25 Aplikasi Catatan Terbaik untuk Perangkat Android

Mempermudah tugas Anda dalam menjatuhkan pilihan ke aplikasi catatan di smartphone

Membuat catatan kegiatan penting seperti janji temu, jadwal rapat, berita penting dari halaman situs tertentu, dan jadwal-jadwal lain sudah jadi kebiasaan bagi sebagian besar pelaku bisnis dan profesional. Bedanya, kini tugas-tugas itu bisa dilakukan dengan cara yang lebih pintar; menggunakan smartphone, tablet hingga notebook ataupun laptop.
Pilihan aplikasi untuk mencatat pun terbilang sangat banyak, sehingga yang lebih sulit sebenarnya adalah menentukan pilihan aplikasi mana yang akan digunakan. Untuk itu, kami coba rangkumkan 25 aplikasi catatan Android paling populer di Play Store agar tugas Anda menjadi lebih mudah.

ColorNote


Pertama dalam daftar aplikasi catatan android dengan fitur terbaik adalah ColorNotes. Ini adalah aplikasi catatan sederhana yang memungkinkan Anda untuk membuat catatan teks, daftar, dan banyak lagi. Fitur paling penting di aplikasi ini adalah kemampuan untuk mengubah warna latar belakang untuk membantu Anda tetap terorganisir. Beberapa fitur lainnya termasuk dukungan kalender, membuat backup di memori internal dan penyimpanan awan, beberapa fitur pengingat, dan to-do list.
 

Omni Note


Omni Note adalah aplikasi catatan untuk Android yang sangat sederhana tapi punya antar muka salah satu yang terbaik berkat polesan Material Design. Omni note menggunakan layout kartu vertikal yang mudah untuk ditelusuri dan dilacak. Di dalamnya juga terdapat fitur untuk menggabungkan, menyortir, dan mencari catatan Anda untuk organisasi yang lebih baik. Selain itu, Omni Note juga memiliki dukungan DashClock, widget, dan mode catatan sketsa di mana Anda dapat menarik dan menambahkan doodle jika mau.
 

FiiNote


FiiNote datang dari pengembang yang sama yang meracik aplikasi FreeNote. FiiNote mempunyai sejumlah fitur yang menyenangkan dan memberikan pengalaman yang lebih otentik. FiiNote datang dengan latar belakang kotak bersama dengan stylus dan dukungan gambar sehingga Anda bisa mengetik catatan, menulis, atau menariknya. Anda juga dapat menambahkan gambar, video, dan suara jika dirasa perlu.
 

Google Keep


Yang tak boleh terlewatkan, yaitu Google Keep. Aplikasi catatan dari Google yang telah lama menjadi rekomendasi banyak pengguna korporat. Google Keep menggunakan tatap muka Material Desain dan sangat fungsional. Catatan ditampilkan dalam bentuk kartu yang dapat dengan cepat ditelusuri dan diakses. Aplikasi ini terintegrasi dengan Google Drive, memungkinkan penambahan suara dan foto, dan Anda bahkan dapat berbagi catatan dan mengatur pengingat di jam-jam tertentu.
 

Material Notes: Colorful notes

Material Notes- Colorful notes android
Aplikasi catatan yang satu ini mempunyai fitur desain dan layout yang mirip dengan Google Keep dengan potongan berwarna yang diletakkan dengan pola kartu. Tapi tidak seperti Google Keep, aplikasi ini tidak menawarkan fitur yang lebih bervarias. Beruntung ada dukungan widget jika Anda membutuhkan mereka dan tambahan kemampuan untuk ekspor dan impor catatan. Lebih sederhana, tapi dalam hal fungsi utamanya sebagai aplikasi catatan, Material Notes: Colorful notes cukup menyenangkan untuk dipakai.
 

OneNote


Microsoft OneNote adalah salah satu aplikasi yang datang dari perusahaan raksasa selain Google Keep. Aplikasi ini diintegrasikan ke dalam onedrive mirip dengan yang dilakukan oleh Google Keep yang terintegrasi ke Google Drive. Selain itu, OneNote memiliki banyak fitur termasuk fitur organisasi, dukungan lintas platform, widgets, Android Wear, fitur kolaborasi, dan dukungan untuk suara, teks, dan penambahan foto ke catatan.
 

Simplenote

https://www.youtube.com/watch?v=XbUDk5ahuLU
Sesuai namanya, Simplenote adalah salah satu aplikasi catatan yang mengedepankan kesederhanaan, mudah digunakan dan tidak ribet. Pengembang sengaja menghilangkan sejumlah fitur yang banyak dijumpai di aplikasi lain dengan tujuan mendorong kecepatan dan membantu menjaga aplikasi tetap ringan saat dioperasikan.
Pun begitu, aplikasi menawarkan sinkronisasi antara perangkat Anda dan juga sistem organisasi yang bekerja dari tag dan pin sehingga Anda dapat dengan cepat menemukan catatan yang dibutuhkan. Aplikasi juga hadir dalam polesan bergaya Material Desain untuk menyempurnakan fungsionalitasnya yang disuguhkan secara cuma-cuma.
 

