ide atau kata-kata menarik. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan Onelook Reverse Dictionary untuk meningkatkan skill menulis dengan lebih baik.

Tak hanya itu, aplikasi Onelook Reverse Dictionary ini yang Anda lakukan hanyalah mengetik ide yang diinginkan kemudian aplikasi tersebut akan memberikan Anda banyak pilihan. Tentu saja menggunakan aplikasi ini tak hanya bisa meningkatkan skill menulis namun juga memudahkan Anda untuk menghemat banyak waktu.

WhiteSmoke

Ini merupakan salah satu aplikasi terbaik yang bisa membantu Anda dalam mengoreksi tata bahasa yang berkualitas tinggi. Dengan memakai aplikasi ini bisa membantu Anda dalam mendeteksi setiap kesalahan ejaan yang Anda gunakan. Aplikasi ini juga bisa memunculkan pola kesalahan Anda. Dengan begitu, akan memudahkan Anda untuk menghindari adanya kesalahan dalam penulisan selanjutnya. Tentu saja, aplikasi ini sangat cocok untuk mereka yang sedang mengerjakan tulisan dalam bidang akademis dan semisalnya.

Popplet

Aplikasi yang satu ini bisa Anda gunakan untuk mengatur ide penulisan. Tak hanya itu, selain Anda bisa mendapatkan ide-ide yang baru Anda juga bisa mendapatkan pengajaran tentang berbagai kompleksitas dan nuansa penulisan. Dengan begitu, Anda bisa mempelajari bagaimana proses menulis.

Bagi Anda yang tidak terlalu hobi dalam menulis ataupun masih tergolong sebagai penulis pemula, maka Anda bisa memakai aplikasi ini sebagai bantuan dalam menulis atau mengerjakan tugas dengan lebih mudah.

Airstory

Airstory bisa Anda pilih untuk membantu agar tetap fokus dan bisa menulis secara terorganisir. Tentu saja dengan menggunakan aplikasi ini bisa meningkatkan keterampilan dalam menulis Anda. Anda bisa menggunakannya untuk mengatur teks dengan begitu akan lebih mudah saat meninjau bahkan mengeditnya.

Scrivener

Merupakan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengatur semua ide pada tulisan yang diinginkan. Dengan menggunakan aplikasi ini bisa membantu Anda dalam merencanakan, bertukar pikiran, menghasilkan ide-ide baru, hingga meningkatkan teks yang sudah Anda simpan.

Tentu saja menggunakan aplikasi yang satu ini sangat nyaman dan cocok untuk membuat tulisan yang panjang layaknya sebuah novel ataupun artikel besar lainnya.

Dari berbagai aplikasi yang membantu meningkatkan skill menulis di atas, mana yang akan Anda pilih?

Gambar header Pixabay.

Internet
oleh iman
Artikel Terbaru