LectureNotes


LectureNotes merupakan salah satu aplikasi yang dirancang dengan kualitas premium yang ditujukan untuk para akademisi dan profesional. LectureNotes menjadi salah satu aplikasi yang paling awal memasukkan dukungan stylus dan tetap menjadi salah satu yang terbaik dengan fitur-fiturnya yang sekarang. Seperti dukungan untuk OneNote dan Evernote bersama dengan dukungan PDF, audio dan kemampuan merekam video (untuk merekam ceramah atau perkuliahan), dan banyak lagi.

Evernote


Evernote sangat populer di kalangan profesional karena menawarakan cukup banyak fitur yang memudahkan dalam membuat catatan. Evernote sarat dengan fitur termasuk berbagai jenis catatan, dukungan notebook, fitur organisasi, kolaborasi, berbagi catatan, dan, tentu saja, dukungan cross-platform. Evernote menawarkan dua opsional berlangganan yang menyajikan berbagai fitur serta premium seperti ruang awan untuk menyimpan catatan dan banyak lagi lainnya.
 

SomNote


Aplikasi catatan ini memiliki beberapa fitur dan menyajikan porsi catatan yang lebih panjang daripada hal-hal sederhana seperti daftar belanjaan atau pengingat. SomNote memiliki sistem folder untuk membantu organisasi berkas, mekanisme keamanan berupa pin dan pola dan pilihan tema. Ada juga fitur sinkronisasi sehingga Anda dapat mengakses catatan dari perangkat yang berbeda. Anda bahkan dapat menjadikan SomNote sebagai buku harian atau jurnal, menulis ide-ide untuk ide-ide dan inspirasi seperti artikel atau novel, atau bahkan membuat rencana proyek.
 

Any.do


Fitur sederhana dan mudah digunakan dipoles apik dalam tampilan yang bersih dan rapi. Aplikasi Any.do adalah aplikasi catatan bertema yang digemari oleh jutaan pengguna.
Any.Do juga mempunyai kemampuan untuk melakukan panggilan, mengirim pesan, dan jadwal pertemuan. Toggling dari Folder View dan Date View (hari ini, besok, yang akan datang, suatu hari nanti) memudahkan Anda mengatur urutan tugas berdasarkan prioritas yang Anda tentukan.
 

Wunderlist


Jika Anda sedang mencari layanan untuk mencatat tugas-tugas penting, jadwal dan semacamnya dengan dukungan lintas platform, Wunderlist adalah salah satu nama paling populer saat ini. Tersedia untuk Android, iOS, Windows, dan Mac, klien bebas ini membantu Anda untuk membuat, mengelola, dan berbagi daftar.
Wunderlist juga terintegrasi dengan layar kunci Android, memastikan Anda tidak pernah lupa akan tugas-tugas atau tanggal ulang tahun orang-orang tercinta. Desainnya sederhana, dirancang untuk memudahkan proses berbagi dan membuat daftar baru.
 

Todoist


Salah satu layanan yang terus berkembang dari waktu ke waktu adalah Todoist yang punya rancangan yang enak dipandang. Tidak hanya sederhana, Todoist cukup kaya akan fitur untuk memenuhi kebutuhan yang lebih intens.
Todoist menggunakan sistem pengarsipan berbasis cloud untuk daftar tugas yang juga dapat dibuat berdasarkan sub-tasks, sub-projects, warna projects, and tingkat prioritas.
 

NotePad

ak_notepad_android
Suka corat-coret? Doodlers seperti Anda akan menyukai aplikasi catatan yang satu ini. Selain membuat catatan, di aplikasi ini Anda juga bisa menggambar, mencoret-coret dan membuat sketsa sesukanya. Anda dapat berganti mode dari menggambar ke mengetik dengan mulus, membuat aplikasi semakin serbaguna. Anda dapat menyimpan jumlah catatan yang tidak terbatas, warna catatan juga dapat diatur untuk organisasi yang lebih baik dan menjaga informasi tetap aman dengan fitur passcode.
 

Squid


Untuk yang ingin membuat catatan yang lebih kreatif, Squid adalah pilihan terbaik yang wajib dipertimbangkan. Sebab dengannya Anda dapat membuat polesan berpa coretan dan gambar. Squid cocok sekali untuk siswa yang ingin menambahkan catatan penting atau catatan kaki di dokumen PDF atau semacamnya. Squid bekerja dengan baik di ponsel tetapi sangat ideal digunakan di perangkat tablet. Alasannya, dengan ruang yang lebih luas memungkinkan Anda untuk membuat karya yang lebih rumit dengan bantuan stylus.
 

Monospace

Monospace android
Monospace adalah aplikasi baru yang punya rancangan minimalis yang didesain untuk membuat catatan sederhana. Interface Monospace bahkan terasa lebih tua dari generasi Windows XP, tapi dengan fungsi Android modern. Tapi untuk membantu mengorganisir catatan, Monospace mempunyai kemampuan membuat folder yang diatur oleh pengguna atau membiarkan Monospace membuatnya secara otomatis untuk pengguna.
Monospace memiliki dukungan sinkronisasi ke Google drive, tetapi Anda membutuhkan akun Pro seharga $5.
 

Parchi


Parchiadalah karya terbaru dan terus berkembang dari Microsoft Garage, tapi jangan skeptis dulu. Aplikasi ini sebenarnya mempunyai banyak potensi untuk menjadi sesuatu yang disukai oleh banyak pengguna dalam membuat catatan dan tugas-tugas penting.
Parchi menawarkan cara baru dalam mengambil catatan melalui lock screen dan menyematkan catatan di lock screen. Fitur lainnya antara lain pengingat, daftar, kode warna, berbagi catatan, dan catatan foto. Anda juga dapat mencari catatan dengan hashtag dan berdasarkan warna.

CatchNote

https://www.youtube.com/watch?v=GMmSuMMO8bI
Tanpa proses yang ribet, Anda dapat masuk menggunakan akun Facebook atau Google untuk membuat catatan suara, catatan foto dan teks. Anda juga dapat mengatur pengingat sehingga Anda tidak akan ketinggalan sesuatu yang penting.
CatchNote juga memungkinkan Anda mengatur kode sandi 4 digit untuk catatan sensitif yang berisikan informasi pribadi. Tapi, Anda juga dapat menciptakan ruang bersama, dan catatan yang dibuat akan disinkronkan dan didukung di perangkat semua anggota di dalamnya.
 

AudioNote

AudioNote
AudioNote adalah aplikasi pencatat yang menyinkronikan rekaman audio dengan catatan yang dibuat. Dengan kata lain, catatan yang Anda ketik dicocokkan dengan waktu dalam rekaman audio. Misalnya, jika Anda memasukkan catatan pada menit 2:21, dan Anda melihat catatan itu, maka aplikasi akan memutar rekaman suara setelahnya. Anda juga dapat menambahkan gambar di dalam teks atau menyinkronkan AudioNote ke Dropbox dan iCloud.
 

Notebook

zoho-notebook-evernote-alternative-840x563
Perusahaan software Produktivitas, Zoho biasanya meracik aplikasi yang arahnya ke segmen korporat, tetapi aplikasi terbarunya, Notebook, secara jelas berorientasi kepada konsumen. Ini adalah aplikasi pencatat untuk iOS dan Android, yang memungkinkan Anda membuat to-do list dan tugas visual, dalam antarmuka bergaya kartu, dengan catatan tampil seperti perekat berwarna yang ditumpuk satu sama lain.
Notebook juga mengemas fitur lain yang berguna untuk aktivitas pencatatan, seperti melampirkan file ke catatan meliputi audio, foto, dan kliping web, ditambah dengan fitur pengingat dan tanggal jatuh tempo.
 

Remember The Milk

Remember The Milk
Dirancang untuk orang yang super sibuk, aplikasi catatan Remember The Milk mempunyai fitur pengingat yang dapat terintegrasi dengan email, teks, Twitter dan notifikasi ponsel. Remember The Milk juga dapat tersinkron ke lintas platform sehingga organisasi catatan dapat dilakukan dari perangkat yang berbeda.
 

Dropbox Paper


Anda mungkin mengenal Dropbox sebagai aplikasi penyimpanan berbasis Awan. Tapi sejak tahun lalu, mereka mulai mengembangkan aplikasi catatan yang berfungsi hampir sama dengan Google Doc, di mana Anda dapat membuat catatan singkat ataupun dokumen panjang secara online dan terinterasi ke penyimpanan Dropbox. Kendati bukan dirancang untuk pekerjaan sesedehana to-do list, namun Dropbox bisa jadi pilihan sebuah alat pencatat yang juga menawarkan kolaborasi dengan tim di dalam organisasi.

My Notes

My Notes
My Notes menawarkan sebagian besar fitur yang dipunyai kebanyakan aplikasi serupa. Selain membuat catatan, di My Notes Anda juga bisa mengatur folder, berkas, dan membuat pengingat. Demi keamanan, My Notes juga menyediakan pin atau sandi yang bisa Anda tentukan sendiri.

GNotes


Meski dirancang dengan antar muka sederhana, Gnotes punya fungsi yang sudah lebih dari cukup untuk membuat catatan teks, gambar, suara, goresan tangan, ilustrasi, dan foto. Gnotes juga dapat disinkronkan memakain akun Google.
 

Diaro


Aplikasi catatan untuk Android yang terakhir tapi tak kalah baik adalah Diaro yang dirancang untuk membuat aktivitas mencatat menjadi menyenangkan. Aplikasi diracik agar dapat tampil sempurna dan dinamis baik dari smartphone ataupun tablet. Mendukung 30 bahasa dan mempunyai fitur pencarian yang membuat Anda tak mengalami kesulitan ketika membutuhkan catatan spesifik di antara tumpukan daftar yang tersimpan.
 
Sumber gambar header Pixabay.

Mobile
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru